Pages

Kamis, Januari 21, 2010

15 buku diantara tumpukan buku

Sama seperti mbak Fanda, aku dapat tag dari mbak Sinta. Kali ini tag-nya adalah tentang tugas ini tentang 15 buku yang aku ingat dalam waktu 15 menit. Nah, karena waktunya sangat singkat (hanya 15 menit) maka aku harus segera menyelesaikannya nih. Apalagi mbak Fanda, Mbak Elly dan mbak Anazkia (yang ternyata juga nge-tag aku) telah dengan sukses menyelesaikan tag ini lebih dulu dariku.... ^_^

Yang pertama tentu saja aku harus membongkar ingatanku tentang tumpukan buku-buku yang sudah aku baca. Terus terang, aku tak bisa langsung menentukan 1 diantaranya. Jika mau jujur, yang lebih banyak kuingat adalah buku-buku yang baru-baru ini aku baca. Sementara buku-buku yang sudah lama, lebih banyak terlupa. Selain itu, yang serta merta masuk dalam memory-ku adalah buku-buku yang telah aku tulis review-nya diblog ini. Hal ini membuatku bertekad untuk lebih sering lagi me-review buku agar ingatanku terhadap sebuah buku dapat lebih 'awet'.

Dan, setelah berpikir selama kurang dari 15 menit, akhirnya ketemu juga ke-15 buku itu. Dan hasilnya adalah seperti di bawah ini (catatan : nomor tidak menentukan 'peringkat' lho ya...).





1. Three Cups of Tea ~ Greg Mortenson
Buku yang menggambarkan perjuangan sang penulis untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat miskin yang ada di suatu desa yang bernama Korphe, terletak di Pakistan Utara. Apapun dilakukannya untuk dapat melakukan misinya tersebut, meskipun seringkali dihadapkan dengan berbagai macam halangan.


2. Trilogi Lord of The Rings ~ J.R.R. Tolkien
Buku yang sangat dahsyat menurutku, penggambarannya begitu detil yang menceritakan nafsu manusia untuk berkuasa. Meskipun sudah difilmkan dengan sangat bagus, tapi menurutku bukunya jauh lebih bagus.


3. No One's Perfect ~ Hirotada Ototake
Betapa aku sangat kagum dengan Ototake, penulis buku ini, yang meskipun cacat tapi mampu melakukan banyak hal seperti orang normal lainnya. Kepribadian Oto-Chan (begitu dia disapa) yang luar biasa adalah akibat penerimaan dan cinta kasih dari orang tua dan lingkunannya. Mereka semua sungguh hebat.


4. Tetralogi Laskar Pelangi ~ Andrea Hirata
Novel Indonesia yang paling aku suka memang Tetralogi Laskar Pelangi. Aku sangat kagum dengan semangat yang ada dalam buku-buku tersebut. Cinta kasih kepada sesama, penghormatan kepada yang tua, persahabatan yang tulus, keberanian mengejar mimpi adalah nafas dari tetralogi tersebut.


5. Ma Yan ~ Sanie B. Kuncoro
Ma Yan adalah seorang gadis kecil yang luar biasa. Meskipun hidup dalam kemiskinan, di desa yang miskin di Zhangjiashu - China, namun semangatnya untuk menuntut ilmu benar-benar tak luntur sedikitpun. Keteguhan hati seorang gadis kecil yang patut ditiru.


6. Tumbuh di Tengah Badai ~ Herniwatty Moechiam
Semua orang pasti mengharapkan mempunyai anak yang sehat dan normal. Tapi bagaimana jika harapan itu tak menjadi kenyataan? Herniwatty telah menuliskan pengalamannya dalam mendidik dan membesarkan seorang anak yang menderita autis. Perjuangan yang dilaluinya sangat berat, apalagi ditambah dengan masalah yang hampir meruntuhkan rumah tangganya.


7. Tuhan Telah Memutuskan ~ Dr. Free Hearty, M.Hum
Sebuah novel yang bercerita tentang problematika rumah tangga seorang wanita lugu. Didera dengan masalah perkawinan yang luar biasa, hampir saja membuatnya jatuh. Namun berkat dukungan dari sahabatnya, dia mampu ber-metamorfosis dari seorang wanita yang dihinakan menjadi seorang wanita yang mampu memperjuangkan haknya.


8. Escape Over The Himalaya ~ Maria Blumencron
Buku ini mendokumentasikan kisah pengungsian 6 orang anak Tibet yang luar biasa.
Impian orang tua yang menginginkan masa depan yang lebih baik bagi anak-anaknya membuat mereka nekad mengungsikan anak-anaknya yang masih kecil-kecil. Meskipun jika anaknya telah selamat melalui medan yang sangat berat, tak ada jaminan bahwa mereka dapat bertemu kembali dengan anak-anak itu.


9. 5 Cm ~ Donny Dirganthoro
Dengan mengusung tema persahabatan, maka dibandingkan dengan buku-buku yang lain, buku ini lebih "ringan" dalam penyampaian. Dengan bahasa yang kocak dan segar, kita mengikuti kisah persahabatan Arial, Genta, Riana, Zafran dan Ian. Yang menarik adalah dalam buku ini banyak bertebaran potongan-porongan lirik lagu dan adegan-adegan film yang diramu dalam percakapan-percakapan yang segar.


10.Toto Chan ~ Tetsuko Kuroyanagi
Toto Chan adalah seorang anak dengan rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Rasa ingin tahunya yang sangat tinggi itulah yang menyebabkannya dikeluarkan dari sekolahnya yang lama. Beruntung akhirnya orang tua Toto Chan menemukan sebuah sekolah yang siap menerima Toto Chan dengan segala keunikannya. Nama sekolah itu adalah Tomoe Gakuen yang kelasnya terbuat dari bekas gerbong-gerbong kereta api.


11. Sybil ~ Flora Rheta Schreiber
Buku ini adalah hadiah ulang tahun dari suamiku (saat itu belum berstatus suami) pada 13 tahun yang lalu. Buku yang bercerita tentang seorang gadis yang memiliki 16 kepribadian. Sebuah kisah yang sangat mencengangkanku pada saat itu, bahkan untuk menyatukan seluruh kepribadian itu menjadi satu sang terapis membutuhkan waktu lebih dari 10 tahun.


12. Kevin ~ Torey Hayden
Sebenarnya aku menyukai semua karya Torey. Namun untuk kasus Kevin, aku sangat tertarik pada usaha pemerintah USA dalam menangani anak-anaknya yang 'berkebutuhan khusus' seperti Kevin. Begitu banyak program yang dibuat, begitu banyak masyarakat yang dilibatkan, semuanya bertujuan untuk membantu 'kesembuhan' anak-anak itu.


13. A Man Named Dave ~ Dave Pelzer
Sebenarnya ini buku ketiga dari trilogi kisah Dave Pelzer. Sebenarnya aku suka ketiganya (termasuk A child called It dan The Lost Boy). Namun aku lebih menyukai buku ketiga karena di buku ini sudah tak fokus bercerita tentang penyiksaan yang dialami Dave sewaktu kecil. Selain itu, aku suka dengan semangat Dave untuk berdamai dengan masa lalunya, menerimanya tanpa dendam, dan berusaha bangkit tanpa harus terpuruk terlebih dahulu.


14. "The Lady Di" Conspiracy ~ Indra Adil
Buku fiksi ini mencoba menyusun teori tentang konspirasi yang ada di balik kematian Lady Di. Testimoni dari Taufiq Ismail menurutku sangat pas menggambarkan buku ini : "Alur logikanya sangat cerdas dan mampu mengiringi kita untuk mempercayai bahwa skenario pembunuhan Putri Diana takkan berbeda jauh dari cerita semi fiksi yang dikarang oleh Indra Adil."


15. Seribu Masjid Satu Jumlahnya (Tahajud Cinta Seorang Hamba) ~ Emha Ainun Nadjib
Bukunya tipis dan tidak terlalu besar, tapi isinya sangat bagus menurutku. Yang unik dari buku ini adalah menggabungkan antara prosa dan puisi. Aku suka membaca puisi-puisi Emha di buku ini.


Nah.., selesai sudah... Leganya... hehehe. Ohya, dari kelima belas buku itu aku hanya dapat menghadirkan 12. Karena 3 buah buku diantaranya tak ada padaku saat ini :
- Toto Chan : sedang dipinjam teman yang sekarang menetap di Ponorogo
- "The Lady Di" Conspiracy : aku dulu bacanya juga minjam punya teman... :p
- Seribu Masjid Satu Jumlahnya : karena aku menyimpannya di rumah orang tuaku.


Di antara buku-buku yang menarik bagiku di atas, adakah yang sama denganmu sahabat ?


24 komentar:

  1. wao ...... selamat tag bukunya sudah selesai, aku juga dapat tugas yang sama dari anazkia!

    BalasHapus
  2. ada 3 buku lagi yang belum kubaca mba..
    udah sering liat di toko buku, tapi karna masih ragu, ga jadi beli deh..
    makasi mba ulasan bukunya.. :)

    BalasHapus
  3. selamat malam, wah banyak amat bukunya

    BalasHapus
  4. wah,banyak sekali dan bagus2 ternyata buku2 yg sudah dibaca mba reni ya....

    ada jg yg sdh aku baca mba, ^^

    selamat malam mba.....

    BalasHapus
  5. Yg sama hanya Laskar Pelangi ternyata, mbak! Makasih udah dikerjain PR-nya. Barusan nge-tag temen2, eh sekrg aku kena tag lg dari Anazkia. Mbak Reni dpt ga? Kalo ga dapet, siap2 aja yah...hehehe...

    BalasHapus
  6. wah..!! klo dhe disuruh tugas gt. bs pusing. koz ga hobi baca buku, hobinya baca komik. wekekkeek

    BalasHapus
  7. Wah..dari judul2 buku diatas, saya hanya punya Tetralogi Laskar Pelangi & A Man Named Dave. Selamat ya mba..sudah ngetag bukunya....

    BalasHapus
  8. waaahh semuanya saya belum ada yang punya tuh, saya tertarik sama buku yang " seribu masjid satu jumlahnya "
    selamat atas koleksi bukunya, tingkatkan terus untuk gemar membaca.
    sukses selalu n tetap semangat

    BalasHapus
  9. Selamat mbak..tugas tagnya udah selesai...

    BalasHapus
  10. salam sobat
    wah siip banget ya buku2 mba RENI..
    selamat ya mba ,,atas selesainya tugas tag.

    BalasHapus
  11. wooowww bukunya keknya menarik semua neh, yang buwel agak paham cuma laskar pelangi mbak... :-)

    BalasHapus
  12. Duh, Selamat ya dah slese tugasnya.....Sayah nilai sukses...heheheh

    BalasHapus
  13. wah... sama dengan yang lain... aku cuma punya Laskar Pelangi...

    BalasHapus
  14. bacaan mbak ternyata tebel2 semuanya,
    berbobot lagi.....

    BalasHapus
  15. aku pengen andrea hirata, pengen baca semuanya... :((, aku juga jarang baca buku, malu sekali aku :(

    BalasHapus
  16. toto chan, sybil, 5 cm pernah baca semua. emang bagus tuh buku. tapi blum sempet bikin peer ini nih. hehehe....

    BalasHapus
  17. Fiuh... panjang banget mbak dari semua buku yang mbak baca, hanya tetralogi Laskar pelangi saja yang pernah saya baca :(( ngirinya dakuh... :(( Sumprit mbak, sedih banget... :(

    Selamat yah mbak, dah sukses ngerjain tugasnya. Maaf, kalau saya telat datengnya. Soalnya, tadi malem net ngadat sama sekali gak bisa OL. Baru tadi pagi OL, itupun, hanya bisa posting :)

    BalasHapus
  18. jiahahahahahaha....
    15 buku yang ngebuat jariku pegel ngetiknya

    BalasHapus
  19. kalo mo liat kepribadian orang...liatlah apa yang dibacanya

    BalasHapus
  20. hohoho... rajin juga ya trnyata ngerjain tugasnya. PR yg susah kalo buat saya nih.

    BalasHapus
  21. Mamplam Mbak, sukses selalu ya... :-)

    BalasHapus
  22. Ngikutan buwel koment mbak... :-)

    BalasHapus

Komentarnya dimoderasi dulu ya? Terimakasih sudah mampir dan meninggalkan jejak. (^_^)