Pages

Senin, Maret 15, 2010

Award dan cara menyikapinya

Bagi para blogger, award bukan lagi hal baru. Akhir-akhir ini memang serasa musim award yang tak ada habisnya. Begitu banyak yang membagikan award. Begitu banyak award yang hilir mudik di berbagai blog. Begitu beragam cara menyampaikan awardnya. Ada award yang dibagikan tanpa syarat apapun, ada yang diberikan dengan memberikan syarat tertentu, ada yang disertai dengan backlink atau tag tertentu.


Award... award... dimana-mana aku jumpai award. Ternyata, sikap seorang blogger dalam menyikapi award pun berbeda-beda, yang dapat aku golongkan menjadi 3 :
  1. Bersikap menolak --> bagi mereka award itu adalah suatu penghargaan, jadi award hanya diberikan kepada sebuah blog yang dianggap benar-benar memiliki prestasi atau 'nilai lebih'. Mereka biasanya akan 'menolak' untuk menerima dan memajang award yang dibagikan kepada semua blogger sama rata sebagai wujud pertemanan tanpa melihat kualitas suatu blog.
  2. Bersikap menerima --> bagi mereka award adalah wujud perhatian dan persahabatan antara sesama blogger sehingga mereka dengan senang hati menerimanya dan akan memajangnya di blognya dengan rasa bangga.
  3. Bersikap apatis --> mereka tidak terus terang menolak award yang diberikan kepadanya. Meskipun mereka mengucapkan terima kasih atas award yang mereka terima, namun mereka tak merasa perlu untuk memajang di blognya.
Apapun pendapat itu, bagiku sah-sah saja. Setiap manusia memiliki pandangan dan sikap sendiri-sendiri yang berbeda dengan orang lain. Tentu saja sikap itu diambil dengan alasan masing-masing. Hanya saja, menurutku, apapun pilihan yang diambil itu tak seharusnya menganggap pilihan yang diambil orang lain salah.

Seperti diriku yang menganggap award adalah sebuah wujud persahabatan dan perhatian dari seorang sahabat. Namanya pemberian dari sahabat, apapun itu pasti aku terima dengan tangan terbuka dan aku tak keberatan untuk memajangnya (dengan bangga) di blogku, bahkan aku sampai membuat blog khusus untuk menampung semua awardku itu.

Aku tahu tak mudah membuat award (karena aku gaptek hehe), maka usaha seseorang yang telah membuat award itu aku hargai. Aku sendiri pernah beberapa kali membuat award (dengan susah payah) dan aku membagikannya. Alasanku waktu membagi award adalah selain untuk mempererat persahabatan juga untuk mengucapkan terimakasihku atas dukungan yang telah aku terima dari sahabat blogger lainnya. Selain itu aku ingin persahabatan itu dapat menyebar di antara sesama blogger, karena penerima award biasanya akan membagikannya lagi kepada sahabatnya yang lain.

Berdasarkan pemikiran seperti di atas maka selama ini aku enjoy aja dalam acara bagi-bagi award itu. Namun hari ini aku disentakkan oleh kesadaran lain yang benar-benar mengejutkanku. Dalam postingannya mbak Ninneta aku menemukan fakta baru bahwa ternyata ada yang menganggap acara bagi-bagi award itu adalah hanya sekedar upaya untuk mendapatkan backlink sebanyak-banyaknya. OMG... sebuah pikiran yang benar-benar baru bagiku.

Sebentar..., jika aku membagikan award buatanku kepada 20 orang sahabat blogger yang ku kenal, belum tentu ke-20 sahabat blogger itu memajangnya kan ? Kemudian mereka (ke-20 sahabat blogger itu) dapat membagikannya kepada (misalnya) masing-masing 5 orang sahabat blogger mereka dst. Biasanya, memang yang memajang award akan menuliskan link si pemberi award. Jadi, dalam kasus ini yang akan memasang link blogku (selaku pemberi award = tangan pertama) hanya 20 orang itu saja (tangan kedua). Penerima selanjutnya (tangan ketiga) hanya akan memajang link darimana mereka mendapatkan award itu, yaitu dari tangan kedua tadi. See.., jadi sebenarnya upaya mendapatkan link sebanyak-banyaknya tak berlaku mutlak disini. Mungkin untuk kasus award ber-backlink alasan di atas lebih bisa diterima.

Tunggu dulu...! Jangan-jangan selama ini ada orang yang menganggapku mengejar backlink juga waktu aku bagi-bagi award beberapa saat yang lalu. Padahal, sungguh... aku hanya senang melakukannya tanpa maksud lain. Apalagi waktu Shasa bagi-bagi award beberapa saat yang lalu. Saat itu Shasa sedang menguasai ilmu baru (photoscape) sehingga dia bisa membuat award sendiri dan karena senangnya dia membuat award banyak sekaligus dan dibagikannya kepada semua yang pernah datang ke blognya. Mbak Ninneta berbagi award dengan maksud untuk menyebarkan kasih di antara sahabat-sahabat bloggger.

Ternyata memang banyak alasan bagi seseorang untuk membagikan award dan tanggapan orang pun tak kalah beragamnya. Sudahlah..., memang hak setiap orang untuk berpendapat kok. Tapi... sedih banget jika ternyata niat baik kita dalam berbagi award disikapi dengan berbeda bagi yang menerimanya.

Aduh.., kali ini banyak sekali curhatku seputar award ya..? Semoga tak bosan membacanya ya.. hehehe. Oya, ini aku pajang award yang cantik dan sesuai sekali dengan pesan yang ingin disampaikan mbak Ninneta yaitu : menyebarkan kasih.

Akhir kata..., aku tetap menyadari bahwa ada perbedaan persepsi tentang award dan cara menyikapinya. Apapun perbedaan itu, aku tetap menghargainya.


51 komentar:

  1. mbak..aku senang sekali kalo ada yg kasih aq award..buatku itu lambang persahabatan..

    BalasHapus
  2. Hahahaha. .kebetulan saya baru menerima award mbak,kalo gak salah ada 3 . Saya sih,menganggap award itu suatu penghargaan dan persahabatan buat saya . Kenapa ? karena jika seseorang memberi sesuatu,itu berarti kita "terlihat" oleh mereka. Saya gak peduli dengan kata-kata "award sbg ajang mendapat backlink" ,walau secara teori itu betul,tapi apa susahnya membalas kebaikan teman yg telah memberi kita award ?

    buat saya,award memang masi baru,tapi saya anggap award tu adalah sebagai tanda "nyata" persahabatan sesama blogger.


    Hidup Blogger !

    BalasHapus
  3. Pernah ada seorang yang menanyakan kepadaku, apa sih arti award itu untuk kamu?, aku jawab arti award untukku adalah sebagai tanda penghargaan dan tanda persahabatan sesama blogger. Lalu dia bilang, kalo bagi aku arti award itu hanya untuk mendapatkan backlink, yah..masing2 orang berhak mengemukakan pendapatnya bukan, benar atau salah, yah tergantung penilain masing2 orang

    BalasHapus
  4. duh kalo saya biasanya majang award bila nama saya disebutkan mbak... hehehhe
    selamat awardnya mbak... :-)

    BalasHapus
  5. Ehm, ternyata award mengandung bermacam2 persepsi...
    moga nglahirin yang baik2 ajah mbak... heheh

    BalasHapus
  6. bagi saya,

    diberi award merupakan suatu kehormatan dan saya memberikannya linkback tapi saya tidak memajang awardnya. baik itu di blog maupun di posting karena kesibukan atau karena banyaknya blog yang harus diurus.

    yang terberat adalah memilih siapa yg akan mendapat selanjutnya, sangat menghasibkan waktu karena bingung siapa yg akan kita beri, semua sama.

    apalagi yang memberi award itu banyak sekali, hampir setiap hari, bagaimana kia mau posting klo gitu? bahkan ada komentator yang bilang "kok bbrp bulan award terus sih yg diposting, mana niche asli blog kamu?"

    nah itu dari saya, entah bagaimana pendapat yang lain, maaf klo ada yang tersinggung.

    selamat ya yang dapat award

    BalasHapus
  7. terus terang mbak aku cuma nggak suka dengan award backlink kemarin aku dapat dari 4 orang jadi bagaiamana aku bisa membaginya karena semua orang sudah dapat, kalau saya cari backlink dengan cara lain mbak

    BalasHapus
  8. yah memang beragam orang py pendapat ya mbak, yg penting kita berpikiran baik ajalah menurutku hihihi, selamat ewodnya ya mbak :)

    BalasHapus
  9. dulu saya sering majang mbak.. tapi sekarang jarang udahan hehe... habisnya bingung majangnya.. buanyak banget yg nunggak

    BalasHapus
  10. Bagi saya award itu sebagai vitamin blog! Efek sampingnya memacu untuk posting!

    BalasHapus
  11. saya juga senang dikasih award mbak cuma kadang liat kondisi, seperti ketika mbak reni ngasih award ke saya. sayanya lagi gak bisa ngeblog. biasa mbak gak bisa inet-an dirumah ama ke warnet gak punya budget banyak. jadi deh awardnya gak dipajang. trus kalo udah kelamaan gak saya ambil jadinya saya lupa. pengennya gitu dikasih langsung pajang yah.

    BalasHapus
  12. Award membuat persahabatan lebih erat lagi, sebaiknya award dibagikan dengan mencantumkan link yang dituju, sehingga yang menerima tidak ragu-ragu dalam memajangnya! Dua-duanya dapat link, pemberi dan penerima! Kalau ditujukan untuk semua tanpa mencantumkan link, ini mungkin yang dihindari, karena memang award tujuan lainnya mencari backlink!

    Bagi saya dikasih ya dipajang!

    BalasHapus
  13. Award .. !
    Blog baru nih, no comment!

    BalasHapus
  14. award???

    mau dong...hehe...

    BalasHapus
  15. -_-_-_-_-_-_-Cosmorary-_-_-_-_-_-_-
    *******Salam ‘Blog’!!*******
    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

    Mba Reni.
    Bener kata mba. Sekarang lagi musim award.
    Saya berkunjung dari rumah ke rumah pun sama, disuguhi sepicis award.
    Hehehehe..
    Saya setuju perkataan mba kalau kita memang tidak sepatutnya menjatuhkan talak salah pada orang yang memiliki pendapat yang berbeda ttg award itu sendiri..
    Hehehe..
    Award yang indah....
    KEEP BLOGING ya mba.

    -_-_-_-_-_-_-Cosmorary-_-_-_-_-_-_-

    BalasHapus
  16. Sama mbak, buatku award jg tali asih sebuah hubungan persahabatan. Kalo hidup bertetangga, kita kan sering kirim makanan ke tetangga, atau buah tangan bila habis ke luar kota. Nah, award adalah buah tangan di dunia maya deh...

    Tentang backlink, anggap itu berkah. Kalo kita senang memberi dengan tulus tanpa pretensi apa2, pasti suatu saat akan kembali pada kita dgn berlimpah-limpah kok (kayak postingku hari ini di Buku Fanda tuh..)

    BalasHapus
  17. Kaack link, saya gak mikir ke situ mbak. Seneng aja dapet award, sebagai bentuk persahabatan.

    BalasHapus
  18. Saya pasang semua,award pemberian teman sist.Dan saya sangat senang menerimanya.Yang punya sis Ninneta yang belum...belum sempat saya pasang.Selamat ya Awardnya...

    BalasHapus
  19. kalo aku sih cuma bisa majang yg belm pernah diterima. tapi kadang suka lupa juga mbak. soal back link kyknya gak ngaruh deh. kan gak selalu yg dikasih award majangin link yg ngasih

    BalasHapus
  20. tapi aku malas pajang award yg ada back link segambreng. majangnya itu malas. kalo taruh link di postingan kan mesti pake kode2 tertentu. repooot. jadi kalo yg ada keharusan back link pasti gak aku ambil.

    BalasHapus
  21. terimakasih atas komentar sahabat di blog saya...sungguh sangat berarti

    BalasHapus
  22. aku juga memajang award ini...
    ya terasa senang dan bahkan bangga bisa memajang award dari seseorang sesama blogger.
    karena inilah bisa dikatakan sebagai lambang perasabatan kita.

    Enjoy aja.

    BalasHapus
  23. wow! udah baca di blog mbak ninneta... lagi-lagi perspektif setiap orang selalu berbeda

    BalasHapus
  24. Hai...berkunjung kesini. Saya juga sebel banget dengan orang yg kirim email ke Ninneta itu. Kenapa sih harus mikir kita menyebarkan award untuk mendapat sebanyak mungkin award. Coba lihat dari perjuangan orang tersebut yang telah membuat award tersebut dengan susah payah plus cinta kasih untuk sahabat bloggernya.

    BalasHapus
  25. insyaallah saya mau menerima award meskipun kadang juga males majang mbk heheheh

    BalasHapus
  26. Aku masuk kategori yang mana yah Mbak?

    Sory baru sempat mampir...

    BalasHapus
  27. Saya dengan senang hati menerima award dan memajangnya di blog saya. Dalam hal ini saya kesampingkan masalah backlink dan sejenisnya. Saya cuma ingin mempererat persahabatan di dunia blogging. Tapi yang manapun sikap seorang blogger dalam menerima atau menolak award, memang tetap harus dihargai...

    BalasHapus
  28. berkunjung setelah penat dengan tugas nyata. merehatkan fikiran dengan membaca postingan mbak renni.
    malem mbak..

    BalasHapus
  29. bagi saya jangankan mau buat award, guna award pun ga ngerti tapi terimakasih deh sama sampean berkat good postingan ini saya jadi tau fungsi award dan macam-macam tipe orang yang menerima award, setelah saya tau kalo award itu seperti itu maka saya bisa mengatakan bahwa award bagi saya ibarat orang kehausan mendapat air, artinya award akan memotivasi saya untuk tetap eksis di dunia blog

    BalasHapus
  30. gitu ya mba. cara menyikapi yang benar pada award

    BalasHapus
  31. met malam ajah yak... :-)

    BalasHapus
  32. Buat saya award seperti ini adalah salah satu media untuk mempererat tali persaudaraan ini.

    BalasHapus
  33. Maaf Mbak Ren saya lupa blm masang link blog ini. Maaf...

    BalasHapus
  34. selamat buat awardnya

    perbedaan adh sesuatu yg abadi
    :D

    BalasHapus
  35. hehe... kalo saya ma dapet award syukur engga juga ngga apa2 mba. maksud hati sih pngin masang setiap award yg diberikan tp ya tergantung sempat tidaknya ke warnet xixixi

    BalasHapus
  36. saya ikutan komen mas a-chen aja mbak...saya juga biasanya majang award bila nama saya disebutkan mbak... ha..ha..ha...
    selamat awardnya mbak....

    salam............

    BalasHapus
  37. hehe..tetep positive thinking..
    tiada lain hanya sbg tanda persahabatan...

    BalasHapus
  38. Setuju, award dapat mempererat persahabatan antar blogger. Dengan ini, bukti bahwa kita saling berinteraksi semakin nyata terlihat. Bukan cuma sebagai blogger individualis yang mementingkan diri sendiri.
    Salut untuk award!

    BalasHapus
  39. salam sobat selamat atas AWARDnya mba,,
    AWARD sebagai penghargaan atau kenang-kenangan bagi saya,, untuk mempererat tali persahabatan di dunia blogging.

    BalasHapus
  40. jadi merasa tersindir suka telat majang award nih mbak :-)

    BalasHapus
  41. Setuju dengan kalimat:"apapun pilihan yang diambil itu tak seharusnya menganggap pilihan yang diambil orang lain salah".
    Kalo saya sih award adalah wujud penghargaan seseorang buat kita.
    Ohya mbak, award dari saya dibawa juga njih (beneran tidak karena pengen meningkatkan rank). Terima kasih..

    BalasHapus
  42. saya belum bisa mengambil award, karena blog saya masih baru berjalan. mengenai Backlink itupun saya tak mengerti, mengingat PR blog sayapun baru 1 :D

    Jadi maap yaa bukan gak menghargai award, cuma ingin tulisan saya fokus dulu.
    toh lagi pula aku masih pemain baru juga di blogger ini

    BalasHapus
  43. award can strengthen friendship among bloggers. With this, the evidence that we interact with each other more and more evident. Not just as a blogger individualist. Interesting postings bu

    BalasHapus
  44. Kalo saya milih kelompok kedua mbak... Tidak perduli apakah itu backlink atau bukan, penghargaan prestasi atau bukan. Hanya saja karena blog saya, blog tutorial, jd sering kali telat buat mempostingnya, hehe...

    BalasHapus
  45. setuju banget mbak... yang penting saling menghargai dan didasari dengan niat yang tulus demi kebaikan...

    BalasHapus
  46. award adalah sebuah penghargaan bagi teman2.. buat mempererat..mengungkapkan rasa simpati dan peduli.

    BalasHapus
  47. Rosulullah -shollahu 'alaihi wasallam- bersabda :

    تهادوا تحابُّوا

    Artinya : "saling memeberi hadiah maka kalian akan saling menyayangi."

    selamat atas awardnya sobat

    BalasHapus
  48. met siang, mbak....bawain pempek nih

    BalasHapus
  49. Saya pilih nomor 2 (dua)karena tujuan saya adalah menjalin silaturahmi dan mendapatkan ilmu yg bermanfaat (dalam bidang apapun) khususnya untuk diri saya pribadi..

    BalasHapus

Komentarnya dimoderasi dulu ya? Terimakasih sudah mampir dan meninggalkan jejak. (^_^)