Pages

Rabu, Oktober 21, 2009

Produktivitas

Beberapa saat yang lalu, aku mendengar arahan dari salah satu pemimpin agar semua karyawan lebih meningkatkan produktivitas kerja. Dalam era globalisasi, katanya produktivitas kerja menjadi salah satu modal kita dalam menghadapi persaingan di era globalisasi saat ini.

Namun apa sebenarnya yang dimaksud dengan produktivitas ? Secara filosofis, Produktivitas adalah sikap mental yang memiliki pandangan bahwa mutu kehidupan hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, dan hari depan harus lebih baik dari hari ini. Atau secara singkat dapat dikatakan bahwa produktivitas adalah sikap mental untuk melakukan perbaikan secara terus menerus.

Sementara itu, menurut Walter Aigner, produktivitas mencakup the will (keinginan) dan effort ( upaya) manusia untuk meningkatkan kualitas kehidupan di segala bidang. Sehingga produktivitas merupakan sebagai salah satu bentuk aktualisasi diri seseorang untuk menunjukkan kemampuan dan prestasinya. Orang yang melakukan produktivitas disebut "orang produktif". Adapun ciri-ciri dari orang produktif adalah :
  1. Berjiwa transparan, karena orang yang produktif berkeinginan maju, terbuka, dan berupaya instropeksi diri.
  2. Memegang amanah, bermakna seseorang bisa dipercaya dan bertanggung jawab. Sebab dirinya selalu berupaya lebih baik dan lebih baik lagi.
  3. Cerdas / kreatif, selalu berupaya untuk bisa beradaptasi dan mempertahankan eksistensi untuk menghadapi perubahan-perubahan.
  4. Berjiwa enterpreunership. Orang yang produktif pada umumnya berjiwa mandiri dan tidak bergantung pada orang lain, rasional, dan inovatif.
  5. Sportif, berani mengoreksi dan dikoreksi oleh orang lain, serta mengakui keberadaan orang lain.
  6. Disiplin. Orang yang produktif senantiasa menghargai waktu dan peraturan.
  7. Kooperatif. Orang yang produktif menyadari bahwa dalam bekerja butuh orang lain dan kerja sama yang baik.
Menjadi orang yang produktif memang tidak mudah. Banyak kendala yang bisa menyebabkan seseorang menjadi tidak produktif, antara lain adalah :
  1. Tidak fokus : sehingga sulit berkonsentrasi karena perhatian dapat dengan mudah teralihkan/terpecah.
  2. Gaya hidup tidak sehat : sehingga kesehatan dan kesegaran fisik kurang terjaga, mudah lelah dan tak bertenaga.
  3. Tidak mencintai apa yang kita kerjakan : mengerjakan sesuatu yang tidak disukai bisa menyebabkan seseorang menjadi merasa terbebani, sehingga tak dapat melakukannya dengan maksimal.
  4. Salah menentukan prioritas : kesalahan membuat seseorang salah dalam mengerjakan hal-hal yang membuatnya menjadi kurang produktif.
  5. Terlalu banyak waktu istirahat : mengakibatkan seseorang cenderung malas untuk kembali melakukan aktivitas dan merasa berat untuk memulai aktif kembali.
Bicara tentang produktivitas, ada seorang bloggerwati yang sangat produktif. Setiap hari selalu saja ada postingan baru dalam blognya, bahkan dulu dalam sehari dia bisa memposting lebih dari satu artikel. Itu belum seberapa, karena semangat menulisnya telah membuatnya mampu mengurus 10 buah blog sekaligus..!! Sebuah prestasi yang benar-benar luar biasa. Dan... kemarin sebuah prestasi lain dicatatkannya, yaitu blognya Sang Cerpenis Bercerita telah menghasilkan 500 postingan pada tanggal 20 Oktober 2009.... Prestasi Mbak Fanny, selaku pemilik blognya benar-benar luar biasa dan tak tertandingi. Dalam rangka memperingati postingannya yang ke-500, mbak Fanny dengan sangat murah hati berbagi kebahagiaan dengan cara membagikan award. Sebagaimana dituliskannya dalam blognya bahwa award itu dibagikan khusus kepada :

"teman-teman blogger yang telah setia berkunjung ke blog ini dan meramaikannya dengan komentar kalian yang lucu, nyelekit, manis, indah dan menyentuh".



Ternyata..., namaku masuk diantara deretan nama-nama yang berhak menerima award itu. Duh senengnya.... Terima kasih banyak mbak Fanny. Award strawberry (seperti biasa..hehe) benar-benar cantik banget. Tapi, permintaan mbak Fanny agar award itu diteruskan lagi kepada siapa saja yang telah mempunyai 500 postingan di blognya rasanya sulit aku penuhi. Soalnya, aku belum mengenal blogger lain yang menyaingi prestasi mbak Fanny ini hehehe... Jadi, untuk saat ini award khusus dari Mbak Fanny aku simpan saja sendiri. Sekali lagi terima kasih dan... selamat karena telah mencapai postingan ke-500 (kapan aku nyusul ya..?). Semoga tetap semangat menulis dan berbagi dengan sahabat-sahabat blogger lainnya...



22 komentar:

  1. bicara mengenai produktivitas rasanya mbak Reni bagiku adalah seorang blogger yang cukup produktif... nggak usah ditunjukkin buktinya karena bukti itu jelas terpampang di depan mata... di tengah kesibukan sebagai ibu rumah tangga, mengurus suami dan anak, juga pegawai kantor, mbak masih bisa 'ngurusi' blog... bener-bener salut dan bangga punya sahabat seperti mbak...

    BalasHapus
  2. wow! produktivitas? kayaknya harus lebih banyak belajar deh, mengingat hari2ku masih lempeng2 sajo

    BalasHapus
  3. setuju sama komennya mas cahyadi....*melu2 ae*..

    menjalani 2 profesi sekaligus, eh 3 ya...satunya sbg blogger kan..hehehe..
    selamat awardnya ya mbak...

    *Maaf mbk, td mampir di blog, ternyata postingya berantakan ya...tulisannya gak tayang di bolg, ga tau kenapa nih mba...*binun*

    BalasHapus
  4. produktifitas sangat erat kaitanya masalah berapa input dan berapa output, semakin banyak ouputnya maka produktifias semakin bagus..

    input sebenarnya sama, namun dengan bahasa berbeda, misalnya, meminimalisir input untuk mendapatkan output yang sama...

    BalasHapus
  5. produktivitas sangat berkaitan erat dengan kemampuan seseorang

    BalasHapus
  6. Setujuu banget apa kata mas Cahyadi, mbak reni sangat produktif, pantas pula Fanny memilih mbak. Saya belum bisa begitu mbak. Selamat ya atas awardnya.

    BalasHapus
  7. Mbak yuk pun sangat produktif sekali disela2 waktu yang sangat padat dan menyita ,masih sempat posting..
    * Selamat atas awardnya ya mba...

    BalasHapus
  8. kalau saya bilang sih, produktivitas sangat erat kaitannya dengan kemauan untuk produktif... heheee...

    BalasHapus
  9. kamu juga produktif Ren. aku aja sempet keteteran nih ngikutin tulisanmu.byk yg belum dikoment. mesti obok2 dulu nih postinganmu yg lama. btw, tks ya dah dipajang. gak papa kalo belum bisa diberikan kepada teman lainnya.

    BalasHapus
  10. Problem kita sama mba, ngga tau di berikan ke siapa lagi award dari mba Fanny. Soalnya cuma mba Fanny aja yang postingannya sudah 500...apa kita kasi mba Fanny aja lagi..!? kan dia postingannya sudah 500...he..he

    BalasHapus
  11. produktifitas,.... Saya yakin mbak Reni juga akan sampai dipostingan itu. Apa lagi ngurus dua blog sekaligus.
    Selamat atas Awardnya.

    BalasHapus
  12. waa..artikel yg sangat menginspirasi mbak..thanks :D

    BalasHapus
  13. produktifitas, topik yang menarik,isinya posting juga bagus, semoga bermanfaat untuksemuanya

    BalasHapus
  14. Wah kali ini keduluan mbak Reni deh posting awardnya, hehehe... Being productive memang susah, tp lebih susah lagi membagi waktu spy produktifitas kita merata di semua bidang (ceilah...kayak pidato aja..)

    BalasHapus
  15. Wah... tulisannya bermanfaat sekali mbak.. terimakasih sudah berbagi.

    BalasHapus
  16. Yang pertama harus Amanah, tanpa amanah, wes tooo gak akan produktif.

    BalasHapus
  17. produktivitas itulah hal yang paling sulit apalagi dalam dunia blogger betul-betul memerlukan curahan pikiran dan tenaga apa bisa yah saya samapi 500 postingan, tetap semangat blogger Indonesia

    BalasHapus
  18. ayo ayo tingkatkan produktivitas! ngeblognya juga ditingkatkan :D asal jangan pas jam ngantor aja. hehehe.

    btw, selamat ya buat awardnya :D

    BalasHapus
  19. Selamat ya mbak

    Memang mbak Fanny produktif banget dalam hal postingnya. Dalam 1 hari bisa sampai 4 posting.

    BalasHapus
  20. Kacau! Kendala produktif #1 dan #2 nampaknya ada padaku, Mbak..

    BalasHapus
  21. keren postingannya mbak...masalah produktivitas memang harus menyangkut ke semua lapisan dan linkungan. Dari rumah hingga produktivitas di sekolah,kampus,kantor hingga para blogger. Klo mbak reny..wah...wah..full of productivity..salut.

    BalasHapus

Komentarnya dimoderasi dulu ya? Terimakasih sudah mampir dan meninggalkan jejak. (^_^)