Pages

Rabu, Juli 31, 2013

Selalu Rindu Yogyakarta

Yogyakarta adalah kota yang menyimpan begitu banyak kenangan bagiku sekeluarga. Meski hanya sempat menetap selama 5 tahun di Yogyakarta saat aku kuliah dulu, namun rasanya aku seperti tinggal di kampung halaman sendiri. Kebetulan, ibu mertuaku dulu dilahirkan dan dibesarkan di Yogyakarta. Jadi, tak mengherankan apabila aku ~dan juga keluargaku~ selalu rindu Yogyakarta. Rasanya Yogyakarta selalu memanggil-manggil kami untuk datang kembali.

Daya Tarik Yogyakarta
Yang menjadi daya tarik Yogyakarta bagi kami (selain faktor kenangan tentu saja) adalah banyaknya destinasi wisata yang bisa kami kunjungi. Yogyakarta menawarkan beraneka ragam wisata yang menarik, seperti : wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, wisata kuliner, wisata pendidikan dan wisata belanja. Sangat lengkap bukan? Itu sebabnya meski sudah berulang kali ke Yogyakarta, rasanya masih ada saja tempat wisata yang belum bisa kami kunjungi.

Beberapa wisata yang pernah kami kunjungi setelah kami beberapa kali berlibur ke Yogyakarta adalah :

Wisata Alam
Di Yogyakarta memiliki begitu banyak wisata alam yang menarik mulai dari Kabupaten Kulonprogo hingga Kabupaten Gunung Kidul, semuanya menawarkan keindahan pantai yang mengagumkan. Pantai-pantai itu antara lain : Pantai Parangtritis, Pantai Glagah, Pantai Siung, Pantai Indrayanti, Pantai Krakal, Pantai Sundak dll. Dari sekian banyak pantai yang ada namun baru 1 pantai yang dikunjungi Shasa, yaitu : Pantai Indrayanti.

http://picasion.com/i/1VSla/
Shasa di Pantai Indrayanti

Wisata alam yang sudah kami kunjungi adalah Kaliurang. Di daerah Kaliurang pun banyak tempat wisata seperti : Taman Rekreasi Kaliurang, Taman Wisata Plawangan Turgo, Tlogo Muncar bahkan sekarang bekas letusan Gunung Merapi di sekitar rumah alm. Mbah Maridjan pun juga dijadikan tempat wisata.

http://picasion.com/i/1VSiE/
Shasa di Taman Rekreasi Kaliurang

http://picasion.com/i/1VSkl/
Di lokasi bekas letusan Gunung Merapi

Selain itu Yogyakarta juga memiliki wisata alam petualangan, yaitu caving di Goa Pindul. Sayang kami tak punya banyak dokumentasi di sini karena dilarang bawa HP dan semacamnya, takut kalau jatuh dan tercebur ke sungai. Ternyata, melusuri sungai di dalam gua menggunakan ban pelampung itu sangatlah mengasyikkan.

http://picasion.com/i/1VSrE/
Shasa di Gua Pindul

Wisata Budaya/Sejarah
Untuk wisata budaya/sejarah ini, Shasa sudah kami ajak ke Keraton Yogyakarta, Masjid Gede Kauman serta Taman Sari Yogyakarta.

http://picasion.com/i/1VSv2/
Shasa di Keraton Yogyakarta

http://picasion.com/i/1VSup/
Shasa di Masjid Gedhe Kauman

http://picasion.com/i/1VTKO/
Di Taman Sari

Wisata Pendidikan
Selama ini wisata Pendidikan yang pernah dikunjungi Shasa di Yogyakarta adalah Gembira Loka. Untuk Gembira Loka ini entah sudah berapa kali dikunjungi Shasa sejak kecil hingga saat ini.

http://picasion.com/i/1VTP3/
Gembira Loka, Oktober 2002

http://picasion.com/i/1VTNp/
Gembira Loka, Juli 2004

http://picasion.com/i/1VTRc/
Gembira Loka, Juli 2011

http://picasion.com/i/1VTSL/
Gembira Loka, Juli 2013

Pengalaman Tak Terlupakan
Kami sekeluarga memiliki pengalaman tak terlupakan saat ke Yogyakarta pada Bulan Juli 2004 yang lalu. Berbekal keyakinan tentang pengetahuan kami tentang Yogyakarta, kami merasa PD berangkat ke Yogyakarta saat itu. Tapi kami salah perhitungan. Kami kesulitan untuk mendapatkan hotel/penginapan karena bertepatan dengan liburan sekolah. Saat itu kami masuk Yogyakarta sekitar pukul 19.00 WIB. Setelah mampir makan malam, kami pun menuju hotel untuk pesan kamar. Ternyata oh ternyata... hotel demi hotel yang kami kunjungi penuh semua. Jadilah kami berputar-putar mencari hotel namun tak juga menemukan kamar kosong. Sementara Shasa yang saat itu baru berumur 5 tahun mulai rewel karena capek dan ngantuk, begitu juga dengan sepupu Shasa (3 tahun) yang saat itu ikut dengan kami.

Rasanya kami hampir frustrasi menemukan penginapan malam itu, apalagi ditambah rengekan Shasa dan sepupunya. Untunglah, setelah sekian lama mencari kami menemukan sebuah guest house yang masih memiliki kamar kosong. Kami pun tanpa pikir panjang langsung mengambil kamar yang ada, yang penting anak-anak bisa segera tidur.

Menemukan VoucherHotel.Com
Kejadian tersebut telah memberikan pelajaran bagiku. Sejak itu, setiap kami mau ke Yogyakarta lebih aman jika kami memesan hotel terlebih dahulu. Apalagi saat ini memesan hotel juga lebih mudah dan cepat. Tak harus menggunakan kartu kredit pun bisa. Bahkan pemesanan bisa dilakukan melalui Blackberry Messenger, WhatsApp, Yahoo Messenger, Email. Layanan yang sangat menyenangkan dan mudah itu aku temukan di web VoucherHotel.com.

Mudah sekali mencari hotel di Yogyakarta melalui voucherhotel.com. Hasilnya, aku menemukan banyak informasi tentang hotel-hotel yang ada di Yogyakarta. Masin-masing hotel itu diberi keterangan tentang status hotel, lokasi hotel, jenis kamar yang ada, ketersediaan kamar serta harga kamar. Dengan data selengkap itu, aku tinggal memilih hotel yang aku inginkan.


Aku memasukkan memilih Yogyakarta sbg kota tujuan


muncul daftar hotel yang ada di Yogyakarta

Untuk pemesanan hotel, dapat dilakukan dengan mudah karena pada bagian kanan atas web sudah ada pilihan : cara pesan, tanpa kartu kredit, dan pembayaran. Jika aku ingin melakukan pemesanan, caranya cukup mudah dan tinggal klik "cara pesan" yang sudah disediakan itu. Pemesanan dapat dilakukan hanya dengan 5 langkah untuk pengguna kartu kredit. Sementara bagi yang memilih tidak menggunakan kartu kredit harus melalui 8 langkah pemesanan. Mudah dan cepat.


tampilan web voucherhotel.com


cara pesan dengan kartu kredit


booking dengan kartu kredit

Setelah langkah pemesanan kulakukan, selanjutnya aku hanya tinggal melakukan tahap konfirmasi pembayaran. Aku harus mengisi : Kode Booking/Booking Code, Tanggal Pembayaran/Payment Date, Pembayaran Ke Bank/Paid To Bank, Jumlah Pembayaran/Payment Amount, memasukkan kode angka dan terakhir tinggal klik kirim /submit.


Setelah menemukan cara mudah mendapatkan hotel/penginapan kapan pun aku mau, aku jadi semakin bersemangat lagi untuk datang lagi ke Yogyakarta. Aku masih ingin mengunjungi destinasi wisata lainnya yang belum sempat kami kunjungi pada kesempatan kami ke Yogyakarta sebelumnnya.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Travel Blogging Contest yang diselenggarakan oleh http://www.voucherhotel.com/travel/kontes/

16 komentar:

  1. pingiiiin ke jogja, nanti ketemuan gak ya sama mbak reni :)

    BalasHapus
  2. Baru pernah sekali ke Yogya. Semoga bisa balik lagi ke sana :-)

    BalasHapus
  3. Aaahh.. Jogja yang eksotis :) terakhir kesana tahun 2002, insyallah Desember mau kesana lagi. aamiin

    BalasHapus
  4. Mampir ke rumah bapak saya kalau ke yogya.

    semoga sukses dengan kontesnya.

    BalasHapus
  5. @Lidya >> Ayo mbakkkk... siapa tahu kita malah bisa ketemuan di Yogya ya?

    @Leyla Hana >> Pasti balik lagi deh, soalnya Yogya itu ngangenin banget mbak :)

    @Niken Kusumowardhani >> rumahnya dimana mbak?

    BalasHapus
  6. Saya pernah dari Bandung sendirian dan turun di stasiun Tugu pas tengah malam, selanjutnya nyari penginapan di seputar stasiun dan Malioboro udah penuh semua. Muter-muter akhirnyanya nemu tematnya kecil,sederhana. ah yang penting saya bisa merebahkan badan untuk menghimpun energi besok untuk keliling jogja.
    Jadi segala sesuatu dalam perjalanan lebih bagus kalo ada perencanaan yang matang

    BalasHapus
  7. Duuh gemes liat foto Sasha waktu kecil, lucu banget. Pasti dia yg paling cerewet ya mbak kalo lagi jalan2. Aahh aku juga rindu Yogya, ^_^

    BalasHapus
  8. Kemarin waktu ke Yogya, pas kunjungan ke rumah Pakde di Bantul.
    Saya mengunjungi tempat wisata Pantai Trisik, namun Pantai ini bagusnya untuk surfing. Karena ombaknya tinggi sekali, tidak cocok untuk berenang.

    Yogyakarta banyak kenangan, selain karena tempat kelahiran Papah. Yogya juga tempat kenangan saya dan suami karena waktu mas kuliah di Semarang, kita sering mampir ke Yogya untuk jalan-jalan.

    Yogyakarta sudah seperti rumah kedua untuk saya. :)

    BalasHapus
  9. Yogya memang selalu dirindukan :)

    BalasHapus
  10. Yogyakarta memang selalu menebarkan aura yang penuh kenangan, mengundang dan mengundang lagi pengunjungnya untu hadir dan hadir kembali. :)

    Apalagi membaca uraian Mbak Reni, jadi dapat tips dan pembelajaran deh, serta jadi lebih tau lagi gimana harus persiapannya biar liburannya mengasyikkan. Mbak, ntar kalo aku ke yogya, turun donk, kita Kopdar yaaa. :)

    Eh iya sukses untuk GAnya yaaaa.

    BalasHapus
  11. salam kenal mak :)
    Jogja tu emang ngangenin banget, saya dulu juga kuliah di JOgja. entah kenapa JOgja itu rasanya hommy banget dan nggak mboseni, banyak tempat asyik dan makanan enak juga heheh.... sukses ngontesnya mak :)

    BalasHapus
  12. Dulu tiap mudik aku sekeluarga pasti ke Yogya, Mak, ke rumah keluarga besar suami. Tapi, kayaknya aku kapok ke sana. Soalnya kalau ke sana, pasti dalam rangka mudik. Cuapek pol. Perjalanan macet dan enggak pernah bisa jalan-jalan/rekreasi karena harus selalu mengikuti schedule mertua hiks. *malah curcol*

    BalasHapus
  13. aku jg pgn ke jogja lg mb..terakhir ke jogja sktr 6 thn yg lalu..selalu rindu jogja..bbbbbada byk hal indah di jogja..kota yg sarat budaya :)

    BalasHapus
  14. 2 hari lagi mudik berakhir. Nggak asik deh. Btw nggak ikut lava tour nih mak? Asik lo

    BalasHapus
  15. aku suka malioboro, bisa jalan kaki.
    cuma sekarang kok agak sumpek ya?

    BalasHapus

Komentarnya dimoderasi dulu ya? Terimakasih sudah mampir dan meninggalkan jejak. (^_^)