Pages

Selasa, Desember 22, 2009

Mengenang persahabatan

Ini cerita tentang persahabatan yang dijalin oleh salah seorang temanku. Dia mengenal sahabatnya baru sekitar 11 tahun yang lalu, saat mereka berdua sama-sama diangkat sebagai CPNS. Walaupun baru kenal, dan ternyata ditempatkan di 2 satuan kerja yang berbeda, persahabatan mereka ternyata dapat terjalin makin kuat dari hari ke hari.

Mereka berdua memiliki banyak perbedaan, namun ternyata persahabatan dapat mereka jalin dengan indahnya. Berbagi suka duka bersama membuat ikatan menjadi lebih kuat. Hingga suatu kali, temanku mendapatkan berita bahwa sahabatnya menderita penyakit yang mematikan... kanker payudara.

Tentu saja berita itu sangat mengejutkan, apalagi mereka berdua seusia dan masih sama-sama muda. Usia mereka belum lebih dari 35 tahun saat ini. Temanku ini sangat mendukung usaha yang dilakukan sahabatnya untuk berjuang melawan penyakitnya. Kemoterapi yang menyakitkan itu dijalani terus menerus... dengan harapan dapat kembali sembuh seperti sedia kala.

Hingga akhirnya, 5 hari yang lalu temanku mengirimkan SMS padaku di malam hari, mengabarkan bahwa sahabatnya dalam kondisi kritis di RS. Selama sahabatnya dirawat di RS, temanku selalu berusaha meluangkan waktu untuk membezuknya. Tiga hari kemudian (tepatnya hari Minggu), pagi-pagi sekali, temanku dengan tersedu mengabarkan bahwa sahabatnya telah berpulang.... terkalahkan oleh penyakit kanker yang dideritanya.

Rupanya kehilangan yang sedemikian besar dialami oleh temanku itu. Baru saja aku membaca statusnya di Facebook yang berbunyi : "merindukanmu".... Ya Allah, aku terharu sekali membacanya... Sebuah kerinduan yang tulus dari sahabat atas kepergiannya yang begitu tiba-tiba.

Kemudian hal yang membuatku semakin terasa sesak di dada adalah... temanku ini memasang foto profil sahabatnya (yang sedang memeluk anak perempuannya) di Wall Facebook-nya. Ditambah dengan komentarnya : "miss you...." di bawah foto sang sahabat. Kemudian, pada foto anak dari sahabatnya itu ditulisnya : "kamu sangat mirip mama sayang.."

Meskipun aku belum pernah merasakan kehilangan sebesar yang dirasakan temanku ini namun aku bisa memahami perasaannya. Aku bisa mengerti sakitnya kehilangan seperti yang dirasakannya saat ini. Kehilangan seseorang yang sangat dekat di hati memang menyakitkan... Apalagi mengingat usia sahabatnya masih sangat muda dan meninggalkan seorang anak cantik yang baru berusia 4 tahun....

Semua orang akan 'pergi' suatu saat nanti, hanya saja kepergian yang terjadi di saat usia masih sangat muda... selalu saja menyesakkan dada ketika terdengar orang-orang akan berbisik : "dia masih sangat muda....."

Tulisan ini aku dedikasikan kepada NUKE dan EVA... Persahabatan kalian memberikan banyak pelajaran bagiku.



******

Untuk mengenang persahabatan yang indah itu, kali ini aku akan membingkai wujud dari persahabatan dari sahabat-sahabat dunia mayaku, mbak Elly dan mbak Annie yang telah menghadiahkan award cantik untukku.


Award dari Mbak Elly dan Mbak Annie


Award dari Mbak Annie

Terima kasih mbak Elly dan mbak Annie atas persahabatan selama ini... Terima kasih juga untuk award yang dibagikan kepadaku. Semoga persahabatan ini, meskipun berawal dari dunia maya... dapat terjalin dengan indah dari hari ke hari. Amin...

Dan selanjutnya, award ini ingin aku bagikan kepada mbak Anazkia, mbak Anna, mbak Sinta, mbak Narti dan
mbak Nura. Semoga awardnya diterima dengan senang hati ya.... Salam persahabatan...



21 komentar:

  1. Satu lagi cerita indah betapa persahabatan memang adalah sebuah ikatan unik dan menyenangkan di sunia ini. Selamat atas award-awardnya yang cantik, mbak.

    BalasHapus
  2. salam sobat
    selamat atas AWARDnya mba ,,
    semoga makin sukses.
    trims saya diberi AWARD ini juga.

    BalasHapus
  3. selamat yaa atas award award nya

    BalasHapus
  4. makasih ya mbak reni, awardnya cantik ^^

    BalasHapus
  5. persahabatan sulit untuk dilupakan,selamat atas awardnya

    BalasHapus
  6. Hati saya gerimis membaca kisah rindu sahabat mbak yang dicurahkan di FB... Sungguh sebuah kebersamaan yang menginspirasi saya akan sebuah makna persahabatan yang (sesungguhnya) tak terwakili oleh kata-kata.

    Dan terima kasih ya awardnya sudah terpasang disini.

    BalasHapus
  7. Sesuatu yg sulit didapat saat ini: persahabatan yg sejati, yg setia sampai mati! Selamat ya mbak atas awardnya

    BalasHapus
  8. sungguh cerita tentang persahabatan yg indah dan sedih ya mba,..hikss...kok aku jadi merinding dan terharu gini ya hikksss.....

    selamat buat awardnya mba

    BalasHapus
  9. Aku juga kangennnn banget.
    Jadi sedih nih,....
    Lagi kehilangan sahabat.
    Ia ada, dekat.
    Tapi jauh karena beda pendirian.

    BalasHapus
  10. Sangat menyenangkan memang dapat menyapa kembali seorang sahabat..

    Selamat ya mba atas awradnya...

    BalasHapus
  11. sahabat ia ada saat dunia menjauh karena sahabat seperti tangan dengan mata, saat tangan terluka, mata menangis, saat mata menangis tangan menghapusnya, begitulah persahabatan, sahabat yang sejati

    BalasHapus
  12. sayangnya sekarrang ini persahabatan seperti itu telah banyak memudar....

    BalasHapus
  13. Persahabat memang indah untuk dikenang. Persahabatan akan semakin lengkap jika saling mendukung dan menguatkan. Award dari mba Zahra itu jadi semakin indah di blog the Others mbak Reni. Terimakasih mbak.

    BalasHapus
  14. Selamat pagi salam kangen.

    Sahabat .... kita memang sangat memerlukannya.

    Selamat hari ibu meskipun terlambat.

    BalasHapus
  15. berkunjung bagikan award jika berkenan disini

    BalasHapus
  16. indah banget mbak
    sahabat emank sipp kok, susah ngelupain mereka
    hehehe

    BalasHapus
  17. seLamat ya mbak atas award'y..,

    BalasHapus
  18. friendship is natural and universal
    we need.............
    tx mom

    BalasHapus
  19. selamat AWARDnya Mbak...

    maen2 keblog saya yah...

    persahabatan memang indah yah, hehe

    BalasHapus

Komentarnya dimoderasi dulu ya? Terimakasih sudah mampir dan meninggalkan jejak. (^_^)