Pages

Minggu, November 13, 2011

Ketulusan dan Keikhlasan Al Kahfi

Nama Al Kahfi memang belum lama aku kenal, tapi ternyata namanya hampir selalu muncul dalam beberapa kali postingan baruku. Bukan saja di blog ini, tapi namanya juga muncul di blog pertamaku. Kehadirannya mau tak mau menuntunku untuk melakukan kunjungan balasan ke blognya. Dan, mulai saat itulah sedikit demi sedikit aku mengenal dirinya melalui tulisan-tulisannya.

Setelah beberapa kali mengunjungi blognya, aku mempunyai gambaran sendiri akan sosok Al Kahfi (sebelumnya aku minta maaf ya kalau gambaranku ini salah). Dia di mataku sejatinya adalah sosok yang melankolis. Dia intorvert dan cenderung suka bergumul dengan pikiran-pikiran yang bersliweran di kepalanya. Termenung mungkin merupakan kegiatan favoritnya. Beruntung kemudian dia dapat mencurahkan semua rasa yang terpendam dan semua pikiran yang berkecamuk di kepalanya ke dalam blognya.

Al Kahfi adalah pribadi yang sangat berhati-hati, teliti dan suka akan detil (so, pekerjaan sebagai arsitek cocok untuknya). Dia sangat tekun dan serius dalam memandang sesuatu. Dia cenderung setia, sangat perhatian dan memiliki rasa belas kasihan. Karena rasa belas kasihannya itulah dia pernah ditipu orang lain. Itulah sekilas gambaran yang aku dapatkan tentang sosok Al Kahfi dari tulisan-tulisannya. Sekali lagi maaf kalau aku salah ya...

Dari beberapa tulisan yang ada di blognya aku sangat suka dengan tulisannya yang berjudul : Ketika tulus dan ikhlas dipertanyakan? Melalui tulisannya itu Al Kahfi menggambarkan keadaan kita saat muncul niat yang tulus dan ikhlas dalam hati kita untuk melakukan 'sesuatu' bagi orang lain. Usaha yang kita lakukan untuk mewujudkan 'sesuatu' itu adalah wujud dari ketulusan dan keikhlasan kita untuk mewujudkan niat kita.

Namun, saat 'sesuatu' itu mampu kita wujudkan ternyata apa yang terjadi kemudian tak sesuai dengan harapan kita. Apa yang akan kita rasakan? Masih adakah ketulusan dan keikhlasan di hati kita menerima hal yang tak sesuai dengan harapan kita? Apakah ketulusan dan keikhlasan itu berganti dengan kekecewaan dan kemarahan?

Kita semua pasti pernah mengalami kejadian seperti itu, saat niat baik (yang disertai dengan ketulusan dan keikhlasan) ternyata tak dapat diterima dengan baik. Reaksi yang sangat manusiawi dan paling sering muncul di hati memang rasa sedih, marah, kecewa atau bahkan sakit hati. Namun disinilah kita harus kembali mempertanyakan ketulusan dan keikhlasan kita. Andai kita benar-benar tulus dan ikhlas dalam melakukan 'sesuatu' untuk orang lain, tentunya kita pun akan menerima dengan tulus dan ikhlas apapun hasil dari yang kita lakukan itu.

Itu makanya, kalimat penutup yang ditulis Al Kahfi dalam postingan itu sangat pas menurutku : Di sinilah diri diuji masih layakkah kita mengaku sebagai orang yang beriman ..... InsyaAllah.. Kalimat penutup itulah yang membuatku tercenung sekaligus menghujat diriku bahwa ternyata aku belum mampu untuk selalu tulus dan ikhlas dalam melakukan 'sesuatu' untuk orang lain. Karena beberapa kali aku masih memendam rasa sedih dan kecewa saat 'sesuatu' yang aku lakukan untuk orang lain tak diterima dengan baik.

Itulah mengapa, aku sangat menyukai tulisannya yang berjudul : Ketika tulus dan ikhlas dipertanyakan?, karena tulisan itu telah mengingatkan aku untuk kembali menilai kadar ketulusan dan keikhlasan dari apa yang aku lakukan.

Tulisan ini aku ikutsertakan dalam giveaway yang diselenggarakan oleh Al Kahfi. Bagi yang berminat mengikutinya segera saja meluncur ke sini ya?

23 komentar:

  1. hmmm..saya juga baru kenal sama blogger yang namanya al-kahfi itu mbak..

    dan ya, memang tulisannya bagus... :)
    terakhir ini kayaknya lagi sering ngomongin hal-hal yang ada kaitannya sama arsitek ya.. :)

    BalasHapus
  2. ass..
    trims ya mbak sudah berpartisipasi di giveaway saya,, sy tdk menduga mbak repot2 menulis di sela2 kesibukannya,, oh ya tulisan itu sy buat ya oleh karena begitu banyaknya masalah2 yg sy hadapi yg tdk sesuai dgn apa yg saya harapkan,, tapi insyaalllah sy berusaha tuk bisa mampu menghadapinya, dan berusaha dgn ikhlas menerima berbagai konswekensi kehidupan,, wassalam

    BalasHapus
  3. wah blognya banyak ya mbak :D

    BalasHapus
  4. aku langsung ke tkp mba
    mbaca tulisannya
    semoga menang ya mba

    BalasHapus
  5. Mas Amri emang rajin BW ya hihihi~
    Wah aku belum baca post yang itu deh~ ke tkp dulu ahhh...

    BalasHapus
  6. akhirnya nulis juga ya mba... hehe

    BalasHapus
  7. moga berhasil, mbak. gudlak

    BalasHapus
  8. Iya aku juga suka tulisannya Al Kahfi yang ini Mbak ;)

    Hmmm semoga aku juga bisa ikutan GiveAway nya...

    BalasHapus
  9. Salam kenal untuk sahabat baru kita, Al Kahfi. Segera ke TKP, kira-kira apa saya bisa berpartisipasi di acara giveaway beliau.

    Sukses untuk Bu Reni. Kalau nda salah lihat, sepertinya penampilan baru nih. Dan sebagai apresiasi saya atas tampilan baru blog ini, saya memberikan PR untuk Bu Reni. Semoga berkenan untuk mengerjakannya. Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  10. aku belum buat nih ulasan mengenai Alkahdi, good luck ya mbak

    BalasHapus
  11. akhirnya selesai juga ngereview al kahfi ya mba... hehe.
    setuju dengan tulisanmu, banget.
    (lagi jadi upik abu nih, so komenku pendek aja kali ini mba, hehe).

    BalasHapus
  12. menarik nih, mbak.... aku kesana dulu ya mbak...

    Wow... lagi2 mbak Reni ikutan lomba lagi... smg menang ya, mbak... wah kalo menang semua .... panen hadiah dong...

    BalasHapus
  13. aku belum ikutan kontes yg ini uy ..

    sukses ya mbak ..

    BalasHapus
  14. Owh kahfi ngadain Give away toh mbak? udah lama aku gak mampir kesana... langsung meluncur ah.... :)

    BalasHapus
  15. ketulusan dan keikhlasan mmg sangat berat utk diaplikasikan dalam kenyataannya....tapi insyaAllah dengan kelapangan hati kita sedikit demi sedikit akan mampu kita gapai itu semua....:-D
    sukses ya bu ngontesnya....!

    BalasHapus
  16. Wahhh mb reni ikutan juga, saya mau ikutan mb tapi baru hari ini nich bisa bw..soalnya beberapa hari bawaannya malas terus. Ini juga di tahan2 rasa malasnya.

    Sukses ya mb

    BalasHapus
  17. moga-moga menang giveaway, saya nggak ikut mbak, gak sempet

    BalasHapus
  18. good luck buat giveaway'nya ya, mbak. tulisannya bagus :)

    BalasHapus
  19. interest :D
    semoga menang ya giveaway nya:)

    BalasHapus
  20. hmmm..saya juga baru kenal sama blogger yang namanya al-kahfi itu mbak..

    dan ya, memang tulisannya bagus... :)
    terakhir ini kayaknya lagi sering ngomongin hal-hal yang ada kaitannya sama arsitek ya.. :)

    BalasHapus
  21. wah aku juga ikut ini lo mbak... semangat menang yah :D

    BalasHapus
  22. wah, bang Pendi kayaknya blom kenal tuh sama Al Kahfi..

    kayaknya mesti ke tkp nih...

    BalasHapus

Komentarnya dimoderasi dulu ya? Terimakasih sudah mampir dan meninggalkan jejak. (^_^)