Pages

Kamis, September 03, 2009

Sahabat Pena

Aku mengenal internet memang belum lama, namun semenjak mengenalnya aku makin jatuh cinta. Bagaimana tidak, internet telah mengaburkan jarak yang terentang antara aku dan teman-temanku. Melalui jasa internet aku dapat berinteraksi dengan banyak orang dari berbagai kota. Aku kini jadi punya makin banyak sahabat lewat dunia maya. Selain itu, aku dapat bertemu kembali dengan teman-teman lamaku yang sudah lama tak bertemu. Bahkan, aku bisa menemukan kembali jejak sahabat penaku.

Benar kawan.., aku dulu punya banyak sahabat pena. Di saat teknologi internet belum dikenal, aku sudah menjalin persahabatan dengan orang-orang dari kota lain. Persahabatanku dulu terjalin melalui jasa surat dan aku mulai memiliki sahabat pena sejak kelas 5 SD. Aku ingat sekali, sahabat pena pertamaku bertempat tinggal di Kediri. Aku mendapatkan alamatnya dari majalah anak-anak. Cukup lama juga aku menjalin pertemanan dengannya.

Dari memiliki seorang sahabat pena, aku akhirnya mempunyai banyak sahabat pena. Bahkan, saat guru SD-ku pindah tugas ke Bontang, Kalimantan, dia menganjurkan murid-muridnya di Bontang sana untuk menjalin pertemanan denganku lewat surat. Kalau tidak salah, ada kurang lebih 5 orang anak Bontang yang kemudian menjadi Sahabat Penaku.

Aku betul-betul sangat menyukai hobby-ku berkorespondensi itu. Sampai-sampai uang saku yang diberikan orangtuaku, tak pernah aku belikan jajan. Uang saku itu selalu habis aku belikan kertas surat dan perangko. Kegiatanku berkorespondensi dengan sahabat-sahabat penaku terus berlangsung sampai aku kuliah. Namun, semenjak aku bekerja dan berumah tangga, kegiatan itu sudah tak lagi aku jalani. Aku sudah kerepotan membagi waktu.

Diantara banyak sahabat penaku, aku hanya pernah bertemu dengan 3 orang diantaranya, yaitu mbak Rahmila Murtiana, Mas Indra Pramono dan Arnisma Andriyani. Mbak Rahmila Murtiana adalah gadis Banjarmasin yang aku kenal waktu SMA. Umurnya setahun lebih tua daripada aku. Kami pernah sekali bertemu, pada saat aku masih kuliah di Yogyakarta. Mbak Ina (demikian aku biasa memanggilnya) yang kuliah di Semarang kebetulan pergi ke Yogyakarta, dan kesempatan itu kami pergunakan untuk bertemu. Walaupun tidak lama, namun pertemuan itu tak akan aku lupakan. Kini, pertemanan kami masih berlanjut melalui Facebook.

Sementara Mas Indra Pramono adalah orang Semarang yang kerja di Irian Jaya. Saat aku mengenalnya aku baru duduk di bangku SMP dan dia sudah bekerja...!! Namun ternyata perbedaan usia itu tak menghalangi persahabatan kami. Suatu kali Mas Indra yang berkesempatan pulang kampung ke Semarang, menyempatkan datang menemuiku di Madiun pada saat aku kelas 1 SMA..!! Sayangnya, aku kini kehilangan kontak dengannya.

Selanjutnya adalah Arnisma Andriyani. Yani, begitu aku menyapanya, adalah orang Kepanjen, Malang. Aku mengenalnya mulai SMP, kebetulan kami seumur. Dengan Yani aku paling sering bertemu. Bahkan kami sudah pernah saling berkunjung ke rumah masing-masing. Pertemuanku dengannya terakhir kali adalah saat aku menikah... 11 tahun yang lalu..!! Persahabatanku dengan Yani tetap terjalin hingga kini, namun kami tak perlu berkirim surat lagi... cukup lewat SMS atau telpon langsung saja.

Meskipun kini aku tak lagi punya sahabat pena, namun kini aku punya banyak sahabat di dunia maya. Dan, salah satunya adalah mbak Linda Novriani. Dan pada bulan Ramadhan ini mbak Linda mengirimkan sebuah award untukku, award Sahabat Pena. Terima kasih banyak mbak... Sebenarnya sih aku sudah pernah menerima award itu dari Mas Aguz Fauzi dan sudah aku pajang disini. Namun..., aku tetap dengan senang hati menerima award dari mbak Linda ini dan memajangnya lagi.

Award ini selanjutnya ingin aku bagikan juga kepada beberapa orang sahabat baruku, yaitu : Blog Motivasi Sukses, a-chen, Fenti Fahmi, Teguh, Yolizz, Yans "dalam jeda" dan ichaelmago. Semoga diterima dengan senang hati ya... untuk pengikat persahabatan yang baru terbentuk di dunia maya ini. Salam persahabatan.....



24 komentar:

  1. Selamat bagi yang mendapat award... :)

    Saya iri ga kebagian jatah :(

    BalasHapus
  2. Aku juga sejak SMP dulu gemar sahabat pena loh mbak,... sampai adanya internet dan Hp tidak lagi.

    Bahkan Isteri saya kenalnya melalui sahabat pena......

    Selamat atas Awardnya mbak.

    BalasHapus
  3. wkt sd aku juga punya sobat pena tapi udah gak tahu kemana. hilang kontak nih. he hehe....

    BalasHapus
  4. Bener mba..! memang enak punya banyak temen apalagi bukan hanya sekedar melalui surat atau dunia maya..oh ya ! selamat atas awardnya..

    BalasHapus
  5. Aku sih ga pernah punya sahabat pena, karena dulu kecil alu orangnya tertutup banget. Bergaul cuma ama temen2 sekolah. Tapi sekarang kok malah buka-bukaan di blog ya??

    Btw, selamat awardnya ya, mbak!

    BalasHapus
  6. Iya..dulu aku juga punya sahabat pena, yg aku kenal lewat majalah Bobo, majalahku jmn SD dulu..

    Jd mikir mau cari teman2 penaku di FB...ada ga yaaa...?

    *Met buka puasa, mbak....

    BalasHapus
  7. kalo inget pas masih SD dan sahabat pena...kertas suratnya aja mesti dipilih yg bagus ya mbak..sy dulu pas masih SD, sempet koleksi beberapa kertas surat.
    dan seru banget rasanya kalo dapet balasan dari sahabat pena kita. soalnya nungguinnya kan lama.
    ga kayak sekarang instan..
    intinya, biar medianya beda, tapi tali persahabatan harus tetap dijaga..

    BalasHapus
  8. malam, mbak ...
    Kisah mbak mengingatkan saya pada sahabat saya sejak SD yang terus berkorespondensi hingga SMA. Sekarang kami hanya berhubungan via sms, dia sudah jadi penulis sekarang. Sahabat selalu memberi arti tersendiri di sisi hati kita ya, mbak.
    btw selamat atas awardnya.

    BalasHapus
  9. Pertamanya salam kenal!
    Wah....,saya punya dulu mbak.Tapi,sekarang mereka semua udah bnyk pisah!
    Kunjung......

    BalasHapus
  10. Mba Reni sudah dapat kiriman award dari F2 atau belum ya..? kalau belum saya mau kirim deh buat mba dan bila berkenan silahkan ambil di http://hanyailusi.blogspot.com

    BalasHapus
  11. Selamat buat awardsnya.
    Semoga makin semangat nulisnya

    BalasHapus
  12. selamaat yaa awardnya kereenn..

    dulu aku pernah punya sahabatpena waktu kecil, tapi cuma beda rumah aja surat2annya hehehe

    BalasHapus
  13. selamat Awardnya ya sis...Moga makin banyak dapat teman

    BalasHapus
  14. selamat ya.., dan semoga ramadhan tahun ini adalah Bulan dimana nafas kita menjadi tasbih, tidur kita menjadi ibadah, amal kita diterima dan do'a kita di ijabah.., amien..
    salam kenal ya..

    BalasHapus
  15. internet memang membuat kita jatuh cinta kita bisa berinteraksi dengan orang yang jauh...!
    DuNiYa MaYa Is ThE BeSt

    BalasHapus
  16. Woooowwww, Aku dapet lagi neh Mbak..........Makasih ya....
    Ntar ku pajang.....
    Oiya yang award gambar ultah ngeblog 1 tahun Cerpenisnya disini).
    Can Salute untuk Mbak, Sahabat penanya banyak...^_^

    BalasHapus
  17. emg seneng yah mbak kalo punya banyak temen,, apalagi kalo tersebar di beberapa kota... berasa punya keluarga di kota lain ^^

    oh ya,, makasih mbak buat awardnya :)

    BalasHapus
  18. Waduh....
    Sahabat Sekolah, aku malah Bingung.

    SMP dulu 3 Sekolahan. Pindah-pindah, bukan karena ORTU pejabat, tapi karena agak nakal jadi sering di keluarin.

    SMA juga sampai 4 Sekolahan, Lebih sering karena Politik. Dari kelas satu udah menjabat BANKORCAM 1 PDI ( pengurus tingkat Kecamatan ) padahal waktu itu Momok Pemerintah.
    Terpaksa deh Kucing-kucingan.

    Sahabat.....
    Wajah aku kenal.
    Nama ?
    Siapa ya ???

    BalasHapus
  19. dulu karena dibesarkan di sebuah desa,jadi belum sempat rasain bersahabat pena..tapi sekarang setelah kenal internet ternyata bersahabat itu mengasykkan:)..mbak aku kasih award ke mbak neh boleh kan?? sukses.

    BalasHapus
  20. sama sekali gak pernah ngerasain memiliki sahabat pena. jadi nggak bisa ngebayangin hangatnya suasana sahabat pena. makanya sekarang di rapel aja, cari sahabat blog he he he

    BalasHapus
  21. ku ga ada mb nama gw?
    kupu.miss.oemang
    http://kupumungil.blogspot.com/

    BalasHapus
  22. eh iya. haduh..maaf ya mbak maaf :D
    mungkin ga sempet baca pemberitahuan mbak :(
    aku pasang ya..sama ama yang nomer 3 :D

    BalasHapus
  23. trima kasih dah mau terima award dari aq, tenang aja mb reni PR q(bukan page rank) loch, mash ada 4 award dan 1 tag yang belum aq posting, pasti aq posting kok tunggu aja informasinya nanti rizky kasih tahu, kalau award dari rizky d posting atow g g jadi masalah, karena itu hak asasi yg terima award,mau posting apa ga' g2, yang penting award dah d terima. tapi kalau buat rizky dapet award wajib hukumnya buat rizky posting, karena Rizky gamo ngecewain sang pemberi award, selain itu rizky juga mau berbagi merasakan perasaan yang sama yang seperti rizky rasakan pd sahabat2 blogger.g2 mbak reni.. so tenang aja pasti Rizky posting kok..

    BalasHapus
  24. kunjungan malam mbak reni bagi2 award lagi setelah ini Insya Allah pemberian mabak reni rizky posting http://rizky2009.blogspot.com/2009/09/award-ke-12.html

    BalasHapus

Komentarnya dimoderasi dulu ya? Terimakasih sudah mampir dan meninggalkan jejak. (^_^)