Pages

Jumat, April 30, 2010

Tentang Sang Cerpenis Bercerita

Blog Sang Cerpenis Bercerita saat ini sedang ramai dibicarakan dan di-review oleh banyak blogger. Mbak Fanny Fredlina ~begitu dia menyebut dirinya~ sebagai pemilik blog ini memang sedang mengadakan even Review Blog untuk Menyambut Postingan Ke-1000. Bagi 10 orang pemenangnya akan mendapatkan 10 novel koleksinya dan peserta bebas memilih novel mana yang diminatinya. Siapa tak berminat coba... ?



Walaupun mbak Fanny memiliki banyak blog dan mengijinkan kita untuk memilih blog mana saja yang di-review, ternyata mayoritas memilih untuk mereview blog Sang Cerpenis Bercerita. Apakah karena ada even itu maka blog Sang Cerpenis Bercerita pantas untuk di-review ? Menurutku sih tidak, karena banyak alasan mengapa blog itu layak dan pantas untuk di-review. Bila dibandingkan blog-blog mbak Fanny lainnya, blog Sang Cerpenis Bercerita memiliki banyak keunggulan seperti :

1. Konten / isi blog
Isinya yang sangat beragam, sehingga jika kita masuk ke blognya seolah-olah kita masuk toko serba ada. Yang terbanyak (sesuai dengan nama blognya) tentu saja cerpen/cerber mbak Fanny yang telah dimuat di berbagai media cetak. Namun mbak Fanny juga menyediakan renungan dalam cerita-cerita yang inspiratif, resensi novel, review blog beberapa sahabatnya di dunia maya, jokes segar, award dari sahabat blogger, beberapa info penting, curhatan ala mbak Fanny bahkan pantun/puisi pun ada. Kita akan mendapatkan banyak hal disini.

2. Konsistensi
Blog Sang Cerpenis Bercerita konsisten di-update tiap hari  tanpa jeda sedikitpun (bahkan terkadang dalam 1 hari muncul 3 postingan sekaligus). Konsistensinya semakin nyata sewaktu mbak Fanny melancong ke luar negeri beberapa waktu yang lalu, agar tetap dapat update setiap hari maka telah dipersiapkan postingan terjadwal sebanyak waktu yang dipergunakan untuk melancong. Siapa yang mampu menandingi...?

3. Produktivitas
Karena sangat produktif, maka tak heran jika pada hari ini postingannya telah mencapai 809 buah..! Padahal, baru pada tanggal 20 Oktober 2009 yang lalu blog Sang Cerpenis Bercerita mencapai postingan ke-500. Dalam waktu 6 bulan saja, postingannya telah bertambah sebanyak 306 buah ! Fantastis bukan ?


4. Template yang sesuai
Loading blognya tergolong ringan sehingga memudahkan siapa saja untuk datang berkunjung. Sementara header (template) blognya sangat identik dengan sang cerpenis sehingga memudahkan siapa saja untuk mengingatnya. Asosiasi kita untuk seorang cerpenis tentu saja tak jauh dari keyboard, mouse, pulpen, kertas dan binder clips. Pemilihan template yang sungguh sangat cerdas..!


5. Penggemar
Untuk semua alasan di atas, maka tak mengherankan jika penggemar blognya sangat banyak (458 orang) dan jumlah komentar yang masuk telah mencapai lebih dari 5300-an. *iri-mode-on*


6. Prestasi
Akhirnya..., kita semua pun akan maklum jika kemudian blog ini diganjar dengan PageRank 4 dan berhasil membuat Alexa menjadi sangat ramping : 152,607 (data jam : 11.04 tanggal 30-04-2010), meskipun baru akan berusia 2 tahun pada tanggal 16 Agustus 2010 nanti. Prestasi yang patut diacungi jempol bukan ?



Apakah hanya karena keenam alasan itu maka aku ikut mereview blog Sang Cerpenis Bercerita ? Jawabnya adalah Tidak. Aku punya 2 alasan lainnya, yang bersifat pribadi yaitu :
  • Aku adalah penggemar berat Miss Strawberry ~itu julukanku buat mbak Fanny~ sehingga aku telah membuat review singkat tentang produktivitasnya sebagai blogger, tentang semangatnya dalam menulis dan tentang blognya.
  • Aku tergoda untuk memiliki novel yang ditawarkan mbak Fanny, tapi aku kesulitan memilihnya. Aku sebenarnya sangat meninginkan novel A Very Yuppy Wedding, namun ternyata novel itu khusus untuk  pemenang Review Favorit Pilihan Pembaca. Selanjutnya aku pengen Winter in Tokyo,  namun setelah mengetahui bahwa buku itu adalah salah satu dari 4 (seri) buku karya Ilana Tan maka aku urungkan. Akhirnya, pilihanku jatuh pada... The Girls of Riyadh.  Buku yang sudah lama ingin aku baca tapi belum sempat terbeli. Semoga saja review ini mengantarkan buku itu kepadaku (meskipun aku tahu pesaingku berat dan banyak). Amin.

28 komentar:

  1. mbak, makasih reviewnya. tapi..novel yg dipilih itu keliru deh. itu utk artikel fave pilihan pembaca. coba baca lagi yg ini.http://just-fatamorgana.blogspot.com/2010/04/review-artikel-favoritmu.html

    di situ ditulis ttg novel2 yg akan diberikan kepada peserta yg artikelnya terpilih sbg artikel fave pilihan pembaca.

    btw, tks ya, mbak..udah mau ikut serta
    masih belum telat utk mengganti novel yg diminta.

    BalasHapus
  2. Wadooooh...makin down aja nih kalo mau ikut ngerepiu blognya mba Fanny, abis repiunya mba Reni sudah top markotop !
    Semoga sukses lagi deh kali ini...

    Salam hangat & sukses selalu....

    BalasHapus
  3. Kayaknya Jumlah komentar sudah diatas 20 ribuan deh...
    Cuman widget blogger emang rada ngawur sekarang.

    BalasHapus
  4. semoga menang aja deh mbak hehehe n dapet novel idamannya :)

    BalasHapus
  5. mbak Reni ikutan Pula wah semua jago nulis ikut aku nonton dari jauh aja deh

    BalasHapus
  6. Hanya keikhlasan, kosistensi dan kesunguhan yang bisa membuat seperti itu.
    Ngeblog? Njoy, asoy dan gak letoy, hehehe...

    BalasHapus
  7. wuuaaaah.... punya mbak renny lebih bagus, semoga menang ya Mbak

    BalasHapus
  8. mbak, sekedar info aja, winter in tokyo itu bukan serial lho. 4 novelnya itu berbeda kisah. kan aku udah baca 2 novell yg lainnya.

    BalasHapus
  9. hohoh..
    ikutan mereview toh... :p

    BalasHapus
  10. jd minder saya baca review ini, keren bgt reviewnya mbak rani...semoga menang mbak...

    BalasHapus
  11. Sang cerpenis bercerita, Miss Strawberry....
    siapa yg ga kenal?! ngiri mode on. hehe.
    btw, review nya keren bu.

    BalasHapus
  12. semoga dapat hadiah mba, oya mba inyong kalau mau komen kok susah ya,tempat untuk menulis koment tertutup koment lain

    BalasHapus
  13. reviewnya komplit dan menrik sekali. Siapa yang kenal fanny pastialh setuju dengan tulisan ini. selamat,, , sukses reviewnya semoga winner.

    BalasHapus
  14. pengin buku apa sih mbak :p

    BalasHapus
  15. Brkt Rahmat Tuhan YME, Lagu ku brsma CS Band, rampung juga,

    monggo Mba....silahkan didengarkan...

    BalasHapus
  16. wuih mantap bener ripiunya..... bakaldapet novel ni :)

    BalasHapus
  17. hohoho mbak ikutan lomba review juga ya ????
    semoga menang mbak!
    btw award mbak reni belum bisa aku pasang di blogku. akan aku pasang sabtu depan . sorry ya mbak! heheeh

    semoga menang lombanya mbak! semangat!!!!

    BalasHapus
  18. manteb ya mbak...

    kalo buku girl of riyadh saya sudah pernah tau ceritanya... dan itu memang yang terjadi disana.. mencerminkan kehidupan disana juga..

    BalasHapus
  19. muncul lagi nih satu saingan berat,,

    BalasHapus
  20. eh, mbak reni ikutan juga toohh... moga menang deh mbak yaahh... aku juga pengen baca novel The Girls Of Riyadh tapi belom sempet2, huhuhu... ntar minjem yah?! hehehe... :p

    BalasHapus
  21. wooow kwerrennn!
    Ywudah saya ngejagoin dan milih artikel ini menjadi favenya saya mbak, di ingetin ya tanggal 11 mei nanti... hihihiih

    BalasHapus
  22. jadi inget dulu perkenalan dengan mbak reni dan mbak fanny, soalnya waktu buwel kenalnya waktunya hampir sama... hehehe

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah Berkat Rahmat Allah SWT..

    Setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya Saya, Adik-adik serta kawan-kawan personel CS Band telah merampungkan Hit Single lagu CS Band yang berjudul Salahkah Aku, dengan ARANSEMEN YANG LEBIH BAIK DAN DENGAN MUSIK YANG LEBIH BERWARNA JIKA DIBANDINGKAN DENGAN ARANSEMEN AWAL....selamat mendengarkan..jgn lupa Unduh ya...

    BalasHapus
  24. ::: selamat yah Mbak Reni dah menang ternyata... dapat novel The Girls of Riyadh pula dari Mba Fanny ^-^v....

    ::: wah, memang ternyata repiu nya... tob banget, kumplit... ^-^v

    ::: salam perkenalan dari Wiwied yah,,,

    ::: izin Follow yah,,, agar blog mba Reni bisa dikenang dari sini...

    ::: jika berminat mengenangku, maka Follow back just if Mbak Reni Love it.... ^-^v..

    ::: happy blogging Mba Reni... salam kreatif.. ^ ^

    BalasHapus
  25. Duh mba Reny, untung aku bacanya udah pengumuman..hihihihi..jadi mindernya telat. Selamat ya jadi pemenang no 2.

    BalasHapus

Komentarnya dimoderasi dulu ya? Terimakasih sudah mampir dan meninggalkan jejak. (^_^)