Pages

Minggu, Mei 12, 2013

Srikandi Blogger 2013 Ajang Aktualisasi Perempuan

Halo Sahabat..., sudah tahu kan tentang Komunitas yang menamakan dirinya : Kumpulan Emak-Emak Blogger (KEB)? Nah, tahun ini KEB merayakan ulang tahun pertamanya dengan mengangkat tema : "Aktualisasi Perempuan di Era Digital". Masih dalam rangka ulang tahun pertamanya itu, KEB ingin memberikan apresiasi kepada para blogger Perempuan Indonesia dengan menggelar ajang pemilihan Srikandi Blogger 2013. Nah, kesempatan kali ini aku ingin membahas secara lebih detil tentang hal itu. So, mari kita mulai.

Aktualisasi Perempuan

Istilah "aktualisasi" pasti sudah sangat sering kita dengar. Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan aktuliasasi itu? Aktualisasi dapat didefinisikan sebagai perkembangan paling tinggi yang dicapai seseorang dalam menggunakan semua bakat, potensi, serta penggunaan semua kualitas dan kapasitas secara optimal.

Bicara aktualisasi, kita tak akan bisa melepaskan diri dari peran Abraham Maslow. Menurut Maslow setiap manusia itu dilahirkan dengan kebutuhan untuk terus tumbuh dan berkembang, untuk mengaktualisasikan diri dan mengembangkan potensi yang ada semaksimal mungkin. Dengan kata lain, aktualisasi diri adalah kebutuhan puncak manusia.

Aktualisasi diri ini tak hanya kebutuhan kaum laki-laki saja, namun juga kebutuhan kaum perempuan. Mereka ~kaum perempuan~ juga memiliki potensi dan bakat yang ingin dikembangkan dan diaktualisasikan. Mereka juga ingin diakui kemampuan mereka dan tak ingin dipandang sebelah mata hanya karena jenis kelamin mereka.

Sudah banyak kaum perempuan yang berhasil membuktikan bahwa mereka mampu mengaktualisasikan diri, sama seperti kaum laki-laki. Sudah banyak perempuan yang menduduki posisi penting di suatu negara. Tak sedikit perempuan yang mampu menunjukkan pada dunia bahwa mereka pun bisa berprestasi dan pantas diperhitungkan.

Perempuan di Era Digital

Harus diakui bahwa dalam beberapa tahun ini perkembangan digital dan IT (Information Technology atau teknologi informasi) meningkat dengan signifikan. Kini, dalam aktifitas sehari-hari manusia makin sulit terlepas dari perangkat elektronik/gadget seperti laptop, notebook, komputer, tablet dll. Hal ini bisa memberikan dampak positif ataupun negatif. Itu semua tergantung pada manusia-nya.

Memang tak dapat dipungkiri bahwa pada awalnya perempuan sedikit tertinggal dibandingkan laki-laki di bidang IT. Namun kini tidak lagi, karena sudah banyak perempuan yang mampu menguasai bidang IT dan memanfaatkan perangkat elektronik/gadget sama baiknya dengan laki-laki, baik itu perempuan yang bekerja di kantor maupun perempuan yang berprofesi sebagai ibu rumahtangga. Semakin hari semakin banyak kaum perempuan yang memanfaatkan IT untuk mengaktualisasikan diri salah satunya dengan menulis lewat blog.

Semakin banyaknya perempuan yang ngeblog mendorong munculnya sebuah komunitas yang beranggotakan Emak-emak Blogger. Komunitas yang bernama Kumpulan Emak-Emak Blogger (KEB) ini memiliki tujuan untuk menularkan semangat menulis kepada lebih banyak kaum perempuan agar mampu menginspirasi dan berkarya melalui blog.

Ajang Srikandi Blogger 2013

Sebagaimana tertuang dalam website KEB bahwa ajang Srikandi Blogger 2013 ini sebagai bentuk apresiasi kepada para blogger Perempuan Indonesia. Para juri akan memilih blogger perempuan yang bisa menyampaikan dan mengaktualisasikan kegiatan atau aktivitasnya secara online maupun offline.

Aku pribadi tertarik dengan pemilihan kata "Srikandi" untuk perempuan Indonesia yang memiliki banyak aktivitas, di dunia nyata maupun dunia maya dan mampu menyampaikannya lewat blog (untuk menginspirasi perempuan lainnya). Siapa pun tahu bahwa Srikandi adalah sosok perempuan yang ahli dalam menggunakan senjata panah dan berperang. KEB mengidentikkan perempuan blogger sebagai Srikandi yang ahli dalam menggunakan senjata berupa laptop, notebook, komputer dan sejenisnya, bukan untuk berperang melainkan untuk memberikan inspirasi bagi perempuan-perempuan lain di sekitarnya.

Dan... pada puncak Penganugerahan Srikandi Blogger 2013 memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi kaum perempuan untuk mengatualisasikan diri mereka. Kepiawaian mereka dalam menulis tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Namun, dalam perhelatan yang digelar pada tanggal 28 April 2013 yang bertempat di Gedung F Gedung Kemendiknas, Jl. Jend. Sudirman Jakarta itu mereka berkesempatan untuk menunjukkan potensi mereka yang lain, selain menulis tentu saja.

Acara Penganugerahan Srikandi Blogger ini dibuka dengan sebuah tarian Betawi. Selanjutnya ada monolog, fashion show, mini drama dan juga ada acara hiburan. Semua itu dilakukan oleh, dari dan untuk perempuan-perempuan hebat mulai dari pembawa acaranya sampai keseluruhan pengisi acara. Bagi yang tidak bisa hadir langsung di acara tersebut (seperti diriku) dapat mengikuti meriahnya acara itu karena KoplakYoBand menyiarkannya secara live streaming acara ini lewat blog mereka.

salah satu acara : fashion show
 sumber : daengbattala

Setelah acara demi acara terlewati, akhirnya tibalah kepada puncak acara yang begitu dinantikan : Penganugerahan Srikandi Blogger 2013. Setelah seluruh peserta melalui berbagai macam tahapan seleksi mulai dari seleksi administrasi, membuat tulisan berupa pendapat dan opini tentang Srikangi Blogger 2013, wawancara, review dan tanya jawab... maka pada puncak acara itu berdirilah para finalis Srikandi Blogger 2013 di atas panggung!

inilah para finalis Srikandi Blogger 2013
sumber : daengbattala

Dan... inilah dia pemenangnya :

Para pemenang Srikandi Blogger 2013
 sumber : daengbattala

  • Alaika Abdullah sebagai Srikandi Blogger 2013 : mendapatkan 1 unit Acer Aspire V5-471PG (touchscreen notebook) dan akan mewakili KEB di Asean Blogger di Solo.
  • Anazkia sebagai Srikandi Favorit 2013 : mendapatkan 1 unit Acer Aspire E1-471
  • Myra Anastasia sebagai Srikandi Persahabatan 2013 : mendapat 1 unit Acer Aspire E1-471.
  • Haya Aliya Zaki sebagai Blogger Inspiratif : mendapatkan TV
  • Yati Rachmat sebagai Blogger dengan Lifetime Achievement : mendapatkan TV
  • 7 finalis lainnya mendapatkan TV Samsung
  • Seluruh pemenang dan 7 finalis di atas berhak menerima juga paket Rinso dan juga paket Wardah
  • Lomba livetweet dimenangkan oleh Ria Citinjaks, Herdis Suryatna dan Caroline Adenan yang memenangkan kulkas, Acer Iconia B1 dan blender Electrolux.
  • Best dress dimenangkan oleh Echa dengan membawa pulang sebuah kulkas.
  • Peserta paling jauh diberikan pada Anazkia yang datang dari Kuala Lumpur, mendapatkan blender Electrolux.
  • Acara juga bertabur hadiah games dan doorprize berupa paket Wardah, paket dus Rinso (5), voucher Samikuring ( 3pcs x Rp 100.000), voucher Carrefour (7pcs x Rp. 200.000).

Singkat kata, acara Penganugerahan Srikandi Blogger 2013 ini sukses besar, berkat kerja keras Makpon, Makmin, Makpan serta semua anggota KEB! Yang tak boleh dilupakan tentu saja dukungan para sponsor seperti : Acer, Rinso, Wardah dll. Terbukti sudah bahwa melalui ajang Srikandi Blooger 2013 para perempuan Indonesia dapat mengaktualisasikan diri, lewat beragam bakat dan potensi yang mereka miliki, baik itu di dunia nyata maupun di dunia maya. Kesuksesan penyelenggaraan Penganugerahan Srikandi Blogger 2013 telah membuktikan bahwa perempuan mampu menyusun dan menyelenggarakan acara besar dengan sukses. Meski aku tak memiliki kontribusi atas kesuksesan acara tersebut, tapi aku tetap merasa bangga sebagai salah satu anggota KEB.

Semoga acara ini masih akan ada pada tahun-tahun yang akan datang dan.... maju terus perempuan Indonesia!

sumber :
website emak2 bloger
blog Amril Taufiq Gobel : Catatan Dari Hati

13 komentar:

  1. selamat ulang tahun yang pertama buat KEB semoga sukses selalu dan semakin maju dalam peguasaan IT

    BalasHapus
  2. waahhhhhhh hebbaattttt!!!!!

    ayo mb reni semangattt!! di acara KEB berikutnya mb reni semoga bisa jadi juara hehehehehee

    BalasHapus
  3. Keren ya mb, aku sempet liat dan baca beberapa yang emak2 pada nulis.

    Kalau di bilang emak2 gaul ngak juga ya mb, karna itu sebuah apa ya expresi dari kita yang ingin meluangkan unek2 ngak tau tempatnya dimana...di blog inilah ya mb kita bisa menyenangkan diri kita.

    Mb apa kabar,semoga sehat ya mb. Iya nich lama ngak upate..maklum kadang ada kesempatan tapi dikit.

    BalasHapus
  4. banyak hadiahnya ya...

    BalasHapus
  5. Siiipp...postmu keren Mbakkk...semoga menang yaaa...

    BalasHapus
  6. Foto-fotonya pada cantik...
    terimakasih atas informasinya

    BalasHapus
  7. Mb dtg di acaranya ya? Btw kita saling menyemangati ya mb.. #peluuukk..

    BalasHapus
  8. Selamat sore Mak. Jury visit. Semoga sukses ya :)

    BalasHapus
  9. Ikutsn lomba lagi mbsk? Mdh2n menang ya..

    BalasHapus
  10. ga terlalu panjang, tp lengkap..
    smoga sukses :)

    BalasHapus
  11. wah hebat banget, kasih tau donk bu infonya kalo ada ajang nya lagi

    BalasHapus

Komentarnya dimoderasi dulu ya? Terimakasih sudah mampir dan meninggalkan jejak. (^_^)