Pages

Minggu, Agustus 02, 2009

Identitas

Proses untuk mengetahui keberadaan seseorang melalui tanda kenal atau bukti diri disebut sebagai identifikasi. Melalui identifikasi itulah akan diketahui tentang identitas seseorang. Yang dimaksud dengan identitas di sini adalah ciri khusus seseorang atau sering disebut sebagai jati diri.

Pentingkah identitas itu? Jawabnya adalah sangat penting karena identitas mengandung diferensiasi dan mewakili citra diri. Definisi siapa kita atau yang bukan kita adalah definisi yang dilakukan diri sendiri maupun yang disematkan oleh pihak lain yang berhubungan dengan kita. Oleh karena tiap orang berbeda-beda, sehingga identitas tiap-tiap orang pun berbeda-beda. Jika identitas kita dipergunakan atau malah disalahgunakan oleh orang lain, maka yang mendapat dampak negatifnya adalah diri kita sendiri.


Beberapa orang memiliki identitas yang sangat jelas, bahkan kadang jika identitas itu sangat kuat maka hal-hal yang bersinggungan dengannya dapat diidentikkan dengan orang tersebut. Misalkan saja, artis (almarhum) Michael Jackson dan Cinta Laura. Identitasnya sangat jelas melalui gaya bicaranya atau gaya bernyanyinya yang sangat khas. Sehingga jika kita mendengar suara mereka, maka tanpa melihatpun kita tahu bahwa yang suara itu adalah milik Michael Jackson atau Cinta Laura. Hal itu menguntungkan karena membuat mereka benar-benar 'menonjol' dan berbeda. Sehingga dapat dimaklumi jika kemudian aksen mereka seringkali ditirukan oleh orang lain.

Contoh lain adalah gaya atau style. Setiap orang memiliki gaya yang berbeda, entah itu dalam berkomunikasi, berbusana atau bertingkah laku. Gaya atau style ini akan dapat diketahui dan dikenali dengan sangat jelas oleh orang-orang terdekat mereka. Misalkan saja, kasus yang beberapa waktu yang lalu sempat heboh dibicarakan di Indonesia. Tentang gaya Manohara jika sedang dalam kesulitan dan meminta pertolongan. Menurut keterangan ibunya, Ibu Desi, sejak kecil Manohara akan menyilangkan tangan di dada setiap kali memohon pertolongan. Makanya saat suatu kali Ibu Desi melihat penayangan di televisi dimana Manohara, yang tahu sedang disorot kamera, dengan sengaja menyilangkan tangan di dadanya, Ibu Desi ngotot mengatakan bahwa anaknya benar-benar dalam kesulitan dan butuh pertolongan.

Beberapa orang pun dengan sengaja membuat banyak hal dalam hidupnya agar identik dengan dirinya, sehingga orang lain akan mudah untuk mengenalinya. Misalkan saja ada seorang wanita, Cindy Jacson namanya, yang sangat terobesesi dengan boneka Barbie dan berusaha untuk menjadikan dirinya identik dengan boneka itu. Fantasi anak-anaknya tentang barbie dan kehidupannya terus hidup hingga dewasa. Kehidupan barbie yg glamor dengan fashion yg up to date, membuat Cindy bermimpi tampil seperti barbie. Walhasil, saat remaja ia mendandani dirinya seperti barbie. Bahkan kemudian dia rela menghabiskan uang Rp 1,5 milyar lebih dengan 50 kali lebih operasi plastik untuk mendapatkan wajah seperti boneka barbie.

Aku sendiri pernah melakukan pengidentikan seperti itu. Agar sahabat-sahabat dapat 'mengenali' aku dengan mudah, maka aku sengaja memilih template yang berbeda. Header blogku, gambar kupu-kupu yang besar akan memudahkan orang mengingat jika suatu saat nyasar untuk kedua kalinya (atau lebih) ke blogku. Itulah salah satu sebabnya mengapa aku malas ganti template (selain karena aku memang malas otak-atik blog hehehe).

Langkah berikutnya yang aku tempuh adalah membuat award yang dapat segera diidentikkan dengan blogku. Caranya ? Dengan mengambil gambar header blogku untuk kujadikan award. Mauku... agar orang dengan mudah mengidentikkan award itu dengan blogku. Itu saja... Beberapa saat yang lalu beberapa sahabat juga melakukan hal yang sama denganku, seperti mbak Sinta yang membuat award bergambar buku. Buku identik dengan mbak Sinta, si penikmat buku bukan ? Kemudian mbak Fanny membuat banyak award yang bertemakan strawberry. Blog mbak Fanny kan headernya strawberry..., sehingga award mbak Fanny benar-benar identik dengan rumah strawberrynya.

Dan, di awal Agustus 2009 ini aku kembali menerima award yang dimataku identik dengan blog masing-masing. Yang pertama adalah award dari Tukang Komen, yang dalam rangka merayakan postingan ke-100 telah membuat award secara khusus untuk dibagikan kepada beberapa orang (syukurlah aku satu di antaranya. Terima kasih mas...). Award yang unik ini bagiku benar-benar menggambarkan blog "Sekedar Komentar" karena menggambarkan orang yang sedang cuap-cuap di depan megaphone dan berseru "Share Your Comments with Love and Peace". Identik bukan dengan blognya..? Award ini akan aku bagikan kembali kepada : mbak Quinie, Itik Bali, Suzhu BITES, Zujoe dan Jonk.


Free Image Hosting


Award kedua yang juga identik dengan blognya aku dapatkan dari Mbak Fanda yang sedang mengadakan selamatan blog barunya Curhat Fanda. Award yang gambar bunga merahnya dipetik mbak Fanda dari template blognya dan ditambah dengan tulisan Thanks You. Indah sekali. Award itu adalah wujud terima kasih mbak Fanda untuk semua sahabat yang telah mendukung blog barunya dengan cara mem-follow blog itu dan memberikan komentar untuknya. Award ini aku bagikan untuk Henny Y. Caprestya, Mbak Irma, mbak Tisti, mbak Linda Belle, Jeng Sri dan Shasa Imutz.



Yang terbaru, hari ini aku mendapat award lagi yaitu Sastra Radio Award. Sebuah award yang dibuat sendiri yang juga mencirikan dan identik dengan blognya, Sastra Radio. Menurut si empunya blog, award itu mempunyai makna seperti di bawah ini :


  • Gambar microphone studio radio mewakili genre blog tersebut serta radio tempatnya bekerja, RCA 102, 5 FM.
  • Latar warna biru menyimbolkan langit luas kemerdekaan inspirasi dan gagasan tak bertepi. Juga kedalaman lautan hikmah dan pengetahuan yang harus tetap diselami sesuai kemampuan masing-masing.
  • Tulisan sastra radio berwarna kuning menyimbolkan kesuburan hati dan jiwa yang harus tetap ditanami dengan keikhlasan. Tulisan award 2009 berwarna merah melambangkan keberanian dan jiwa patriotisme para blogger sebagai anak bangsa yang berusaha mengisi kemerdekaan dengan segala hal bermanfaat di dunia maya.
Sastra radio award ini akan aku bagikan kepada Yanuar Catur, BlaGaBloGer, Ronaldo Rozalino, Yudha (Rumah Data), Adria Khan, Azarre dan BrenciA kerenS.

Semoga saja identifikasi yang telah sengaja atau tidak sengaja dilakukan tersebut benar-benar menguatkan identitas blog masing-masing.


29 komentar:

  1. yup
    setiap blog pasti punya ciri khas sendiri kok
    hehehhe
    semangat ya mbak untuk ewotnya

    BalasHapus
  2. mbak Reni, pagi bener postingnya? Jam 5? hehe..thanks ya bungaku dah ditanam disini. Kok keliatan lebih bagus ya disini?
    Selain si kupu coklat, tulisan mbak Reni juga jadi ciri khas mbak kok. Jadi meski templatenya kelak ganti, aku tahu pasti ga nyasar kalo masuk ke blog mbak Reni!

    BalasHapus
  3. huaaaa akyu dapet awardd... makasih ya... yang kemaren ajah blom sempet dipajang :D

    BalasHapus
  4. Identitas memberikan bukti kepada sesuatu hal yang unik. nice posting!

    BalasHapus
  5. iyaaaa.....kebagian award cantik lagi dr mbk reni...makasih yaaa...
    oya, selamat jg atas awardnya, gambarnya lucu tuh yg hitam putih...

    langsung cabut, nih mbak...
    mau nengok rumah barunya fanda...
    suwun ya, mbak..
    pamiitttt....
    ^_^

    BalasHapus
  6. duch makaci banget awardnya mbak reni...gak nyangka pagi ini dapat award lg, sorry iea blom bisa kasih award...

    BalasHapus
  7. Dijempuut awardnya ya sobat...n Sudah diposting diblog tuuuh

    BalasHapus
  8. Tiada hari tanpa Award disini,...
    Selamat yah mbak...

    BalasHapus
  9. identitas..aku masih mencari apa itu identitas..masa muda adalah masa pencarian identitas kata guruku begitu..heheh

    BalasHapus
  10. selamat ya utk awardnya, mbak. saya suka tulisan mbak yg ini. sangat sarat makna. hmm..Identitas saya ternyata strawberry ya?

    BalasHapus
  11. wuahh tnx banget awardnya mbak, langsung d unduh neh..

    BalasHapus
  12. Salam...

    Salam kenal aja mbak.. wah keren, ada awardnya tuh.. he eh

    jangan lupa mampir ke blog kita ya mbak..

    BalasHapus
  13. cepat banget award ini menyebar. selamat atas awardnya ya mbak. terima kasih

    BalasHapus
  14. wah mbak reni memang hebat...artikelnya masuk banget dengan temanya tentang award...thanks atas awardnya ya mbak....!

    BalasHapus
  15. aq dapet juga ternyata ya mbak
    hehehe
    tengkyu sekali lagi ya mbak
    aku masukin lemari ewotku dulu yach
    hehehhehehe

    BalasHapus
  16. makasih mbak Ren...
    yg dpt award tukang komenblom pd dtg smuah ya hohohoho...

    BalasHapus
  17. Thanks Ya mbak..atas awardnya
    sorry baru mampir..
    hiatus atau males
    sama aja..
    lagi mengumpulkan semangat
    biar tambah semangat ngeblog..

    Award dari mbak Reni
    semangat buat saya..

    BalasHapus
  18. Siang mbak, maaf telat nih.. Selamat ya atas awards yg diterima oleh mbak Reni :) Semangat terus untuk menulis dan menulis :)

    BalasHapus
  19. Muantabbb dan tepat mbak, setuju dengan penggambarannya tadi, salutt untuk mbak reni, selalu khas menyajikan award dari sobat tercinta...siiip

    BalasHapus
  20. wah... sory baru sempat mampir mbak... seharian mengerjakan sesuatu jadi baru sempat mampir sekarang... terima kasih telah dipajang awardnya... sukses selalu...

    BalasHapus
  21. manusia dibedakan dengann identitas yang dimiliki..demikian juga dengan blog tetap memiliki identitas yang bisa membedakan sebuah blog dengan blog lainnya..:)

    BalasHapus
  22. bener mba...
    identitas diri sangat berharga bagi kita...
    identitas diri juga bisa membuat sseorang mengingat sesuatu tentang sipemilik identitas tersebut...

    seperti contoh "budi anduk" wekekeke...
    siapa sie yg ga kenal budi anduk, sering kita mendengar si budi sering mengucapkan "coy" kata2 ini sering membuat saya inget kepada si budi anduk....

    trus apa yah kira2 yang bisa saya tonjolkan untuk identitas saya.

    salam hangat selalu saudari ku...
    terima kasih atas kunjungannya...
    semoga ini menjadi awal tali persaudaraan kita :D

    BalasHapus
  23. Wahh... sebuah ulasan yang menarik tentang jati diri... yang penting jatidiri tidak di buat2... biarkan alami dan mensyukuri karunia Allah swt.

    Sekalian laporan kalo award sudah terposting sukses... hehhee...

    BalasHapus
  24. lah mbak, identitas wen cuma KTP inih hehehe cukup mewakili kali yah;)

    BalasHapus
  25. hiii... mbak reniii... tingkyu ya awardnaa... hiks.. aku masih di kasih....

    BalasHapus
  26. Yub sis, setuju dengan idenya.Btw selamat lagi buat award-awardnya ya..sukses sis..

    BalasHapus
  27. saya setuju sekali identitas itu diperlukan, kalo ditanya siapa blogger yg patahati, ya saya. hee...

    BalasHapus
  28. OMMGGGG... dapet award?? makasiihh.. maksiihh... tak sedoott deh,....

    BalasHapus
  29. Pengen juga sih bikin award, tapi sayangnya nggak jadi2... Mau comot award..tapi yang mana ya..?

    BalasHapus

Komentarnya dimoderasi dulu ya? Terimakasih sudah mampir dan meninggalkan jejak. (^_^)