Pages

Jumat, April 19, 2013

Rendang, Makanan Indonesia yang Mendunia

Rendang adalah salah satu makanan tradisional dari Minangkabau, Sumatra Barat. Meski rendang merupakan masakan khas masyarakat Minangkabau secara umum, namun ternyata lebih dikenal dengan nama Rendang Padang. Rendang yang memiliki cita rasa sangat kuat ini berbahan dasar daging dan santan kelapa dengan tambahan bumbu rempah-rempah yang sangat kuat. Dalam tradisi Minangkabau, rendang adalah hidangan yang wajib disajikan dalam setiap perhelatan istimewa.

Ternyata, rendang yang bercita rasa pedas ini sangat digemari masyarakat secara luas, jauh melampaui daerah asalnya. Budaya Masyarakat Minang yang suka merantau secara tidak langsung berperan besar dalam "penyebaran" rendang. Melalui Rumah Makan Padang yang mereka dirikan di tempat-tempat perantauan itulah rendang kian dikenal luas. Tak dapat dipungkiri, rendang kian populer karena rumah makan Padang yang menyajikan rendang sebagai salah satu menunya dapat ditemui di berbagai pelosok Nusantara bahkan di berbagai negara.

 gambar dari : http://www.restumande.com/

Ya, rendang memang telah banyak ditemui di berbagai negara. Tak berlebihan jika dikatakan bahwa rendang adalah salah satu makanan Indonesia yang mendunia. Sebagai salah satu bukti bahwa rendang telah "mendunia" adalah dinobatkannya rendang sebagai hidangan peringkat pertama dalam daftar World’s 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) yang digelar oleh CNN International pada Tahun 2011 yang lalu. Diantara demikian banyaknya makanan lezat di dunia, ternyata Rendang Padang berhasil menduduki peringkat pertama mengalahkan hidangan-hidangan lezat dari Jepang, Thailand dan China. Hebat bukan?

Salah satu keunggulan dari rendang adalah sifatnya yang tahan lama. Semakin berkualitas bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatannya, maka rendang itu akan makin tahan lama. Itu sebabnya, rendang seringkali menjadi bekal favorit bagi siapa saja yang hendak bepergian jauh dalam waktu yang relatif lama. Selain itu, rendang juga menjadi salah satu pilihan favorit oleh-oleh khas dari Indonesia.

Aku (dan juga keluargaku) adalah penyuka rendang. Saat kami masuk ke Rumah Makan Padang, rendang selalu jadi salah satu pilihan menu yang tak boleh ditinggalkan. Hanya saja, sampai sekarang aku masih sangat penasaran dengan cita rasa rendang yang "asli". Sejauh ini aku memang belum berkesempatan untuk makan rendang di daerah asalnya. Rendang yang aku nikmati adalah rendang "made in Jawa". Sebagaimana kita tahu, cita rasa makanan biasanya akan berubah jika sudah keluar dari tempat asalnya.

Sepertinya, rasa penasaranku atas cita rasa rendang yang "asli" tak lama lagi akan tertuntaskan. Beberapa hari yang lalu aku mengetahui bahwa ada rendang kemasan produk dari Restu Mande. Pemiliknya adalah putra Minangkabau yang merantau ke Bandung. Usaha awalnya adalah Rumah Makan Padang (sebagaimana usaha putra Minangkabau lainnya). Namun seiring berjalannya waktu, Restu Mande berhasil menangkap peluang untuk memenuhi kerinduan banyak masyarakat ~salah satunya aku~ yang merindukan cita rasa rendang "asli" melalui inovasi : rendang kemasan.

gambar dari : http://www.restumande.com/

Restu Mande adalah perintis rendang (dalam bahasa Minang : Randang) Padang dalam kemasan di Indonesia. Randang Padang Restu Mande versi kemasan yang baru diperkenalkan tahun 2009 lalu rupanya telah mendapat respon positif dari masyarakat berkat cita rasanya yang "asli", higenitasnya karena dikemas dalam dua lapisan, yaitu lapisan alumunium foil dan kemasan plastik transparan serta telah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI.

Kelebihan dari rendang kemasan ini tentu saja menjadikannya bebas bakteri, sehingga daya tahan rendang pun bisa semakin panjang. Selain itu, dengan adanya produk kemasan ini maka akan lebih mudah untuk dikirimkan ke berbagai daerah, tanpa kuatir akan rusak di tengah perjalanan. Berkat kemasan yang bagus, ditambah dengan adanya sertifikat halal dan ijin dari Depkes semakin membuka peluang untuk merambah ke berbagai negara. Semoga saja, melalui Randang Kemasan Restu Mande, rendang kian dikenal dan mendunia.

Ahh.., aku tak sabar untuk segera memesan dan menyicipinya. Bagi yang ingin memesannya bisa ke :

RM. Restu Mande
Jl. Brigjen Katamso No. 64, Bandung
Indonesia
Tel : +62 22 723 7360, +62 22 722 84079
Fax : 022 723 7360
info@restumande.com

34 komentar:

  1. asyiik...
    tiap lebaran ibu saya masakin rendang, memang enak . tapi saya lebih suka dendeng mbk :)

    BalasHapus
  2. Rendang kemasan dgcita rasa aseli cocok utk anak kost dan di bawa mbolang ya mbak. Etapi kapan saya bs mbolang lagi yaaa

    BalasHapus
  3. huaaaaaaa Mbaaakk, jadi lapaaarrr. belum sarapan niihh.. mau rendangnya dooong :D

    BalasHapus
  4. Rendang adalah makanan/masakan wajib di Aceh juga, trutama keluarga Dhe kalau meugang puasa, idul fitri dan idul adha :D
    Enak banget klo dimakan dengan ketupat ketan.. nyummiieee

    BalasHapus
  5. Aaah..enaknya
    Mbak. maaf waktu di Mbak di Semarang
    Aq lagi tepar, vertigo, gak bisa kemana2
    maaf ya :(

    BalasHapus
  6. aku makan rendang di resto padang di jawa... trus makan rendang di resto di Padang... rasanya beda Mbak... beda jauh....

    juga makan rendang rumahan di Padang... lebih aneh lagi..

    jadi aku kebingungan, mana rendang yang sebenar-benarnya yaaa

    BalasHapus
  7. sukses dengan kontesnya mbak Ren. biar bisa memboyong Restu Mande nya

    BalasHapus
  8. kalau makan rendang jengkol wah enak sekali

    BalasHapus
  9. ikutan GA yah bu? gud lak, smoga menaaang...
    etapi rendang dari padang emang bedaaaa rasanya, aku rasa kmren dibawain oleh misua, dikasih makwo (tante).

    BalasHapus
  10. Hehe saya juga seringnya makan rendang made in jawa mbak :) terutama buatan ibu. lebaran makan ketupat rendang buatan ibu itu maknyus deh. Jadi saya memang jarang makan rendang versi asli hihi, karena kalau ke RM Padang malah lebih sering makan ayam bakar versi Padangnya :)

    BalasHapus
  11. wah jadi ngiler sobat ane liat nya, hehe

    BalasHapus
  12. memang rendang tiada duanya. Mama saya paling sukaaaa <3 kalau saya sih apa aja bisa makan :p Hihi tapi rendang itu istimewa sebba adanya sebulan sekali >.< Kalau di rumah saya hanya saat lebaran

    BalasHapus
  13. penasaran deh ama rendang ini.

    BalasHapus
  14. Rendang adalah juga lauk favoritku, Mba. Terutama sih masakan ibuku, yang sudah disesuaikan dengan lidah kami, anak2nya.

    Rendang resto mande, kayaknya sip deh Mba, udah menjangkau dunia luar pula ya? Tapi sayang, belum pernah nyoba, jadi pengen beli dan bikin reviewnya ah.

    Eh iya, sukses untuk ngontesnya ya, mbak. :)

    BalasHapus
  15. @Fian Syauqi >> Kenapa kok lebih suka dendeng? apa karena rasanya manis?

    @Ririe Khayan >> emang karena awet itu jadinya enak jadi bekal kalo mau pergi ya mbak

    @diah >> mau rendang? silahkan pesan aja ke Restu Mande. Aku gak bisa buatnya soalnya :p

    @Esti Sulistyawan >> sekarang sudah sehat kan mbak? semoga lain kali bisa ketemu ya?

    @Elsa >> oh gitu ya.. rasanya beda2? Spt rasa soto ya? tiap daerah rasanya beda2 juga..

    @Lozz Akbar >> Aamiin... makasih doanya Kang

    @Eka Soepadmo >> tapi aku gak suka jengkol, Pak

    @Ranny >> aamiin... makasih doanya Ran. Jadi pengen nyicipin rasa rendang buatan Makwo tuh

    @Heni Puspita >> Ibuku kalau buat rendang rasa pedasmua hilang deh... benar2 "rendang Jawa" hehehe

    @Adi >> *sodorin tissue buat lap iler* :D

    @Arga Litha >> jadi tradisi lebaran itu nyiapin rendang ya? kalo di tempatku opor ayam :)

    @dey >> sama Mak.. aku juga pengen banget nyobain

    @Alaika Abdullah >> ayo buat reviewnya mbak.. pasti keren kalo mbak Al yang buat :)

    BalasHapus
  16. Kalau aku agak bosen sama rendang.... Lebih suka ayam gulai atau telornya... Hahaha

    BalasHapus
  17. aku suka rendang juga..sering masak rendang karena suamiku juga suka..tp masaknya pake bumbu instan jd cepet masaknya mb..hihi

    BalasHapus
  18. klo rendang ayam suka berhasil masaknya mbak, kalo rendang daging suka gagal huaaaaaa

    BalasHapus
  19. Rendang memang makanan yang enak. Tapi kadang2 rasanya kalau sudah diluar sumbar, kayanya agak berbeda ya. Nggak original. Namun, setelah mengetahui adanya rendang dalam bentuk packingan, sepertinya boleh dicoba. Siapa tahu cocok dilidah saya ya bu :)

    BalasHapus
  20. @Nuel >> ayam gulai? Kalau aku pilih rendang aja deh... mantap rasanya ! hehehe

    @Enny Mamito >> oya ada bumbu instan ya mbak... kok aku gak kepikiran. Oke deh, kapan2 aku coba juga ah buat rendang sendiri pake bumbu instan :D

    @wina azam >> lo, emang apa bedanya rendang ayam dan rendang daging mbak?

    @Coretan hidup >> aku juga pengen banget nyobain randang padang kemasan dari restu mande :)

    BalasHapus
  21. wah rendang masakan favorit saya dan istri juga tuh mba.. iya ya selama ini saya nyicipin rendang rasa jawa terus belom nyicipin yang asli padangnya xixi.. pas dulu qurban tuh banyak daging jadi dibikin rendang deh :)

    BalasHapus
  22. wah .. dah lama mbak aku nggak makan rendang :)

    BalasHapus
  23. buat sy yang ciptain Rendang itu jenius. Enak banget :)

    BalasHapus
  24. @Papapz >> nah sama dong berarti, aku juga makan rendang rasa jawa... :D

    @duniaely >> gak pengen makan rendang lagi mbak? hehehe

    @Keke Naima >> Nenek moyang kita penciptanya mbak... hihihih

    BalasHapus
  25. Sukaak Rendang...!
    Rupanya blog mbak Reni banyak ya :)

    BalasHapus
  26. gara-gara liat postingan yang ini kemarin aku beli rendang padang sepotong di restaurant padang dekat kantor. tapi kurang enak. hehehehehe... ga ada yang ngalahin RM. Padang sederhana.

    BalasHapus
  27. Salah satu kebanggaan Indonesia ya mbak.

    BalasHapus
  28. @Niken Kusumowardhani >> Aduh mbak.. blogku cuma 2 itu aja sering terlantar karena aku gak pinter merawatnya hehehe

    @Rika Willy >> Hahaha... ceritanya gara2 habis baca ttg rendang jadi pengen banget makan rendang ya mbak? :D

    BalasHapus
  29. ina suka rendang dan masakan padang. favorit tuh pas jaman kuliahan dulu ^^

    BalasHapus
  30. Ikutan kontesnya BAng aswi ya..
    sukses ya Mba, moga menang :D

    BalasHapus
  31. @Susi Susindra >> Bener banget... selain rendang ada juga nasi goreng mbak :)

    @21inchs >> aku juga sukaaa.. :)

    @Ina Rakhmawati >> sekarang masih suka gak?

    @social bookmarking indonesia >> Aamiin... makasih banget doanya.

    BalasHapus
  32. suka sekali dengan rendang :) sangat khas Indonesia! Ngileeerrr...

    BalasHapus
  33. berarti sebagai orang indonesia aq kurang nasionalis soalnya aq kurang suka rendang..
    :P

    BalasHapus

Komentarnya dimoderasi dulu ya? Terimakasih sudah mampir dan meninggalkan jejak. (^_^)