Pages

Kamis, Januari 30, 2014

Saat Perempuan Memanfaatkan Internet

Perkembangan teknologi informasi telah membuat internet kian dikenal luas oleh masyarakat. Jika dulu pengguna internet lebih banyak lelaki, kini sudah makin banyak perempuan yang juga menggunakan internet. Memang, prosentase pengguna internet masih didominasi kaum lelaki.

Ada banyak penyebab yang membuat jumlah perempuan pengguna internet masih kalah dibandingkan kaum lelaki. Penyebab utama adalah rendahnya tingkat ketrampilan dan tingkat pendidikan mereka karena masih banyak yang menganggap bahwa perempuan tak perlu sekolah sampai tinggi. Selain itu, norma yang berlaku dalam masyarakat menganggap perempuan tak pantas ‘bermain’ komputer. Mereka menuntut perempuan hanya fokus menjalankan tugas utamanya sebagai istri/ibu. Hal itu tentu semakin menyulitkan mereka untuk menggunakan internet.

Hambatan lain yang dihadapi perempuan adalah soal keterbatasan waktu. Perempuan itu multitasking. Sejak pagi sampai menjelang tidur malam banyak sekali yang dilakukannya. Memasak, membersihkan rumah, mencuci baju, mengurus anak dan suami, membantu anak belajar bahkan menjaga kesehatan anggota keluarga juga menjadi tugas perempuan. Bahkan tak sedikit perempuan yang juga bekerja di luar rumah. Semua itu membuat waktu yang tersisa untuk menggunakan internet semakin sedikit.

Perilaku lelaki dalam menggunakan internet ternyata berbeda dengan perempuan. Lelaki lebih tertarik terhadap teknologi internet itu sendiri. Sementara perempuan lebih tertarik pada pemanfaatan internet. Perempuan yang ‘dekat’ dengan internet menyadari bahwa kehadiran internet memberikan banyak manfaat bagi mereka.

Salah satu manfaatnya adalah untuk membantu anak belajar atau mengerjakan tugas-tugas sekolahnya. Berbagai informasi dan pengetahuan yang bisa ditemukan di internet sangat membantu perempuan untuk menjalankan perannya itu.

Untuk urusan masak memasak pun kini perempuan banyak terbantu oleh internet. Ingin memasak tapi tak tahu resepnya? Tinggal cari di internet! Aneka resep masakan bisa ditemukan di sana. Mudah dan cepat.

Saat tak ada tempat untuk bertanya masalah kesehatan ataupun permasalahan perkembangan anak-anak, mereka dapat mencari bantuan informasi melalui internet. Berbagai macam artikel kesehatan dan panduan tumbuh kembang anak yang ada di internet tentu sangat membantu peran perempuan sebagai ibu.

Kini, peran diary bagi perempuan pun sudah tergantikan oleh internet dalam wujud blog. Perempuan suka curhat di blog mereka. Namun, blog juga menjadi tempat untuk menyalurkan hobi menulis mereka. Bahkan, blogger-blogger perempuan itu telah banyak mengukir prestasi dan karya-karya mereka. Kiprah blogger perempuan itu makin berkilau semenjak tergabung dalam Kumpulan Emak Blogger (KEB), yang mewadahi berbagai aktivitas blogger perempuan, baik di dunia maya maupun di dunia nyata.

Untuk pergaulan pun perempuan banyak memanfaatkan internet. Lewat berbagai sosial media yang ada, mereka tetap bisa eksis meski disibukkan dengan berbagai pekerjaan rumah tangga. Bahkan, penggalangan dana untuk bakti sosial pun mereka lakukan lewat media sosial, salah satu contohnya #KEBPeduliBencana.

Lebih jauh, perempuan kini juga memanfaatkan internet untuk mendapatkan penghasilan. Entah itu dari bisnis online mereka, dari tulisan mereka atau dari afiliasi. Bahkan, untuk urusan belanja pun kini mereka banyak memilih berbelanja melalui online shop. Praktis, mudah dan cepat.

Itulah garis besar gambaran perilaku perempuan dalam menggunakan internet saat ini. Mereka telah dengan sangat cerdik menggunakan internet untuk mengembangkan diri, bersosialisasi, membantu tugas mereka yang sangat beragam, relaksasi sekaligus mendapatkan penghasilan. Efisiensi, kepraktisan dan manfaat telah menjadi alasan yang mendorong mereka untuk ‘melibatkan’ diri dengan internet.






100 komentar:

  1. memang banyak manfaatnya buta perempuan ya,
    asalkan kita bisa mengolah internet itu sendiri menjadi aura positif..
    karena internet aku mengenal dirimu juga Mak :D
    jadi kapan kita kopdar haruskah sekaranmg ngojek kesana :v

    sukses yaaa!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagiku.. banyak manfaatnya Mak. Dan aku beruntung karena aku mengenal internet dan bisa mengambil banyak hal utk memperkaya dan mengembangkan diri.

      Mau ngojek kesini? Beneran? Aku tunggu kedatanganmu Mak... dengan sepincuk pecel yang mak nyuusss... :)

      Hapus
  2. sukses untuk kumpulan emak bloggernya buk..

    mampir ke blog saya ya saidiregar.com

    BalasHapus
  3. Kepingin sekali mendapatkan penghasilan dari Internet. ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... aku juga pengen kedepannya nanti aku bisa mendapatkan penghasilan yg lebih dari internet. Kita sama2 mendoakan Mak. :)

      Hapus
  4. Iya, lelaki lebih suka teknologinya. xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti itulah yg aku tahu Mak... kalo perempuan kurang peduli ttg teknologinya... tapi pakainya. Sama spt kendaraan... kalo perempuan yg penting bisa makai, sementara laki-laki pasti akan tertarik utk mempelajari mesinnya :D

      Hapus
  5. Ada videonya juga :-) mantap Mak :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya... sedang belajar buat video nih ceritanya :)

      Hapus
  6. saya sering lho... bertanya pada internet jika ada yg tdk tahu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Mak.... aku juga... hehehe #tos

      Hapus
  7. Setuju Mak, melalui internet kita bisa mengaktualisasikan diri, sosialisasi, relaksasi sekaligus mendapatkan penghasilan. Selama kita pintar memanajemen waktu dan niat :) Sukses Mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama kita bisa memanfaatkan internet dg bijaksana, kita akan dapat banyak hal yg bermanfaat juga darinya :)

      Hapus
  8. Lebih jauh, perempuan kini juga memanfaatkan internet untuk mendapatkan penghasilan.

    ^aahh aku suka bagian ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah... aku juga suka itu Mak... hehehe.

      Hapus
  9. Setuju banget mak. Untuk resep aku juga sering cari di internet. Tapi cuma bisa resep2 MPASI doank. Resep makan dewasa tak sanggup :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin seiring berjalannya waktu, resep yang dicari adalah resep makanan orang dewasa nanti Mak hehehe

      Hapus
  10. Internet membantu utk wanita mengembangkan dirinya....berkat internet wanita bisa menjelajahi dunia hanya dengan jemarinya....
    Mbak smg sukses ya ..^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak...dunia ada di ujung jari berkat internet. Dan selama perempuan bisa memanfaatkan internet dg baik maka dia pasti akan berkembang pula :)

      Hapus
  11. Pengguna internet mungkin memang masih banyak pria. Tapi pengguna situs networking, itu katanya lebih banyak wanita. Benarkah? Hehehehe.... entahlah. Sukses, Mak.^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ternyata perempuan lebih aktif di situs networkin ya Mak... Wah pengetahuan baru nih buatku :)

      Hapus
  12. Wuihsss mak reni emang TOP gudlak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mak Hana juga TOP banget... buktinya sudah 2 kali jadi finalis SB kan?

      Hapus
  13. Efisiensi, kepraktisan dan manfaat telah menjadi alasan yang mendorong mereka untuk ‘melibatkan’ diri dengan internet.
    setujuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip... bener sekali Mak... :)

      Hapus
  14. Perempuan masa kini dan masa depan akrab dengan internet. Orang2 di luar harus tahu kalo KEB bukan grup ngerumpi gak mutu ya Mak ....

    Keren Mak ... sukses ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Mak... setuju banget. Semoga dg postingan serempak ini banyak blogger yang tahu bahwa KEB bener2 komunitas yg oke banget :)

      Hapus
  15. Kereen maak...
    Semoga sukses buat Mak Reni ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Mak... sukses juga utkmu Mak :)

      Hapus
  16. mba reni.. sebenarnya ini ada acara apa? kok semua postingan temen2 serupa... *efek udh lama semedi*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, ini 50 Finalis Srikandi Blogger 2014 diminta untuk menulis dengan tema "perempuan dan internet" yang kudu diposting serempak hari ini. :)

      Hapus
  17. Curcolnya pindah ke blog mbak reni ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak... bener... lebih mengasyikkan karena bisa dipasangin gambar/foto macem2... template bisa diganti2 sesuai mau kita... ada yg komen hehehe

      Hapus
  18. Mak..videonya kreatif banget. Bikin sendiri ya? Keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mak... ini sedang belajar buat video... Ini hasil pertamaku :)

      Hapus
  19. lewat internet,semua bisa dipelajar..dan bisa menghasilkan juga loh hehe...
    sukses ya mbk^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Mak... jika dimanfaatkan dg benar maka internet akan memberikan manfaat yg luar biasa

      Hapus
  20. Aku seneng banget liat videonya yang so gorgeous. Aiiih maak top markotop banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mak... aku sedang belajar membuat video nih.

      Hapus
  21. Setuju banget Mak Reni....aku salah satu yang hobby online shopping..hihi..praktis sich..:)
    Good Luck ya Mak..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga suka belanja online utk beli buku2 baru :)

      Hapus
  22. keren banget videonya.. kreatif pisaaaan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sedang belajar kok Mak... masih belum rapi hehehe

      Hapus
  23. Apalagi ada tab segala, Mau masak browsing dulu :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalo pake tab lebih mudah lagi... bisa dibawa ke dapur utk masak... di bawa taman utk baca2 blog dll... :)
      Kalo lapie kan berat juga tuh nenteng kemana-mana...

      Hapus
  24. datang berkunjung, postingan cihuy internet akan bermanfaat jika kita bisa menggunakannya ke hal yg positif, maju terus ke tahap selanjutnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua tergantung pilihan kita ya Mak... jika kita tak memilih utk memanfaatkan internet secara baik maka kita gak akan dapat apa2 yang bisa memperkaya dan mengembangkan diri kita. :)
      Makasih banyak doanya Mak.

      Hapus
  25. internet emang sangat bermanfaat, tua maupun muda ya mbak :) sukses buat lombanye :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang, internet bermanfaat jika dipergunakan dg benar...
      Makasih doanya ya... :)

      Hapus
  26. kyk aku mak, kalo ada yang ngga tau nanya dulu ke internet, kalo tanyanya ke orang takutnya diledekin krn ga tau hihih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga demen banget cari info di internet... kalau kebanyakan tanya ke orang lain malu juga.... hehehe

      Hapus
  27. bener banget! semua2 cari di internet. hihihi. dari urusan masakan sampe obat2an, semua adaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu sebabnya dg mudahnya internet menjadi sahabat perempuan ya Mak... karena semua yg dicari perempuan ada disana :)

      Hapus
  28. Sukaaa lihat slide kartunnya Mbak.. perempuan dan internet saat ini emang susah utk dipisahkan. Penting bangeeet, semua bisa didapatkan darinya.

    Semangaaaat ya Mbak, moga menang, Aamiin..;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua ada di internet... kita bisa menemukan apa yang kita inginkan disana.
      Makasih utk doa dan supportnya yaa...

      Hapus
  29. betul juga ya mak... suami saya suka gerah kalo saya kelamaan depan komputer... hihihi :D
    eh tapi namanya juga kelamaan itu gak baik ya.... ya ya... saya berusaha mengurangi nih... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang, segala yang kelamaan pasti gak baik... kudu ada batasan2nya. Apalagi kita harus juga ngurus rumah, ngurus suami dan anak juga. Rempong deh pokoknya :D

      Hapus
  30. Sukses buat mbak Reni.... moga sukses ke babak berikutnya ya.... Amin....

    Untuk sekarang, internet hanya untuk ngeblog, cari informasi, ama belanja aja. Moga untuk kedepannya bisa menghasilkan uang juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... semoga impian dan harapan mbak Tarry kelak dapat terwujud ya.
      Sukses utk usahanya Mbak... sun sayang buat Alfi dan terimakasih banyak utk doa dan dukungannya :)

      Hapus
  31. Sebagai salah satu calon Srikandi Blogger selayaknya akrab dan piawai memanfaatkan internet karena seorang blogger tentu banyak berhubungan dengan internet. Tak mungkin seorang yang gagap internet bisa ngeblog,bukan.

    Selain itu blognya juga harus berkualitas baik dalam tampilan, kinerja maupun kontennya. Calon Srikandi Blogger tentulah seorang blogger yang profesional dan bermoral.

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow... komentar Pakde pas banget utk pegangan para Srikandi Blogger nih.
      Makasih banyak pakde utk nasehatnya... semoga para Srikandi Blogger dapat menunjukkan sikap dan perilaku yang sepantasnya ya?

      Hapus
  32. Balasan
    1. Alhamdulillah... MakPan sudah berkunjung. Terimakasih banyak Mak...

      Hapus
  33. "Perempuan itu multitasking. Sejak pagi sampai menjelang tidur malam banyak sekali yang dilakukannya". Saya setuju banget dengan pernyataan Mak Reni Judhanto ini. JIka ada masalah tinggal browsing di internet, langsung deh ketemu pemecahan masalahnya. Keren.... tulisannya. Good Luck !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang gitu kan Mak adanya... banyak bener yg kudu dikerjakan perempuan dari pagi sampe menjelang pagi hehehe

      Hapus
  34. setujuuuu, eksis dan berbagi inspirasi lewat internet namun kudu bijak ya mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah yg harusnya jadi pegangan kaum perempuan kalo mau memanfaatkan internet ya? :)

      Hapus
  35. dari diary berpindah ke blog ya mak

    BalasHapus
  36. hihihiii, betul mak, sekarang diarynya udah blog. Ah, beruntung banget kita hidup di jaman sekarang . :)
    Sukses melaju ke tahap selanjutnya ya, mak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa... kita beruntung karena dimudahkan oleh teknologi ya Mak.
      Untung ada internet yang bisa sangat membantu kita, kaum perempuan hehehe

      Sukses juga untukmu Mak :)

      Hapus
  37. Perempuan perempuan hebat memanfaatkan internet dan buat komunitas yaitu emak emak blogger, kece abis dah. salam hangat dari saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih untuk apresiasinya :)

      Hapus
  38. Salah satu manfaatnya adalah untuk membantu anak belajar atau mengerjakan tugas-tugas sekolahnya ==>> saya banget nih Mbak ...

    Sukses ya, maaf baru berkunjung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk emak2 spt kita... yang mendampingi dan membantu anak2 belajar, keberadaan internet memang sangat membantu ya Mak :)
      Terimakasih Mak Dey sudah mampir...

      Hapus
  39. Mak Reniiiii...auwooooo.....karena internetlah kita jadi solmet ! hehehe

    Hayuk kopdar lagih ! :)

    Sukses ya Mak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo mak Lies.. akhirnya nongol jugaaaa... yuk... yuk... kopdaran lagi. Tapi, kapan?

      Hapus
  40. Iya mak, pelajaran anak nggak bisa, anak sakit, cari resep ... semuanya tinggal lihat di internet.
    Good luck ya mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget Mak Liany... berkat internet kita bisa mendapatkan informasi seperti yang kita harapkan

      Hapus
  41. internet memang utk smua.. hehehe...
    sehat kan mbak Reni..? sukses yaaah.,.. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Internet utk emak2 juga :D
      Kalau saat ini aku sedang flu Mak Thia, doakan aku segera sembuh ya?
      BTW makasih doanya

      Hapus
  42. Sejujurnya internet itu emang paling pas pemanfaatannya oleh para perempuan ya :)
    Sukses untukmu ya mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena perempuan multitasking, jadinya banyak kebutuhan yang harus dicukupi dan untung ada internet yang membantu memudahkan semuanya :)
      Sukses juga utkmu Mak.

      Hapus
  43. Tugas kita mengedukasi perempuan lain untuk melek internet ya, Mak ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini dia tugas yang kayaknya mudah tapi sulit juga prakteknya Mak Evi hehehe

      Hapus
  44. perempuan harus bisa menggunakan internet untuk berkarya dan aktulisasi diri..
    keren mak..sukses ya Srikandi Blogger nya:')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups... emak2 yang cerdik pasti akan memanfaatkan internet untuk memudahkan mereka dalam menjalankan aneka peran/tugas mereka :D
      Sukses juga untukmu Mak.

      Hapus
  45. Kunjungan MakJur.
    Good luck ya, Mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Horeee... MakJur sudah berkunjung.
      Terimakasih banyak MakJur

      Hapus
  46. dan disini mbah gugel memilikiperanan yg sangat penting ya mak reni..hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak gugel itu sahabat emak2 kok hehehe....

      Hapus
  47. Halo Mak, MakJur visit nih. Good luck yaa! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih... MakJur.
      Seneng sudah ditengokin ama MakJur nih :D

      Hapus
  48. Balasan
    1. Terimakasih banyak MakPuh :) Seneng MakPuh mampir kesini.

      Hapus
  49. Kunjungan Makjur yang paling terakhir. Good luck, mak :-*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Horeee... akhirnya MakPon sekaligus MakJur sampe juga disini :)

      Hapus

Komentarnya dimoderasi dulu ya? Terimakasih sudah mampir dan meninggalkan jejak. (^_^)