Pages

Selasa, April 20, 2010

Bahasa Ibu

Negara kita terdiri dari banyak pulau, yang dihuni oleh beraneka ragam suku bangsa. Setiap suku bangsa memiliki budaya dan adat istiadat yang berbeda, juga memiliki bahasa ibu yang berbeda pula. Pada tiap-tiap Bahasa Ibu terdapat logat dan dialeknya masing-masing.

Sebagaimana tertuang dalam Wikipedia, logat adalah alunan nada yang dimiliki oleh masing masing orang sesuai asal daerah mereka sendiri sendiri. Sementara dialek adalah adalah varian dari sebuah bahasa yang sama. Variasi ini berbeda satu sama lain (terpengaruh oleh letak geografi atau faktor sosial), tetapi masih banyak menunjukkan kemiripan sehingga belum pantas disebut bahasa yang berbeda.

Aku ingat, dulu sewaktu kuliah punya teman dari Purwokerto. Selama berkumpul bersama, dia tak pernah mau menggunakan Bahasa Ibu-nya yang 'ngapak-ngapak' itu. Dia lebih memilih berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Indonesia. Alasannya, dia malu karena seringkali dia diketawain orang kalau bicara dengan Bahasa Ibu-nya.

Memang sepertinya Bahasa Ibu makin ditinggalkan saat ini. Banyak anak muda yang juga merasa 'gak gaul' jika bicara dengan menggunakan Bahasa Ibu. Mungkin malah kalah tenar dibandingkan bahasa gaul hehehe. Seperti yang aku tahu, penggunaan Bahasa Jawa di lingkunganku pun juga makin berkurang. Menurut banyak orang, Bahasa Jawa itu 'rumit' karena mengenal tingkatan. Jika seseorang bicara kepada orang yang lebih tua/orang yang dihormati maka harus menggunakan Bahasa Kromo Halus atau Bahasa Kromo Madyo. Sedangkan untuk orang-orang yang 'sepadan' atau seusia bisa menggunakan Bahasa Jawa 'Ngoko".

Adanya perbedaan tingkatan bahasa itulah yang menyebabkan seseorang salah dalam menggunakan bahasa. Jika seorang anak berbicara kepada orang tua dengan menggunakan Bahasa Jawa Ngoko maka anak itu akan ditegur, karena dianggap tidak sopan. Itulah sebabnya, anak-anak memilih 'aman' dengan menggunakan Bahasa Indonesia dalam berkomunikasi dengan orang-orang yang lebih tua.

Aku salut dengan beberapa sahabat yang masih berusaha mempertahankan dan melestarikan budaya dan Bahasa Ibunya, seperti Pak Eka (Cerita Tugu), Kang Sugeng (Be A Great Person) dan Bang N. Hasan (Uneg-uneg). Jika Pak Eka dan Kang Sugeng berkutat dengan budaya dan Bahasa Jawa, maka Bang N. Hasan kosisten dengan Budaya Betawinya.

Khusus untuk Bang N. Hasan dalam blognya yang bertitel Uneg-Uneg sarat akan cerita-cerita ala Lenong Betawi. Segar dan kocak selalu hadir dalam cerita lewat tokoh-tokohnya seperti Bang Pendi (tokoh sentral), Bang Jabrik, Bang Mamat dan Mpok Mumun. Terkadang sentilan dan kritik sosial pun muncul dari obrolan ringan mereka di warung kopi. Nah.., yang belum pernah mampir ke warung kopinya Mpok Mumun pasti rugi telah melewatkan banyak obrolan yang kocak, segar dan seru.

Beberapa saat yang lalu, Bang Pendi merayakan ultah blog tempatnya nongkrong dan ngobrol-ngobrol selama ini yang telah mencapai usia 1 tahun. Karena seringnya ngobrol di warung kopi, maka dibuatlah award yang berbentuk kobaran api. Kenapa kobaran apinya berbentuk cinta..? Mungkin ingin menggambarkan kobaran cinta Bang Pendi atas budaya dan bahasa Betawi.



Untuk Bang Pendi... eh Bang N. Hasan..., terima kasih sudah berbagi award indah ini denganku. Maaf banget jika aku terlambat memajangnya disini. Selanjutnya, award ini aku bagikan kepada Pak Eka (Cerita Tugu) dan Kang Sugeng (Be A Great Person). Mohon diterima ya.... dan Salam Persahabatan.

34 komentar:

  1. wah,,kurang ngerti mah ama bahasa ibu,dari lahir langsung pake bahasa indonesia sih ! Hahahaha. .
    met siang ya mbak.

    BalasHapus
  2. selamet ya mbak awardnya...
    ane langsung te ka pe nih...kayaknya seru blognya...

    BalasHapus
  3. Dapat Award lagi.?
    Keren banget kreasi bang Fendi... Cinta yang membara kayaknya.

    BalasHapus
  4. selamat untuk awardnya mba ^^

    apa kabar mbaku ?
    bagaimana kabar keponakanku shasa....baik2 sajakah??
    sun sayang untuk nya ya :)

    BalasHapus
  5. he he he.bang pendi alias si noor itu lucu lho. aku suka postingannya yg ala betawi gitu. btw, selamat awardnya ya.

    BalasHapus
  6. Saya masih menggunakan Bahasa Kromo juga loh mbak..

    BalasHapus
  7. kena saya sama tulisannya, hehe...
    slmt awardnya mbak reni.....

    BalasHapus
  8. Trimakasih awardnya mbak reni, segera akan saya pasang setelah postingan yg ini terbaca oleh semua.

    Saya memang sangat mencintai bahasa saya, inggih meniko boso jowo, sebab lantaran boso jowo menika, kulo saget ngenalaken budoyo dumateng konco-konco engkang dereng sumerap.

    BalasHapus
  9. emang mba reni asli kelahiran mana ya ? lama tinggal di madiun, Saya ma... juga sering lupa sama bahasa ibu saya bahasa kutub utara qiqiqiqiqiiqi...

    BalasHapus
  10. owh bang pendi nama aslinya bang hasan ea mbak... :-))

    BalasHapus
  11. kalo sedang ama temen sedaerah ya pake basa ibu, kalo luar daerah ya b I mbak... hehehe

    BalasHapus
  12. hehehee...inyong memang lebih suka pakai bahasaku waktu inyong kuliah di IKIP yogyakarta sehari-hari inyong tetap pakai bahasaku, kalau banyak yang tertawa karna gaya bicara inyong malah semakin bangga dan semakin bersemangat
    trimakasih awardnya langsung inyong ambil

    BalasHapus
  13. iya mbak anak muda sekarang udah jarang menggunakan bahasa ibu lagi...btw selamat y mbak, atas awardnya........

    BalasHapus
  14. Saya kadang pakai bahasa campur-campur ya jawa ngoko kroma dan indonesia sekenanya dan jadi tertawaan teman-teman saya! Yang penting sudah berusaha dan yang lebih tua dari saya menyadarinya!

    BalasHapus
  15. Bangga dengan Bahasa Indonesia, dapat menyatukan berbagai bahasa daerah!

    BalasHapus
  16. salam sobat
    memang bahasa ibu di kita banyak ya mba,,
    saya juga punya kok teman dari Purwokerto,,bahasanya " ngapak-ngapak", kalau pepaya dbilang "gandul"
    selamat atas AWARDnya.

    BalasHapus
  17. memang mereka setia menulis dengan bahasa ibu mereka, gimana ya kalau aku nulis make bahasa bugis

    BalasHapus
  18. salut dengan blogger yang peduli dengan kebudayaan

    BalasHapus
  19. aku berkunjung kesana deh kayaknya blognya asyik nih

    BalasHapus
  20. selamat buat awardnya,saya kadang juga menggunakan bahasa kromo alus

    BalasHapus
  21. selamat atas awardnya ya mba...

    BalasHapus
  22. jadi PR buat mengajarkan bahasa ibu ke anak-anak nih...
    makasih sudah mengingatkan.

    selamat hari kartini buat semua perempuan Indonesia. sukses!

    BalasHapus
  23. Selamat yah Mba awardnya :-)

    Saya mah dari kecil dibesarin dengan Bahasa Indonesia, jadi serasa ga punya bahasa ibu hehehe

    BalasHapus
  24. Assalamu'alaikum, mbak Reni, maaf saya baru mulai bw lagi.
    Bahasa ibu harus dilestarikan. Saya punya blog yang ditulis dalam bahasa Sunda, bahasa ibu saya. Tapi kayaknya bila mbak bacapun gak mudeng ya hehe ... disini http://ani-rostiani.blogspot.com/

    BalasHapus
  25. Wah...bang Pendi jadi terharu nih, blognya direpiu sama mba Reni...makasih ya mba ! makasih juga sudah pajang awardnya bang Pendi..

    Salam hangat & sukses selalu...

    BalasHapus
  26. bahasa ibu adalah bahasa sentuhan kulit dan kasih sayang
    mantap neh awardnya
    selamat ya mba

    BalasHapus
  27. Selamat awardnya ya mba
    ngomong2 bahasa ibu hehehe aku wong jawa tp ga bisa bahasa jawa :p

    BalasHapus
  28. klo aku masih pake bahasa ibu terus, boso jowo ngawur heheh

    BalasHapus
  29. ingkang meniko kulo kaliyan bapak lan ibu kulo ngagem boso indonesia, nanging kaliyan bude pakde lan liyane teng jawi ngagem boso kromo. InsyaALLAH...

    ^___^

    selamat awardnya ya mbak...

    BalasHapus
  30. pake bahasa ibuku kalo di rumah saja n ha nya biasa di komunikasikan dengan beliaunya
    soalnya ayah nggak ngerti
    hehehehe

    BalasHapus
  31. wah,,saya stuju dgn adanya blog ini,karena kita mmliki beragam2 suku bangsa di indonesia jadi kita jangan meninggalkan adat istiadat/ bahasa daerah krna kita harus mmprtahankan bahasa ibu wlaupun bahasa indonesia adalah bahasa pemersatu bangsa,sekian trimakasih.............

    BalasHapus

Komentarnya dimoderasi dulu ya? Terimakasih sudah mampir dan meninggalkan jejak. (^_^)