Pages

Senin, Januari 25, 2010

Tag dan award dari sahabat

Dapat tag lagi nih, kali ini dari mbak Fanda dan mbak Irma. Setelah kemarin mbak Sinta memintaku untuk menceritakan tentang buku-buku yang kuingat selama 15 menit, maka kini aku diminta lagi untuk cerita tentang buku. Hanya saja, kali ini aku diminta untuk menceritakan tentang buku-buku yang telah dengan sukses membuatku menangis. Bentar..., berpikir dulu ya ?


Oke.., mari kita mulai. Sebenarnya, aku sudah banyak lupa tentang buku-buku lama yang aku baca bertahun-tahun yang lalu.Yang lebih banyak kuingat adalah buku-buku yang akhir-akhir ini aku baca. Selain itu, sebagian besar buku-buku yang aku nominasikan dalam 15 buku yang menarik itu telah dengan sukses membuatku mencucurkan air mata. Tapi tak apalah, jika kita mulai membicarakannya satu persatu.


1. Laskar Pelangi ~ Andrea Hirata
Aku tak henti menitikkan air mata saat Lintang akhirnya harus melepaskan impiannya untuk dapat terus bersekolah. Ketegaran Lintang menghadapi getirnya hidup justru membuat air mataku tak dapat kubendung lagi.

2. Sang Pemimpi ~ Andrea Hirata
Banyak penggalan peristiwa dalam buku ini yang membuatku menangis :

  • Rekaman adegan saat Arai -sang Simpai Keramat- dijemput oleh Ikal dan ayahnya adalah momen yang paling menyesakkan dada. Betapa anak sekecil itu telah menjalani hidup yang sangat berat dengan ketabahan yang luar biasa.
  • Saat Ayah Ikal menerima raport Ikal yang jelek dan tetap tersenyum tanpa banyak bicara... sungguh aku merasa ikut sedih.
  • Sewaktu Jimbron menyerahkan celengan kudanya kepada Arai dan Ikal, adalah momen paling mengharukan dari kisah persahabatan mereka. Ketulusan itu ada, dan tak butuh banyak kata-kata.

3. Semua novel Torey Hayden

Karena Torey menceritakan pengalaman hidupnya dalam menangani anak-anak yang bermasalah, maka di hampir semua bukunya aku menitikkan air mata. Aku merasa sedih dan trenyuh akan buruknya nasib anak-anak yang 'ditangani' oleh Torey dan betapa mereka ternyata sangup menanggung derita seberat itu.


4. A Child Called It ~ Dave Pelzer

Buruknya perlakuan yang diterima Dave dari ibu kandungnya mau tak mau membuatku menangis. Bahkan, beberapa dari perlakuan itu kuanggap sangat tidak manusiawi... bahkan membuatku mual dan tak akan pernah sanggup membacanya lagi... Namun ternyata seorang Dave mampu melewati semua itu dengan baik dan dia tidak menjadi pribadi yang "bermasalah". Sungguh seorang anak yang sangat kuat mentalnya.

5. The Lost Boy ~ Dave Pelzer
Meskipun Dave telah berhasil keluar dari rumah ibunya, tapi tetap saja dihadapkan pada 'kesulitan' yang tiada akhir. Dave hidup dalam bayang-bayang ketakutan. Yang menyedihkan bagiku adalah saat-saat Dave berharap ayahnya datang untuk menjemputnya, tapi tak juga menjadi nyata.


6. Tumbuh di Tengah Badai ~ Herniwatty Moechiam
Yang membuatku menitikkan air mata disini karena beratnya perjuangan seorang ibu dalam mendidik anaknya yang autis. Perjuangan yang tidak mudah mengingat sang suami tidak memberikan dukungan, bahkan menambah permasalahan. Yang mengharukan juga adalah karena pada akhirnya sang ibu berhasi "menyelamatkan" sang anak Autis dan membimbingnya menuju tangga keberhasilan.

7. Tuhan, Jangan Tinggalkan Aku ~ Enny Arief dan Pipiet Senja
Adegan yang tak dapat membendung air mataku adalah saat Enny dan anaknya mendapatkan perlakuan yang kasar dari Gez. Betapa cinta kasih Enny kepada anaknya sangat besar, sehingga dia mau melakukan apa saja demi kebahagiaan anaknya. Yang paling meyayat hati adalah saat sang anak berkata :
"Iya... aku nggak akan nangis, Mama. Nggak akan jerit-jerit, Mama. Asalkan Mama ke sini lagi, hati-hati, ya Mama..." (halaman 148)


8. Nadya Kisah Dari Negeri yang Menggigil ~ Abdurahman Faiz
Buku yang berisi kumpulan puisi dari seorang anak yang sangat peka terhadap permasalahan sosial di lingkungannya. Beberapa puisinya telah membuatku mengharu biru dan menitikkan air mata, namun yang paling berhasil membuatku menangis adalah puisi yang berjudul : Negeri Yang Menggigil (untuk adinda Khaerunisa)

9. Chicken Soup for The Parent's Soul ~ Jack Canfield dkk
Banyak kisah nyata yang disajikan dalam buku ini telah membuatku terharu dan menitikkan air mata.

10. Perempuan Kedua ~ Labibah Zain
Kumpulan cerpen yang menceritakan berbagai problema perempuan itu benar-benar membuatku sedih. Terutama cerpen yang berjudul Layli, sementara kisah-kisah lainnya meskipun sempat membuatku sedih, nelangsa dan kecewa, tapi tak sampai membuatku mengeluarkan air mata.

Sepertinya sepuluh buku itu saja yang masih kuingat karena kebetulan bukunya juga masih aku simpan di rumahku. Sedangkan yang lain-lain, aku tak begitu jelas mengingatnya apalagi sudah aku simpan rapi di rumah orang tuaku. Yang penting aku berhasil mengerjakannya... lega banget. Apa teman-teman ada yang tertarik juga mengerjakan tag ini ? Kalau mau, aku dengan senang hati mempersilahkan teman-teman untuk mengerjakannya juga. Dengan begitu, aku jadi punya referensi buku yang layak aku baca juga kan ?

Ohya, mbak Fanda selain men-tag aku juga telah berbagi award yang lucu. Lumayan, sebagai pengobat lelah setelah aku ngubek-ngubek rak buku. Inilah award itu... dan bagi teman-teman yang mengerjakan tag tentang buku-buku yang bisa membuat kalian menangis -seperti di atas- maka bolehlah membawa award ini pulang. OK ?


Salam persahabatan dan sampai jumpa lagi...


 

16 komentar:

  1. selamat malam, banyak amat bukunya. selamat atas awardnya

    BalasHapus
  2. Wah dapat tag juga ya mba, buku2nya bagus sekali mbak, oh ya maaf ya mba baru mampir lagi....biasa nih lagi sibuk bisnis kecil2lan...

    BalasHapus
  3. wah,banyak sekali buku2 yg membuat mba reni menangis ya ? hihihi...

    dari semua buku ini aku baca tetralogi laskar pelangi dan chicken soup tapi gak membuat aku menangis jg mba ^^

    OK banget nih koleksi buku nya mba reni,makasih mau mengerjakan tugasnya mba ^^

    BalasHapus
  4. Selamat awardnya, dan jangan menangis lagi! Tersenyumlah!

    BalasHapus
  5. oh ya... mbak apakah memiliki informasi e-book diatas?
    karena buat beli seluruhnya masih kesulitan sich... hanya ada yang laskar pelangi aja di rak koleksi saya.

    BalasHapus
  6. Buku2nya Mbak Reni berkualitas semua Yak... :-)

    BalasHapus
  7. Nah loh ada istilah award dan rak buku....klo boleh tau ini acara apa ya?tadi di blognya bang munir juga gitu.....kasih tau dong.....

    BalasHapus
  8. hmm..yang udah pernah baca cuma yang andrea hirata sama dave pelzer. novel mereka keren-keren. dan selalu sukses bikin aku nangis juga :'(

    BalasHapus
  9. Makasih dah dikerjain mbak. Rupanya si Tiger bisa mengajak senyum setelah berkutat dgn buku2 yg bikin nangis ya? Aku baru dapet tag lagi nih, mbak. Silakan mampir balik ya...

    BalasHapus
  10. wah dapat referensi lumayan banyak (kalau pengen baca sambil nangis) hehehe....

    BalasHapus
  11. wah, rajin sekali mbak ngerjain tagnya

    BalasHapus
  12. Memang buku-buku itu benar2 bagus, sehingga bisa membuat mba Reni menangis...
    Selamat ya mba atas awardnya...

    BalasHapus
  13. hemmm ternyata jadi kutu buku ya.. mbak reni selama ini... boleh-2.. bagus-2. karena dgn membaca buku kita akan bisa terbawah kedunia yang jauh dan akan menjadikan kita membuat kehidupan baru.

    Apa mbak reni pernah menonton filem seorang bayi yang diberi buku-2 oleh baby sisternya yg akhirnya terbawa oleh penjahat hingga sang penjahat tsb diringkus oleh polisi.. ya namanya flm khayal boleh aja.

    Tapi aku ucapkan selamat hingga mendapat buku dan sekaligus award yg bagus.

    Kalau aku seh suka buku music dan puisi. Hingga aku pernah menciptakan beberapa lagu termasuk puisi. Semua itu krn terinspirasi

    Enjoy Aja.

    BalasHapus
  14. wah tag bookaq dulu juga pernah dapat tag book.... 2 bulan aq baru bisa kerjakan Tag itu karena aq bukanlah peminat baca buku, walaupun aq suka koleksi buku

    http://rizky2009.blogspot.com/2009/11/tag-bokk-guru-yang-tercampakkan.html

    BalasHapus
  15. Andre hirata emang top ya. hampir semua blogger milih novelnya.

    BalasHapus

Komentarnya dimoderasi dulu ya? Terimakasih sudah mampir dan meninggalkan jejak. (^_^)