Pages

Senin, April 22, 2013

Selamatkan bumi melalui penghijauan

Aku tercenung membaca berita tentang 3 warga Garut yang tewas tertimba longsor. Musibah yang terjadi kemarin itu diakibatkan karena kondisi tanah yang lapuk karena diguyur hujan selama tiga hari berturut-turut. Selain itu, longsor itu juga disebabkan oleh alih fungsi lahan. Lahan di sekitar kejadian telah beralih fungsi menjadi lahan tanaman semusim.

Yang membuatku prihatin adalah musibah di Garut itu bukanlah musibah serupa yang pertama kali terjadi di negara kita tercinta. Sudah sangat sering kita mendengar berita serupa dan dengan sebab yang hampir sama : berkurangnya atau ketiadaan tanaman keras yang dapat menyangga tanah. Mengapa kita ~manusia~ masih saja mengulang kesalahan yang sama? Padahal yang menderita akibat kesalahan itu adalah kita juga.

Bukan berita baru lagi bahwa masih banyak terjadi penebangan liar atau pembakaran hutan. Bayangkan betapa banyaknya kerusakan yang terjadi pada bumi akibat kerusakan hutan itu. Padahal, satu pohon memiliki manfaat yang sangat besar. Hilangnya satu pohon akan sangat merugikan kita sekaligus mengakibatkan kerusakan bagi bumi kita.

Mari kita simak beberapa manfaat dari pepohonan itu :
  1. Akar tanaman akan menahan pengikisan tanah
  2. Mampu mengikat air dan menyediakan suplai air tanah
  3. Penghasil oksigen yang sangat dibutuhkan manusia
  4. Menghilangkan karbondioksida yang tidak dibutuhkan manusia
  5. Memberikan keteduhan, sehingga bisa menghemat pemakaian AC
  6. Pohon juga dapat menurunkan kadar partikel debu
  7. Sebagai tempat berlindung dan memberikan makanan bagi hewan di sekitarnya
  8. Mengurangi efek rumah kaca yang menyebabkan menipiskan lapisan ozon
Setelah mengetahui manfaat dari pepohonan di atas, mari kita lihat apa yang akan terjadi jika pepohonan itu rusak atau bahkan hilang dari muka  bumi, antara lain :
  1. jumlah pasokan oksigen berkurang dan sebaliknya tingkat polusi udara cenderung meningkat
  2. jumlah pasokan air dalam tanah semakin berkurang sehingga mengakibatkan masyarakat kesulitan memperoleh air bersih
  3. hutan yang gundul akan menyebabkan abrasi, longsor hingga banjir bandang
  4. habitat yang rusak akan menyebabkan berkurangnya atau malah punahnya beberapa jenis hewan
  5. panas bumi akan semakin meningkat dan menyebabkan menipisnya lapisan ozon
Kita tentu tak ingin  mewariskan bumi yang rusak kepada anak cucu kita. Itu sebabnya kita perlu menyelamatkan bumi melalui penghijauan. Apabila kita mau menanam pohon, diharapkan aka n mampu mereduksi dampak perubahan iklim, termasuk emisi gas karbon. Sebatang pohon dapat menghasilkan oksigen yang dihirup umat manusia. Oleh sebab itu maka gerakan penghijauan ~penanaman dan pemeliharaan pohon~ perlu terus digelorakan.

Apabila kita mampu melakukan penghijauan secara kontinyu, maka dalam waktu 5 sampai 10 tahun mendatang, anak cucu kita akan menikmati indahnya bumi Indonesia. Masyarakat Indonesia pun akan dapat hidup sejahtera dan jauh dari bencana. Selain bermanfaat  untuk peningkatan kualitas kesehatan dan keindahan, ternyata penghijauan dapat mengurangi risiko terjadinya kebakaran. Akibat tidak adanya media yang dapat menahan panas bumi, maka api dapat menyala sendiri dan menyebabkan kebakaran. Pepohonan adalah media yang dapat menyerap panas yang dikeluarkan bumi.

Kini Pemerintah sudah kian gencar mengkampanyekan gerakan penghijauan atau penanaman pohon. Kita sebagai masyarakat yang peduli akan masa depan anak cucu kita dan juga peduli untuk menyelamatkan bumi ini dapat ikut membantu pemerintah. Kita dapat melakukan penanaman pohon di lingkungan kita. Akan lebih baik jika kita menanam tanaman keras yang mampu mengikat air dan menahan tanah.

Kita tak perlu bingung soal darimana kita mendapatkan bibit yang akan kita tanam. Berkat kecanggihan teknologi, kita akan mendapatkan apa saja lewat internet. Ada banyak toko online yang menjual aneka jenis kebutuhan, termasuk bibit tanaman. Salah satunya adalah : www.mitrabibit.com yaitu web/blog yang menjual bibit berbagai jenis tanaman secara online, melayani pembelian dalam skala besar ataupun kecil, baik itu untuk wilayah Indonesia maupun dikirim ke luar negeri. Karena berani melayani pesanan ke luar negeri, maka bisa dikatakan bahwa CV. Mitra Bibit jual bibit tanaman berkualitas.


CV. Mitra Bibit yang beralamat di Purworejo Jawa Tengah ini menjual bibit tanaman dan juga biji/benih berbagai jenis tanaman. Ada aneka jenis tanaman yang ditawarkan oleh CV. Mitra Bibit, seperti : tanaman kayu, tanaman perindang, tanaman rempah, tanaman buah-buahan dan tanaman lainnya. Namun, diantara sekian banyak tanaman yang ditawarkan, ada beberapa produk yang merupakan unggulan. Produk unggulan dari CV. Mitra Bibit adalah bibit jeruk (bibit nipis, bibit jeruk siam/manis, bibit jeruk purut, bibit jeruk santang.

Dengan kemudahan akses mendapatkan bibit tanaman yang kita inginkan dengan kualitas yang baik, maka tak ada alasan lagi bagi kita untuk menunda upaya penyelamatan bumi melalui penghijaun. Agar tak lagi ada musibah seperti longsor di Garut itu maka jangan kita tunda lagi, marilah kita hijaukan bumi bersama mitrabibit.com.


10 komentar:

  1. jadi inget pelajaran waktu SD dulu ya Mbak...

    banjir terjadi karena?
    karena hutan gundul.
    karena buang sampah sembarangan.

    dulu aku pikir, apa hubungannya hutan sama banjir yaa
    apa hubungannya juga dengan sampah...

    ternyata...
    sekarang udah terbukti semua

    BalasHapus
  2. jangan hanya sebatas menanam bibit saja lalu tinggal, tapi ikuti juga dengan perawatan hingga bibit itu benar-benar bisa tumbuh tanpa sentuhan tangan manusia.

    Terus jangan pula hanya sebatas melakukan penghijauan saat memperingati hari penting saja.

    salam lestari.. Hijaukan Indonesia

    BalasHapus
  3. @Elsa >> dulu waktu kecil kita belum bisa menarik hubungan antara penggundulan hutan+buang sampah sembarangan dengan banjir ya, mbak? :)

    @Lozz Akbar >> bener sekali Kang Lozz. Semoga kesadaran spt itu muncul di hati segenap masyarakat Indonesia.

    BalasHapus
  4. saya juga tersentak di Garut longsor, mbak Ren, meski lokasinya memang agak jauh dari kediamanku. Soal penghijauan ini juga harus terus-menerus digalakkan, tapi kontur tanah yang labil karena pengerukan juga menjadi penyebab terjadinya longsor.
    Semoga ke depan tak ada lagi musibah ya, mbak

    BalasHapus
  5. @Annie >> Teh Annie... kabar yang aku dapatkan memang kontur tanah juga menjadi penyebabnya... andai kita semua mau peduli pada lingkungan kita masing2 ya mbak.

    BalasHapus
  6. Saya sangat setuju jangan sampai tanah tanah u bumi kita ini di biarkan kosong mending kita tanami tanaman biar dunia ini semakin sehat dan bersih .

    BalasHapus
  7. @Obat pusing >> memang lebih baik lahan2 yang kosong ditanami, selain utk menghijaukan lingkungan, juga akan memberikan manfaat ekonomis bagi penduduk sekitar.

    BalasHapus
  8. semoga banyak yg membuat tulisan seperti ini.

    penghijauan penting, untuk suplay oksigen, kebutuhan hidup kita dan makhluk hidup lainnya juga ^^

    semoga menang yaaa

    BalasHapus
  9. sukses ngontesnya Mbaakkkpenyelenggara kontes ini tonggoku Mbak...tar taak bisikin namamu yaa... :)

    BalasHapus
  10. @Arga Litha >> Aamiin... makasih banget ya utk doanya :)

    @Lies Hadie >> wah sptnya tawaran Mbak Lies nih menggiurkan hahaha..

    BalasHapus

Komentarnya dimoderasi dulu ya? Terimakasih sudah mampir dan meninggalkan jejak. (^_^)