Pages

Selasa, Maret 11, 2014

Tips terhindar dari kecewa saat belanja online

Kian hari teknologi dan informasi berkembang dengan sangat pesat. Kemudahan masyarakat dalam mengakses internet selain memberikan banyak manfaat juga telah merubah gaya hidup masyarakat. Internet bukan saja sekedar dimanfaatkan untuk kelancaran berkomunikasi, namun juga telah dimanfaatkan untuk aktivitas jual beli. Hal ini terlihat dari kian maraknya situs belanja online.

Tak bisa dipungkiri bahwa belanja online semakin diminati masyarakat dari hari-hari. Dengan berbelanja secara online, masyarakat tak perlu membuang banyak waktu dan tenaga. Tak perlu capek-capek ke luar rumah, tak perlu antri dan bisa dilakukan kapan saja bahkan sambil melakukan aktivitas lainnya pun, belanja online tetap bisa dilakukan. Praktis, mudah dan cepat.

Namun, apakah belanja online selalu memberikan kepuasan pada pelanggannya? Ternyata, jawabnya adalah : tidak! Kita tak dapat menutup mata dari maraknya penipuan yang berkedok belanja online. Sudah banyak cerita tentang produk yang tak sesuai dengan pesanan, keterlambatan pengiriman atau bahkan barang yang tak pernah sampai meski sudah dibayar lunas.

Namun, apakah semua belanja online itu buruk dan hanya aksi tipuan semata? Jawabnya adalah : tidak! Kita sebagai pembeli harus cerdas dan berhati-hati dalam berbelanja online. Aku sudah beberapa kali melakukan belanja online dan Alhamdulillah sejauh ini aku belum pernah mengalami kekecewaan karena aku memiliki tips yang membantuku agar dapat berbelanja online dengan aman dan terhindar dari kecewa?

Ingin tahu apa tips agar kita terhindar dari rasa kecewa saat belanja online yang selama ini aku pakai? Ini dia tipsnya...

1. Lakukan survey
Sebelum memutuskan untuk membeli suatu barang, kita harus meluangkan waktu untuk melakukan survey. Hal ini harus dilakukan agar kita bisa memilih situs online yang terpercaya. Kita dapat melihat kredibilitas situs online tersebut melalui testimoni pelanggan ataupun berita-berita berita-berita terkait situs online tersebut yang dapat kita jumpai di internet.

2. Komunikasi dengan pemiliknya/adminnya
Untuk lebih menguatkan poin no.1 di atas tidak ada salahnya kita melakukan komunikasi dengan pemilik atau adminnya. Kita dapat mengenali pemilik atau adminnya melalui komunikasi dengan mereka. Pemilik atau admin yang baik akan melayani berbagai pertanyaan kita seputar produk dengan baik.


informasi kontak

3. Perhatikan produk dengan detil
Sudah sering terjadi banyak pelanggan yang kecewa karena produk yang mereka terima tidak sesuai dengan harapan atau bahkan tidak sesuai dengan gambar yang ditampilkan. Pilihlah situs yang memberikan informasi yang detil tentang produk, misalnya tentang bahannya, ukurannya, warnanya, serta stock yang ada.


foto produk


keterangan bahan, ukuran dan spesifikasi


rincian produk, informasi brand


keterangan : harga, waktu pengiriman, dll

4. Manfaatkan penawaran spesial
Ada banyak penawaran spesial yang dapat ditawarkan oleh situs online. Misalnya saja : diskon, gratis biaya pengiriman bahkan sampai cash-on-delivery (COD) atau bayar di tempat. Penawaran spesial seperti diskon dan gratis biaya pengiriman ini tentu saja bisa menekan tambahan biaya yang diperlukan dalam belanja online. Sedangkan penawaran bayar di tempat tentu akan menghindarkan kita dari rasa kecewa saat barang yang sudah kita bayar tak sampai ke tempat kita, karena ada barang ada uang.


discount


gratis biaya pengiriman


bayar di tempat

5. Aturan cek status pesanan dan pengembalian barang
Walau kita sudah berhati-hati dalam memilih situs online, tapi kita tetap harus hati-hati. Akan lebih aman jika kita bisa memantau status pesanan kita, sudah diproses atau belum. Selain itu, meski kita sudah berhati-hati dalam memilih barang tak menutup kemungkinan jika ternyata barang yang kita beli tak sesuai harapan. Untuk itulah kita perlu memilih situs online yang memberikan panawaran pengembalian barang.


seluruh layanan dari zalora

Selama ini, semua tips berbelanja online dengan aman dan nyaman itu dapat aku temukan di Zalora. Aku pun telah dapat menikmati nikmatnya berbelanja online dengan sistem bayar di tempat (COD) dan meskipun dalam paket pesananku itu sudah dilampirkan blangko untuk pengembalian barang, aku tak perlu memanfaatkannya karena barang yang aku terima sudah sesuai dengan pesananku. Saat berbelanja online di Zalora aku terhindar dari perasaan kecewa, sehingga aku tak kapok untuk mengulanginya.

Bagaimana denganmu sahabat, apakah pernah mengalami kekecewaan saat berbelanja online?

12 komentar:

  1. alhamdulillah lancar jaya hehehe....eh sekali ding gara2 CS yg kurang berTJ,katanya udah ikirim,sampe 2 mingguan g nyampe2,ternyata blm dikirim..huft

    BalasHapus
  2. pernah sekali belanja online sama teman blog hanya untuk cari pengalaman gimana rasanya pesan barang lewat inet

    BalasHapus
  3. Biasanya belanja online di kaskus atau web yang ada testimony penjualnya. Kalau bagus baru berani belanja :)

    BalasHapus
  4. sering juga belanja OL.. alhamdulillah semua pedagangnya jujur :)
    kalo Zalora belum pernah coba

    BalasHapus
  5. Betul sekali. Belanja secara online harus cermat. Apa yang terlihat difoto belum tentu sama secara fisik. Pastikan adminnya/penjualnya jujur, profesional dan bermoral.
    Saya hanya berbelanja secara online untuk membeli buku saja.
    Terima kasih tipsnya
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  6. sering belanja online juga dan jarang kecewa alhamdulillahhhh

    BalasHapus
  7. pengalaman suami yang sering beli online sih ga ada komplain mba..ketelitian emang penting bgt

    BalasHapus
  8. biasa beli sih nitip sama orang yang udah benar2 pengalaman, cz takut kena tipu

    BalasHapus
  9. biasanya aku liat dulu testimoninya. tapi yang aku beli biasanya lebih sering yang susah dicari di sini, mba. kalo yang barangnya udah biasa nyari di toko deket rumah, biar hemat ongkir :D

    BalasHapus
  10. Belanja yang ada garansi returnya, syaratnya gak ribet, bahkan kalau bisa biaya ongkir ditanggung toko onlinenya. Kalau memang barangnya bagus, pasti berani kasih garanasi. http://feju-fashion.com

    BalasHapus
  11. belum berani belanja online, mbak.... takut nggak spt yg dibayangkan

    BalasHapus
  12. kita belanja langsung bertatap muka dengan penjualnya saja sering kena tipu, apalagi belanja online, maka musti lebih waspada.

    BalasHapus

Komentarnya dimoderasi dulu ya? Terimakasih sudah mampir dan meninggalkan jejak. (^_^)