Pages

Sabtu, Juni 22, 2013

Informasi dalam Liputan 6

Perkembangan teknologi dewasa ini memudahkan manusia untuk memperoleh berita. Kini, berita dapat dengan sangat mudah diakses oleh masyarakat luas. Berita tak lagi melulu didapatkan melalui radio, televisi ataupun media cetak. Kini, masyarakat yang sedang beraktivitas di luar ruangan pun masih dapat mengakses berita melalui internet.

Internet yang kini telah menjangkau ke berbagai pelosok tanah air ini merupakan sarana yang tepat untuk penyebaran berita secara cepat. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang kian tinggi untuk selalu mendapatkan berita terbaru, maka telah hadir Liputan6.com. Situs Liputan6.com ini menyajikan beragam berita terkini liputan6.com, dari dalam negeri dan juga dari luar negeri.


Bila kita buka situs berita tersebut, maka kita akan dihadapkan pada berbagai sajian berita yang meliputi : Home, News, Bisnis, Bola, Showbiz, Tekno, Health, Foto, Video, Streaming, Deal dan Index. Dalam masing-masing sajian berita tersebut, selalu ada kolom Editor's Choise dan kolom Berita Utama yang berisi Berita Terkini, Berita Terpopuler, serta berita terhangat seputar sajian berita tersebut.


berita utama pada masing-masing sajian yang memuat berita terkini, berita terpopuler dan berita hangat seputar sajian masing-masin

Mari kita lihat masing-masing sajian tersebut untuk kondisi hari ini, Minggu 22 Juni 2013 dimana kolom berita utama akan disesuaikan dengan kondisi pada hari ini.

Home menyajikan beragam berita hari ini, yang meliputi cuplikan beragam sajian berita di atas.

News terdiri dari kolom Berita Utama (Berita terkini, Berita Terpopuler, Ultah Jakarta dan BBM Naik), Editor's Choise, Politik, Peristiwa, International dan Citizen 6. Hadirnya Citizen 6 untuk memberikan wadah bagi jurnalis warga yang ingin mengirimkan beritanya.

Bisnis menyajikan berita yang terbagi dalam kolom Berita Utama (Berita terkini, Berita Terpopuler dan BBM Naik), Editor's Choise, Ekonomi, Bank, Energi & Tambang, serta Saham.

Bola menyajikan berita yang terbagi dalam kolom kolom Berita Utama (Berita terkini, Berita Terpopuler dan Liputan Champions), Editor's Choise, Klasemen, Wawancara, Corner, Bintang, Gallery, Prediksi dan di bawah ada berita dari berbagai liga : Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, Liga Jerman, Liga Eropa, Liga Nasional, Liga Belanda dan Liga Perancis.

Showbiz menyajikan berita yang terbagi dalam kolom kolom Berita Utama (Berita terkini, Berita Terpopuler dan Intim), Editor's Choise, Musik, Celeb, Movie, K-Pop dan Gallery.

Tekno menyajikan berita yang terbagi dalam kolom Berita Utama (Berita terkini dan Berita Terpopuler), Editor's Choise, Gadget, Internet, Game dan Telko.

Health menyajikan berita yang terbagi dalam kolom  Berita Utama (Berita terkini ,Berita Terpopuler dan Puasa Sehat), Editor's Choise, Seks, Info, Fit dan Diet.

Foto menyajikan berita dalam bentuk foto yang terbagi dalam kolom Berita Utama (Terkini dan Terpopuler) Editor's Choise dan Gallery Lainnya.

Video berisi semua rekaman berita masing-masing sajian berita. Untuk memudahkannya, pada sidebar kiri telah disediakan aneka jenis sajian dan juga program beritanya : Liputan 6 pagi, Liputan 6 siang, Liputan 6 petang, Liputan 6 malam, Potret Menembus Batas, Sigi Investigasi dan Champions 2012-2013. Memang sepakbola selalu menarik untuk diikuti, sehingga tidak mengherankan apabila disediakan tempat khusus untuk video sepakbola ini.

Bila kita klik Streaming maka kita akan diberikan 3 pilihan live streaming TV online yaitu : SCTV, Indosiar dan OChannel.

Sedangkan sajian Deal menyajikan informasi belanja murah dengan kupon diskon lakupon.com.

Jika kita ingin mencari berita hari ini atau berita-berita pada tanggal tertentu, kita bisa mencarinya dalam index.

Liputan 6.com menurutku....

Halaman home terkesan penuh sesak dan padat sekali. Mungkin akan lebih bagus jika halaman home ini dibuat lebih 'longgar' dengan mengurangi isi berita pada masing-masing sajian. Jika pembaca ingin tahu berita lebih banyak terkait sajian berita tersebut dapat langsung menuju sajian berita yang diinginkan. Dengan demikian, home akan terlihat lebih longgar dan menarik.

Yang menarik pada showbiz muncul kolom khusus untuk K-Pop, hal ini merupakan 'pengakuan' bahwa peminat K-Pop di tanah air kita sangatlah besar. Namun sayangnya, tidak muncul kolom tentang buku/sastra di sini, padahal yang aku tahu sudah banyak penulis-penulis kita yang telah memiliki nama besar dan menghasilkan karya yang sangat bagus dan diakui oleh dunia internasional.

Menurutku, halaman Deal kurang match dengan sajian-sajian berita yang lainnya karena isinya melulu tentang informasi diskon dari lakupon.com. Selain itu Deal tak mewakili slogan Liputan 6 SCTV sebagai penyaji berita terbaru, aktual, tajam dan terpercaya.

Pada halaman index menurutku ada yang kurang. Mungkin akan lebih membantu pembaca, jika index tersebut tidak hanya mendasarkan pencarian berdasarkan tanggal berita namun juga jenis berita.

Yang menarik dan menjadi catatan penting bagiku adalah dalam Liputan 6 tidak banyak menonjolkan berita-berita kriminalitas. Jikalau memuat berita tersebut, bahasa yang dipakai juga sudah lebih halus dibandingkan dengan situs berita lainnya. Hal ini sangat penting bagiku, karena banyaknya diekspos berita kriminalitas dengan vulgar di berbagai media lain membuatku jadi merasa tak nyaman.

Bila aku mencermati kolom-kolom yang ada pada masing-masing sajian berita di atas, maka aku tak menemukan kolom khusus untuk pendidikan dan daerah-daerah perbatasan. Banyak sekali berita tentang pendidikan yang menarik untuk diberitakan, apalagi hingga saat ini begitu banyak permasalahan pendidikan di negara kita. Selain itu, masih sangat minim berita tentang daerah-daerah perbatasan, padahal begitu banyak hal yang terjadi di sana perlu untuk diinformasikan sehingga mereka dapat segera mengejar ketinggalannya dengan saudara-saudara mereka yang tinggal di daerah lain. Memang, kendala daerah yang sangat sulit dan terpencil yang menyebabkan sulitnya mendapatkan berita dari daerah-daerah itu.

Secara garis besar dapat kukatakan bahwa sebagai situs berita, Liputan6.com telah menyajikan berita-berita baru dengan cepat, aktual, tajam dan terpercaya. Loadingnya yang ringan sangat memudahkan untuk mengakes beritanya. Selain itu, situs ini juga sangat mudah diakses melalui HP. Jadi, dimanapun, kapanpun kita dapat memperoleh informasi dan berita terbaru dari Liputan6.com.

Terlepas dari informasi dalam Liputan6.com ini, aku sangat mengapresiasi dengan digelarnya program Liputan 6 Award. Dalam tahun 2013 ini telah digelar keempat kalinya Liputan 6 Award untuk memberikan penghargaan kepada orang-orang yang telah memberikan inspirasi luar biasa kepada masyarakat Indonesia karena karya dan/atau tindakan mereka. Melalui Liputan 6 Award ini masyarakat dapat melihat bahwa negara kita memiliki orang-orang hebat yang memiliki kepedulian kepada sesama dan lingkungannya, sebagai wujud dari rasa cinta kepada bangsa dan negara ini. Semoga saja program ini dapat terus ada untuk menginspirasi seluruh Rakyat Indonesia dan memberikan penghargaan kepada mereka-mereka yang telah berkarya demi negara dan bangsa ini.


9 komentar:

  1. kl buat sy, malah liputan 6 ini cukup mebingungkan ketika mencari kategori citizen6.

    Semoga menang, ya, Mbak :)

    BalasHapus
  2. semangat yah mbak lombanya.. komplit bgt ulasannya...

    BalasHapus
  3. emnk liputn 6 ih brita bru terus yah

    BalasHapus
  4. wah terlambat saya ikut kontesnya

    BalasHapus
  5. @keke naima >> mencari kategori citizen6? Kan ada di sajian News mbak. BTW makasih doanya.

    @Meutia Halida >> Ini semangatnya menjelang deadline hehehe

    @Opickaza >> kalau gak baru kalah dg situs2 berita lainnya.

    @Agen Bola >> Kontes Humor? Wah.. aku gak ada bakat humor deh kayaknya.

    @Andri >> Wah padahal kontes ini infonya sudah lama lo.. bahkan DL sempat diundur juga.

    BalasHapus
  6. go go go, Mak Reni! semoga sukses selalu... semoga yang ini menang yaa_ ^^

    BalasHapus
  7. iyasih kalau ndak kalah dengan lain lainnya salam dari opickaza

    BalasHapus
  8. Ikuti kontes SEO Rgopoker 2014 dengan total hadiah 32juta rupiah.. untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi www.kontes-seo-rgopoker.com, terima kasih atas partisipasi anda

    BalasHapus

Komentarnya dimoderasi dulu ya? Terimakasih sudah mampir dan meninggalkan jejak. (^_^)