Pages

Sabtu, Januari 15, 2011

Tes kesehatan rohani

"Menurut pandangan umum, para Sufi itu gila," gumam Nasrudin. "Menurut para orang bijak, mereka benar-benar penguasa dunia. Aku akan mengeceknya, supaya aku sendiri bisa yakin mana yang benar."

Kemudian ia melihat seseorang yang tinggi besar, mengenakan jubah seperti seorang Sufi Akldan.

"Sahabat," kata Nasrudin, "aku ingin membuat sebuah percobaan untuk menguji kekuatan jiwamu, dan juga kesehatan rohaniku."

"Boleh. Silakan mulai," kata sang Akldan.

Nasrudin membuat gerakan menyapu dengan tangannya, kemudian mengepalkan kedua tangannya. "Sekarang, apa yang ada ditanganku?"

"Seekor kuda, kereta dan sais," ujar sang Akldan cepat.

"Itu sih bukan test," ujar Nasrudin marah, "Habis kamu sih tadi melihat aku mengambilnya."

34 komentar:

  1. jadi sbetulnya siapakah yang gila??
    @_@

    BalasHapus
  2. Hehehe bisa aja ni yg bikin cerita, tapi memang dunia sufi itu dunia yang penuh bahasa hakikat ya mbak. :)

    BalasHapus
  3. Heh?
    Saya kok jadi bingung gini ya bacanya mbak.
    Entah saya menafsirkannya salah atau gimana.
    Hihihihi.... :D

    BalasHapus
  4. ya kl diliatin jawabannya namanya g ngetes.....hihihi

    BalasHapus
  5. sama gak beresnya ya mbak dua org itu hehehhe

    BalasHapus
  6. wah sufi sebuah hal yang mengandung makna tinggi

    BalasHapus
  7. sebuah dialog yang pendek, mbak reni, tapi sangat dalam dan reflektif maknanya.

    BalasHapus
  8. saya bisa ikutan gila nih...:x

    BalasHapus
  9. masih bingung, apa memang karena aku belum sampai pada pembahasan tentang sufisme, he he he.
    menarik ceritanya mba'....
    perlu berkali-kali membaca sampai ngerti ...

    BalasHapus
  10. Wah, dunia sufi memang kadang sangat misterius. Konon, mereka sangat berusaha meninggalkan kehidupan dunia yang glamour

    BalasHapus
  11. hhe hhe..
    ko saya merasa lucu ya..
    hhe hhe..

    BalasHapus
  12. hahahaaha aduh ak cm bs geleng2 kepala :))

    BalasHapus
  13. salam sobat
    kreatif Nasrudin ,ngetes kesehatan rohani dan menguji kekuatan jiwa.

    BalasHapus
  14. siapakah yang sedang sakit?
    atau keduanya sehat?
    kita yang sakit

    BalasHapus
  15. yang lain pada ketawa komenya..,kok saya bingung yaa??

    BalasHapus
  16. wah, saya nggak mudeng untuk yang ini Mbak. perlu jongkok dulu nih

    BalasHapus
  17. Komentar saya kok gak ada Mbak? gak masuk ya?
    saya gak mudeng untuk yang ini, jongkok dulu kali ya?

    BalasHapus
  18. Nasrudin emang tiada duanya :)

    BalasHapus
  19. ane harus baca dua kali artikel di atas untuk tahu bahwa ilmu sufi dank bisa dijelaskan, begitu pula dengan para sufi yang ndak jelas,
    begitu pula dengan comment ane yang ndak jelas..

    BalasHapus
  20. menrut pandangan saya, sufi itu bak sebuah cermin.
    jika orang biasa yang melihat, maka akan terlihat sebaliknya. Padahal dibalik semua itu ada kekuatan jiwa yang mampu mengubah dunia

    BalasHapus
  21. helug... menguji kekuatan jiwa dan kesehatan rohani... >.< jadi jadi... siapa yang sehat?

    BalasHapus
  22. nasrudin nih gak ada habisnya yaa
    selalu saja mengocok perut

    BalasHapus
  23. Berkunjung malam ketempat sahabat blogger, mudah2an semakin mempererat persahabatan di dunia maya ini...

    BalasHapus
  24. hai :)
    how are you guys out there?
    maaf baru sempat BW..

    BalasHapus
  25. msh bingung neh arti ceritanya ??#$%

    BalasHapus
  26. aku juga bingung, yang gila siapa?

    BalasHapus
  27. he he he he apa mba salah tulis ya? soalnya Nasrudin dan orang sufi tuh gak mungkin gila ... atau aku salah baca ya .... coba aku baca lagi ya mba ....bener koq bacanya ... jangan-jangan ....hiii ... ga ah

    BalasHapus
  28. Wah yg lain bs ketawa, aku ga nih...ya maklum blom ngerti, lg blogwalking ttg "Alat Kesehatan Rohani" yg sama topiknya diblogku, sampai di blognya mba ini, thx ats sharingnya, salam kenal...

    BalasHapus

Komentarnya dimoderasi dulu ya? Terimakasih sudah mampir dan meninggalkan jejak. (^_^)