Pages

Jumat, Januari 22, 2016

Kenangan Manis Permainan Masa Kecil

Bicara tentang permainan masa kecil, aku merasa bersyukur karena telah terlahir lebih dari 40 tahun yang lalu (sembunyiin KTP hahaha). Kalau melihat 40 tahun yang lalu, kita biasanya menyebutnya “jadul” atau malah “sangat jadul”. Eits, meskipun jadul tapi ada banyak “keuntungan” yang aku dapatkan karena menjadi bagian dari generasi jadul itu lho.

Salah satu “keuntungan” yang aku dapatkan menjadi bagian dari generasi jadul adalah kemajuan teknologi yang belum semaju sekarang. Saat aku kecil, televisi masih hitam putih, itupun tak semua rumah memilikinya. Komputer, gadget apalagi… belum dikenal saat itu!

Hiburan bagi para orang tua biasanya didapatkan dari radio. Sementara anak-anak mencari hiburan melalui berbagai permainan. Ada banyak permainan yang bisa dimainkan anak-anak pada waktu aku kecil dulu. Namun untuk permainan-permainan yang membutuhkan ketangkasan (gobag sodor, petak umpet, betengan dan sebagainya) aku tak terlalu antusias. Maklum saja,waktu kecil dulu aku imut dalam arti, kurus dan kecil. Tak heranlah jika dalam permainan yang membutuhkan ketangkasan aku sering kalah, hahaha.

Itu makanya aku lebih senang permainan perempuan, seperti main boneka atau masak-masakan. Jika disuruh memilih aku lebih suka main boneka daripada masak-masakan. Kenapa? Karena untuk bisa bermain masak-masakan aku hanya butuh memetik semua jenis daun dan bunga yang ada di halaman rumah. Aku tak butuh aneka peralatan masak-masakan seperti yang ada sekarang, karena memang pada saat itu aku belum punya permainan seperti itu (entah permainan seperti itu sudah ada apa belum pada jamanku. Aku lupa).

Aku lebih suka main boneka, karena walaupun bentuknya ‘sederhana’ tapi tetap terasa cantik bagiku. Boneka plastik yang diberi pakaian seadanya itu bagiku sudah sangat luar biasa. Saat bermain boneka aku suka memerankan diriku sebagai ibu bagi bayi (bonekaku) hehehe. Dulu aku tak menyadari bahwa permainan seperti itu telah membuatku belajar berlagak menjadi ibu, meniru apa yang dilakukan Ibuku padaku. Bermain peran kalau istilah sekarang sih.

Jaman dulu foto masih merupakan barang mewah. Tak seperti sekarang, semua momen dalam hidup bisa diabadikan lewat foto ataupun video. Jadi tak mengherankan jika aku tak punya bukti foto saat sedang asyik dengan aneka permainan yang nge-hits pada jamanku dulu. Namun, aku punya lho foto saat sedang bermain boneka! #bangga! Bahkan saking sayangnya dengan boneka yang aku miliki, boneka itu aku bawa serta saat aku ikut pawai Kartinian lho waktu aku TK dulu.

Penasaran gak dengan foto jadulku dengan boneka kesayanganku itu? Tapi janji yaaa…, jangan diketawain. Fokus pada barang-barang yang sedang aku pegang aja: boneka dan payungnya. Jangan lihat yang lain-lain hahaha….




Oya selain main boneka aku punya satu permainan lain yang menjadi favoritku. Permainan ini selalu aku mainkan saat ada pemadaman listrik di malam hari! Bahkan dulu aku selalu menyambut gembira saat malam jadi gelap gulita karena lampu mati. Jadi, dulu saat lampu mati aku tak pernah galau karena aku bisa puas memainkan mainan favoritku. Coba tebak apa mainanku itu? Yups betullll…. Permainanku itu adalah membuat bayangan binatang di dinding dengan menggunakan jari-jari tangan. Modalnya hanya lilin dan jari-jari tangan aja.

Aku, adikku dan Ibuku akan asyik membentuk bayangan di dinding menjadi aneka bayangan binatang. Kemudian kami akan “bercakap-cakap” dengan menggunakan bahasa binatang. Aku akan keasyikan mencoba membentuk aneka bayangan binatang di dinding. Akan semakin seru saat kami mencoba membuat bentuk bayangan binatang yang belum pernah kami buat sebelumnya. Seru banget pokoknya.


Credit : https://syachrul45.wordpress.com/

Hayoooo… siapa yang pernah memainkan permainan-permaianan yang sama denganku? Asyik kan ya? Gak kalah asyik jika dibandingkan dengan permainan anak-anak jaman milenium ini. Malah menurutku, permainan jadulku lebih asyik tuh. #gagalmoveon. Walau permainan jadul sangat sederhana dan murah, tapi tak membuat kebahagiaan kami jadi berkurang.

Itu tadi cerita permainan kenangan masa kecil favoritku. Apa cerita permainan kenangan masa kecilmu Sobat?


"Tulisan ini diikutkan dalam Giveaway Permainan Masa Kecil yang diselenggarakan oleh Mama Calvin dan Bunda Salfa"



31 komentar:

  1. Kami dulu juga main bayangan tangan kalau mati lampu. Seru sekali!

    Sukses untuk GAnya ya mb... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mainan bayangan... gak pake alat macam2, cuma pake jari2 tangan aja tapi seru banget ya? :D

      Hapus
  2. aku cuma bisa membentuk bayangan kuda dan ular :) makasih yaudah ikutan Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku juga dek Lia... tapi ditambah dengan anjing. Yang lain2 emang susah hehehe

      Hapus
  3. Aku juga termasuk generasi jadul lho Mba.. Malah lebih jadul aku lho dari Mba Reny, haha.. Memang dulu itu kita jauh banget ya Mba dari yang namnay gadget.. Kita dulu kan mainannya bikin sendiri, khasnya anak kampung, tapi rasanya gembira banget mainnya.. Dulu bahkan kita bisa menciptakan sendiri berbagai kreasi mainan, misal mobilan dari kotak korek api, dll..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, emang aku masih kalah jadul dibandingin mbak Rita hahaha.
      Bener mbak, tanpa gadget kita dulu malah jauh lebih kreatif dibandingin anak2 sekarang hehehe. Itu ilmu kepepet namanya, mbak :D

      Hapus
  4. main boneka digendong pake kain terus pake payung, saya pernah melakukannya. Rasanya permainan saya dulu banyak banget, mungkin kerjaan saya dulu maiiin melulu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita dulu emang main aja kerjaannya. Kalau anak sekarang sih mungkin sudah sibuk dengan nonton TV ya? Atau main game di komputer/HP. Ayooo... seruan yang mana coba? Hehehe

      Hapus
  5. ahaaa, mbak reni imut2 ya :)

    si alfi juga suka mainan bayangan itu Mbak. tapi ndak perlu nunggu mati lampu dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha wajah jadulku lucu ya? :D

      Hapus
  6. Jadi inget dulu suka main masak-masakan sama temen2, buat kue lewat batu bata sebagai cetakan dan tepung kanji campur air dan sumbo untuk dibuat adonannya. Permainan yang hanya bisa dilakukan saat musim kemarau. Hahaha...

    Ah jadi nostalgia nih hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu permainan mengenal musim ya? Kalau sekarang kan permainan yang ada gak mengengal musim... soalnya gak perlu keluar rumah utk bermain hehehe

      Hapus
  7. permainan masa kecil, kalau aku lebih suka petak umpet mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku gak terlalu suka petak umpet Pak... gak suka kalo tempat ngumpetku ketahuan soalnya hehehe

      Hapus
  8. Dulu aku kalo punya boneka, pasti rambutnya digundulin, tangan gantel banget sama gunting hiyihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oya ampuuunn... kasihan banget nasib bonekamu, Pung.

      Hapus
  9. Masa kecilku sebagian di Madiun mbak, sangat mengesankan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita sama2 menghabiskan masa kecil di Madiun ya Mbak Lusi :D

      Hapus
  10. Wah kayaknya boneka seperti itu memang lagi populer dijamannya ya Bunda..aku dulu juga terkenang boneka imut yang ngeluarin bunyi "Mama..oek-oek...Mama oek-oek " *tiruan suara bayi menangis :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah belum pernah tahu ada boneka yang bisa bunyi seperti itu dek Tanty... jamanku bener2 jadul kayaknya hahaha

      Hapus
  11. Permainan boneka sambil bermain peran ya, jadi ibu... Jadi dokternya.... Sukses di GA ini ya Jeng Reni.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa bermain peran mbak Prih dan ternyata aku suka sekali :D

      Hapus
  12. Dulu gw di gresik juga main nya petak umpet, gobak sodor ama kasti

    BalasHapus
  13. aku juga suka main ini, tapi ngga bisa buat macem-macem hehehe

    BalasHapus
  14. bener sekali,,waktu dulu pas mati lampu bukan nya takut tapi seru buat bermain bayang hehe..seru sekali..sekarang apa bisa main seperti itu lagi?

    BalasHapus
  15. jaman aku kecil era generasi 90-an
    (ketauan umur udah 25 an hehe)
    masih ada permainan sederhana n tradisional
    hmmm kangen mbaa ma mainan2 jaman itu
    ga kayak mainan anak kecil jaman sekarang yg lengket ama gadget :-(

    BalasHapus
  16. kalau di kampungku ada namamnya pecle, tau ga pecle ? permainan anak-anak dengan berdiri dengan kaki sendiri....

    BalasHapus
  17. permainan zaman dulu memang sangat mengasikan , karena selalu ada kebersamaannya ..

    BalasHapus
  18. Juah dari gadget... what an amazing childhood ^^

    BalasHapus
  19. masa kecil yang indah , sangat disayangkan kini tinggal kenangan, tapi akan tetap terasa indah walaupun kita sekarang tidak muda lagi, salam manis dari para orang tua nanti juga kamu akan seperti kita yang tua , itulah perjalanan hidup datang dan berganti he he

    BalasHapus
  20. masa kecil saya sangat keras, jadi tidak pernah ada yang manis-manisnya, beruntung bagi orang yang merasakan masa kecil berbahagia.

    BalasHapus

Komentarnya dimoderasi dulu ya? Terimakasih sudah mampir dan meninggalkan jejak. (^_^)