Pages

Senin, Februari 24, 2014

Galaksi Pungky, Sebuah Galaksi yang Laen

Tahu galaksi kan? Bagi yang pernah atau masih sekolah pastilah ingat, atau pernah baca atau setidaknya pernah dengar tentang galaksi. Kalau seperti yang tertulis di seputar antariksa, galaksi adalah gugusan dari miliaran bintang-bintang. Biasanya sekitar 100 miliar bintang. Galaksi memiliki berbagai bentuk seperti spiral, cakram, elips atau tidak beraturan. Galaksi tempat tatasurya kita adalah galaksi bima sakti (milky way). Jumlah galaksi di jagad sekarang diperkirakan sekitar 100 miliar galaksi.

Nah, yang aku baru tahu ternyata... bahwa salah satu dari 100 milyar yang ada di jagad ini namanya adalah Galaksi Pungky! Konon, kabarnya galaksi di jagad ini terbagi dalam tiga tipe, yaitu galaksi spiral, elips, dan tak beraturan. Nah, kalo menurutku Galaksi Pungky ini termasuk galaksi dalam tipe tak beraturan! Pernah dengar gak tentang Galaksi Pungky? Tahu gak kenapa aku menggolongkannya dalam tipe tak beraturan? Yang penasaran... yuk lanjut baca penjelasanku di bawah ini.

Bagi yang belum pernah dengar tentang Galaksi Pungky, gak perlu kecil hati. Aku pun, terus terang saja, baru mengenal galaksi ini pada pertengahan Januari 2014 yang lalu. Belum lama! Aku terpaksa mengenalnya gara-gara si pemilik galaksi, Pungky namanya, adalah salah satu emak blogger yang terjerumus dalam 50 Besar Srikandi Blogger 2014. Aku mungkin blogger yang kuper, jadi tak tahu ada sebuah galaksi sekaligus pemiliknya yang jadi perbincangan hangat emak-emak blogger selama ini yang namanya Galaksi Pungky. Gak apalah, better late than never! *semangat membela diri sendiri*

Walau aku belum lama mengenal galaksi (laen yang bernama) Pungky ini... namun aku terpaksa harus mengakui kecemerlangannya. Ternyata Galaksi Pungky ini benar-benar berupa gugusan dari banyak bintang yang luar biasa cemerlang! Walau mungkin ukurannya belum sebesar galaksi lain di jagad raya ini, tapi Galaksi Pungky patut diperhitungkan.


Pungky yang nyentrik, si pemilik galaksi laen di jagad ini

Pungky, si pemilik galaksi, biarpun sudah menyandang predikat emak dari seorang anak, tapi dia adalah emak muda yang enerjik dan multi talented. Jangan lihat statusnya sebagai mahasiswi Ilmu Komunikasi semester banyak yang gak kelar-kelar nyelesaikan skripsi, tapi lihatlah statusnya yang lain. Meski masih mahasiswi, dia bukan pengangguran. Dia punya kerja! Di saat mahasiswa-mahasiswi lain hanya menggantungkan hidup pada orang tua, dia sudah bisa bergerak sendiri.

Di daerahnya sana, Purwokerto, dia cukup dikenal karena wajahnya sering nongol di harian lokal. Jangan heran, karena si Pungky ini terkenal sebagai salah satu penulis buku kumpulan cerita anak : Peri-peri Bersayap Pelangi. Tak hanya itu, kepeduliannya pada dunia anak juga diwujudkan dalam upayanya membagikan buku kumpulan cerita anak tersebut ke berbagai daerah, kepada lebih dari 1000 anak. Dia juga senang berkeliling dari satu taman bacaan ke taman bacaan yang lain... untuk mendongeng buat anak-anak! Sungguh, jika melihat gaya cablaknya kalau bicara, aku tak mengira hatinya selembut itu.

Hanya itu kecermelangan galaksi Pungky? Ah tidak..., masih ada yang lain. Dia itu salah satu comic di daerahnya sana, bahkan sempat lolos di Audisi Stand Up Comedy Kompas TV lo. Tahu kan ya stand up comedy? Pasti semua sepakat kalau menjadi comic itu susah. Berdiri sendiri di panggung, bicara sendiri dan mencoba memancing tawa... pasti tak mudah. Tapi (ajaibnya) Pungky bisa melakukannya!

Kalau soal menulis fiksi tak perlu diragukan lagi. Selain buku kumpulan cerita pendek Peri-Peri Bersayap Pelangi, tulisan fiksinya juga sudah berhasil menjadi pemenang di lomba kampung fiksi. Bahkan tulisan-tulisannya di sini bisa membuat kita ternganga. Bukan karena keberaniannya mengangkat topik yang bagi sebagian orang dihindari, tapi cara dia menyampaikannya luar biasa. Dia sungguh sangat piawai dalam mengolah kata. Ternyata, dia menyimpan kepiawaian yang lain. Untuk urusan mendesain blog, membuat poster, membuat video dll... dia pun patut diacungi jempol.

Berbagai kecemerlangannya yang tampak dalam galaksinya itulah yang membuatku menyebutnya sebagai galaksi yang tak beraturan. Bukan galaksi elips ataupun spiral. Bakat dan ketrampilan yang muncul dalam Galaksi Pungky ini melebar, memanjang, meruncing, dan menyebar ke berbagai arah.... Kemana saja!

Teruslah berkarya Pungky, dan buatlah galaksimu semakin bersinar lagi. Usia mudamu adalah kesempatanmu untuk memiliki peluang lebih panjang untuk terus maju. Semangat belajarmu dan rasa ingin tahumu adalah modalmu untuk bisa melambung kian tinggi. Rasa pedulimu dan kelembutan hatimu adalah pengingatmu untuk tetap tunduk dan melihat gemintang harap di mata anak-anak yang juga ingin bisa maju sepertimu.

Namun Pungky, ijinkan aku bertanya satu hal saja : apakah semua semangatmu, enerjimu, kreativitasmu dan idemu yang tak pernah mati itu karena..."feromon"? Aaarrrggghhh.... kalau jawabmu adalah iya, aku tak akan pernah bisa "mengejarmu".


16 komentar:

  1. qiqiqiqiq...si empunya galaksi belum nongol lagi sibuk metik pete, buat bekal ke jakarta...

    BalasHapus
  2. wah galaksi pungky..saya baru tau juga mba..

    BalasHapus
  3. saya baru tahu kalo Pungky lolos audisi stand up comedy :)
    semoga sukses di 10 besar srikandi blogger 2014 ya, Pungky....

    BalasHapus
  4. Awal baca mikirnya akan ada pembahasan galaksi beneran berkaitan dgn antariksa atau apaa gitu, ternyata membahas seorang penulis dan pemilik blog toh :)

    BalasHapus
  5. udah lama aku tau galaksinya pungky... emang tulisannya beda deh dari blogger lainnya... kreatif..
    satu hal yg aku baru tau yaa... ternyata pungky udah punya anak ya? udah lama nggak main2 ke blognya hehee...

    semoga sukses GA nya mbak Reni.. ^_^

    BalasHapus
  6. Jadi smkn mengenal mak pungky nih mba :)
    semoga menang ya mba ku ^_^

    BalasHapus
  7. Wah sepertinya menarik juga emak bloger yg satu ini :)
    Good luck for everything (y)

    BalasHapus
  8. eala mba saya kira mau cerita tentang galaksi pungki sampai detail ternyata galaksinya jadi cantik

    BalasHapus
  9. hehehe tak kirain galaksi pungky apaan.... keren

    BalasHapus
  10. Galaksi yang menarik memang. Kerenlah :D

    BalasHapus
  11. wah mak Reni ikut GAnya nih...semoga sukses ya mak...

    BalasHapus
  12. Lah aku baru tau mbak Pungky dari blog nya pakdhe Cholik :) Salam kenal dari Surabaya

    BalasHapus
  13. ulasannya tuntas abiiis niih Mbak, keknya bakalan menang lagi ini.. sukses yaah Mbak.
    mau knalan dengan yang punya Galaksi itu dulu aahhh... :D

    BalasHapus
  14. selamat ya mak...wah kebanjiran buku nih mak Reni...

    BalasHapus
  15. Celamaaaat mak reni,,, anda layak dapet bukunya pungky,,,,

    BalasHapus

Komentarnya dimoderasi dulu ya? Terimakasih sudah mampir dan meninggalkan jejak. (^_^)