Pages

Selasa, Juli 09, 2013

Bermula dari Sebuah Blog

Persahabatan bisa terjalin dari mana saja, dari dunia nyata maupun dari dunia maya. Aku dulu tak pernah menyangka bahwa suatu saat kelak aku akan memiliki sahabat dari dunia maya. Berkat kemajuan teknologi dan bermula dari sebuah blog aku bisa juga menjalin persahabatan dengan orang yang bahkan belum pernah aku temui sebelumnya. Ternyata, persahabatan yang terjalin melalui dunia maya pun bisa juga terjalin seindah persahabatan dari dunia nyata.

Bicara soal persahabatan yang bermula dari sebuah blog, mengingatkanku akan sebuah giveaway yang digelar sepasang sahabat : Mbak Lies Hadi dan Mbak Ika Koentjoro. Giveaway itu bertemakan Indahnya Persahabatan Blogger. Saat pertama membaca tentang giveaway itu, aku berniat banget untuk ikutan. Aku yang memiliki blog sejak akhir tahun 2008 tentu saja sudah mengenal banyak blogger. Memang tak dapat dipungkiri bahwa blogger-blogger itu datang dan pergi. Banyak blogger yang aku kenal di awal aku ngeblog dulu yang kini sudah "undur diri". Di antara banyak blogger yang aku kenal itu, aku merasa "dekat" dengan beberapa di antaranya.

Nah, masalahnya adalah... sahabat blogger mana yang akan aku ceritakan dalam rangka mengikuti Giveaway Indahnya Persahabatan Blogger itu? Ternyata bukan perkara mudah bagiku untuk memilih salah satu di antara beberapa sahabat blogger. Akhirnya, aku memutuskan untuk bercerita tentang blogger yang memakai nama Kuyus. Nama yang terdengar aneh itu memang menggambarkan orangnya yang... kurus. Hehehe... Tapi nama sebenarnya sih keren lo : Erni Rizal atau Errni Hardini Duarsa.



Awal perkenalan kami bermula saat aku sedang ingin mempercantik blog. Aku yang masih baru di jagad blogsphere saat itu sedang kesulitan untuk mengganti template blogku. Sudah beberapa kali aku mencoba tapi gagal, hingga akhirnya aku terdampar di blognya mbak Kuyus. Saat aku mencoba sebuah template dari blognya mbak Kuyus, ternyata langsung berhasil. Aku pun meninggalkan komentar di sana, yang intinya berterimakasih karena template yang diposting di blognya berhasil membantuku untuk ganti template. Ternyata... dia sangat welcome dan membalas kunjunganku. Dia pun meninggalkan komentar di blogku. Jadilah, mbak Kuyus sebagai teman blogger pertamaku.


Sebagai seorang pendatang baru di jagad blogsphere, aku masih sangat awam soal otak-atik blog. Banyak sekali yang belum aku ketahui, seperti cara upload foto yang bagus, cara pasang widget shoutmix, cara pasang emoticon dalam postingan, cara membuat postingan terjadwal, cara pasang read more dll. Nah, mbak Kuyus ternyata banyak tahu soal itu sehingga aku banyak bertanya padanya. Dialah tutor pertamaku dalam hal ngeblog. Untuk memberikan tutorial itu, kami menggunakan banyak cara : melalui inbox FB ataupun kotak komentar di blog.






Di awal ngeblog aku sangat tidak percaya diri, sehingga aku lebih sering menjadi silent reader di blog-blog yang aku kunjungi. Hanya di blog mbak Kuyus aku berani meninggalkan komentar. Mbak Kuyus pun tak henti-hentinya menyemangati aku agar aku lebih percaya diri dan mau masuk ke dalam "jaringan" blogger. Awalnya dia membujukku untuk gabung di blogfam atau rumah blogger. Dia juga menyarankan aku untuk pasang foto diri / foto Shasa, agar pengunjung tahu wajah pemilik blog. Berkat dorongannya akhirnya aku memberanikan diri untuk mengikuti arahannya satu persatu. Tak lupa dia juga rajin menyemangatiku untuk terus menulis. Dia benar-benar blogger penyemangatku.






Hubungan kami pun jadi kian dekat dari hari ke hari dan dialah sahabat blogger pertamaku. Tak jarang, kami pun melakukan chatting via YM atau sekedar SMS-an. Kami sering kali ngobrol hal-hal di luar blog. Kami saling bicara tentang keluarga masing-masing (saat itu dia belum dikaruniai buah hati). Mbak Kuyus juga pendukung setia Shasa, saat Shasa mulai memiliki blog. Tak hanya itu, Mbak Kuyus juga pernah mengirimi aku dan Shasa buku2 dan juga hiasan meja yang lucu. Dia juga blogger pendukung setiaku karena sering sering sekali dia meninggalkan komentar untuk membesarkan hatiku, seperti : idenya bagus mbak, inspiratif tulisannya dsb. Mau tak mau... membaca komentar positifnya seperti itu aku jadi semakin bersemangat untuk ngeblog.








Dan... akhirnya persahabatan yang bermula dari sebuah blog itu pun makin sempurna setelah kami dapat bertemu di dunia nyata. Kopdar itu terjadi saat aku melakukan dinas ke Jakarta dan sengaja kami menyusun rencana untuk bisa ketemu di sela-sela kegiatan dinasku. Walau pertemuan kami singkat saat itu, namun terkesan sekali.




Walau hanya pernah bertemu sekali dan berkomunikasi lewat dunia maya, tapi kami merasa sudah sangat lama kenal. Dia (dan suami) sangat hobi jalan-jalan dan fotografi. Dia juga sangat suka puisi. Jadi, untuk mewadahi minatnya itu dia memiliki blog lebih dari satu. Ini dia blog yang dimilikinya.

Blog Inside Me : tak berbeda dari blog catatan harian emak-emak lainnya


Blog Puisi Adalah Hatimu : adalah wadah baginya untuk menuangkan idenya lewat puisi


Blog La Framede : isinya adalah foto-foto hasil jepretannya


Blog Pigura Perjalanan II : sesuai dengan namanya, blog ini berisi cerita jalan-jalannya, lengkap dengan foto-foto yang keren tentu saja


Blog Rumah Joglo : adalah OL Shopnya, yang kini terbengkalai juga karena kesibukannya di dunia nyata


Dia yang dulu bekerja di sebuah perusahaan asuransi ternama memilih mengundurkan diri agar bisa fokus ke keluarga dan program kehamilannya. Dia yang sudah menunggu hadirnya buah hati dalam pernikahannya, akhirnya berhasil juga hamil di usia pernikahan yang lebih dari 9 tahun melalui program bayi tabung. Dan, sejak kehamilannya semakin membesar, dia pun sedikit demi sedikit mulai "undur diri". Juni 2011 adalah saat terakhirnya mengisi blog miliknya.

Kini, dia sangat bahagia karena telah memiliki 4 buah hati (3 kembar hasil program bayi tabung : Raisya, Raina, Raffa) dan seorang baby yang baru lahir : Rayya (lewat pembuahan normal!). Melihat perjalanan rumah tangganya yang di awal sulit mendapatkan keturunan, maka aku tak heran jika baginya "Life is Miracle" sebagaimana status yang ditulisnya selama ini.


Mbak Kuyus dengan ketiga anak kembarnya (si kecil Rayya belum lahir)

Meskipun kini dia tak aktif ngeblog, karena kesibukannya sebagai "ibu baru" dengan 4 orang balita, namun dia tetaplah sahabat bloggerku. Kami sampai sekarang masih aktif berkomunikasi via BBM. Kami masih saling bertukar kabar dan saling menyapa hingga kini. Bedanya, jika dulu kami lebih banyak bicara soal blog dan pernak-perniknya sekarang kami lebih banyak bicara tentang keluarga dan anak-anak khususnya hehehe.

Dia (dan aku) pun berharap suatu saat nanti dia punya waktu luang lagi untuk bisa ngeblog lagi seperti dulu. Persahabatan yang bermula dari sebuah blog itu ternyata bisa juga awet hingga sekarang dan kami bisa menikmati persahabatan jarak jauh ini. Alhamdulillah....

Oya..., di bawah ini adalah cuplikan percakapan kami via inbox FB dalam rentang waktu mulai tahun 2010 (saat dia masih aktif ngeblog) sampai dengan tahun 2012 (saat dia sudah mulai undur diri).










Nah, kalau yang di bawah ini adalah cuplikan percakapan kami via BB pada bulan Juni yang lalu (percakapan sebelum-sebelumnya sudah terhapus soalnya) :)




Cerita ini diikutsertakan dalam Giveaway Ikakoentjoro’s Blog dan Lieshadie’s Blog -Indahnya Persahabatan Blogger-

41 komentar:

  1. salam kenal buat Mbak Kuyus. Semoga langgeng persahabatannya :)

    BalasHapus
  2. @keke naima >> Insya Allah disampaikan mbak salamnya... dan terimakasih doanya :)

    BalasHapus
  3. Indahnya tali silaturahmi yang terjaga..
    Semoga langgeng deh mbakk

    BalasHapus
  4. senangnya punya blogger penyemangat :D
    Anaknya kembar tiga ya? Subhanallah..

    BalasHapus
  5. Aku belom pernah kopdaran sama sekali malah....

    BalasHapus
  6. Wah jadi pengin kenal dengan Mbak Kuyus nih..

    Persahabatan yang manis sekali mbak Reni...

    Matur suwun ya Mbak... :)

    BalasHapus
  7. Mbak......ternyata proses yg saya alami kok sama ya, mbak.....Kalo mbak Reni punya mbak Kuyus., saya punya mbak Reni teman blog saya pertama.....mbak Reni lah penyemangat pertama saya....Makasih ya, mbak..
    Semoga saya bisa juga menjadi SAHABAT Maya diantara sahabat2 mbak Reni. ^_^
    Sukses ya mbak GA nya

    BalasHapus
  8. dipanggil Mbak Kuyus karena orangnya kuyus, Mak? Itu emang udah jadi nick name nya ya? bukan sekedar julukan dari Mak Reni?

    Komentator pertama yg jadi sobat pertama ^^ asyik deh, Mak! Moga menangggg :)

    BalasHapus
  9. sahabat blog pertama ternyata komentator pertama, semoga awet persahabatannya meskipun si mbak Kuyus udah mulai mengurangi hobbi ngeblognya..,
    padahal blog2nya keliatan bagus2 ya mbak

    BalasHapus
  10. awal ngeblog, menghias dan memperindah blog memang hal yang membuat semangat kita ngeblog dan sayapun melakukan hal yang sama. Termasuk menerapkan tutorial ngeblog yang saat itu sangat banyak sekali pakarnya. Hanya saja teman-teman yang memberikan banyak semangat dan masukkan sejak awal saya negblog di tahun 2009, sekarang sudah banyak yang hiatus.

    BalasHapus
  11. @Yanuar >> Aamiin... terimakasih ya, kami juga berharap persahabatan ini langgeng :)

    @Leyla Hana >> Iya mbak, kembar 3. Jadi program bayi tabungnya sukses :)

    @RanggaGoBlog >> lah masak? kok bisa?

    @Lies Hadie >> Boleh kenalan dg mbak Kuyus kok mbak.. :)

    @Hariyanti Sukma >> Iya mbak.., mbak Sukma salah satu sahabat mayaku. Semoga kita dapat terus bersahabat ya... Oya, makasih doanya mbak :)

    @Arga Litha >> Hahaha, nama itu dia sendiri yang mengusungnya di dunia maya. Jadi bukan aku yang memberikan nama julukan itu hehehe

    BalasHapus
  12. @Monda >> Ya begitulah mbak, aku dulu yang pemalu dan gak PD saat masuk ke jagad blogsphere sedikit demi sedikit memiliki kepercayaan diri berkat kehadirannya :)

    @Pakies >> Sama Pak... blogger2 yang berjuang bersamaku di awal2 ngeblog dulu juga banyak yang hiatus. Terkadang kangen juga dg hiruk pikuk kami dulu hehehe

    BalasHapus
  13. Walau salah satu sudah ngga aktif ngeblog, tapi persahabatan masih tetap terjalin ya ... indah sekali.

    BalasHapus
  14. ngeblog memang bikin kita banyak teman ya Bu Reni...

    BalasHapus
  15. Bisa terjalin persahabatan yang sejati dari aktifitas nge-blog. Persahabatan yang dijalin dengan erat. Eratnya hati untuk berbagi pengalaman dan dinamika dalam hidup ini. Sebuah pengalaman yang menarik diangkat dari sebuah kisah nyata. Semoga sukses. Salam cemerlang.

    BalasHapus
  16. persahabatan itu memang indah yaa :)

    BalasHapus
  17. punya sahabat memang bisa darimana saja ya mbak hehe, n memang sudah banyak blogger lama yg hiatus hingga ada terasa yg hilang :)

    BalasHapus
  18. subhanallah,
    semoga persahabatan yang terjalin mendatangkan kebaikan2,
    jadi iri dengan persahbatannya mba ;)

    BalasHapus
  19. Awet dan terjaga baik persahabatannya. Semoga langgeng.

    BalasHapus
  20. @Dey >> Iya mbak, Alhamdulillah... sampai saat ini kami masih sering berkomunikasi dan bertukar kabar.

    @Elsa >> Bener sekali... makanya sayang banget melepaskan blog ya?

    @Herdoni Wahyono >> Persahabatan yang indah ternyata memang bisa juga terjalin melalui dunia maya : dari blog. Alhamdulillah...

    @Vina Devina >> Yups... sangat indah ! :)

    @Waroeng coffee >> ya sayang banget sudah banyak yang hiatus sekarang ini.

    @Chika Rei >> Chika pasti juga punya sahabat kan dari dumay / blog ?

    @Niken Kusumowardhani >> Aamiin... terimakasih banyak utk doanya mbak. :)

    BalasHapus
  21. indahnya persahabatan ya mb..walo persahabatan dumay ternyata begitu hangat :)

    BalasHapus
  22. sahabat memang diperlukan baik didunia nyata atau dunia maya

    BalasHapus
  23. giveaway terus mbak ya? asyiiik
    selamat berpuasa romadlon

    BalasHapus
  24. selamat menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan,
    bila ada salah kata, salah baca, salah tulis dan salah komentar..mohon dimaafkan lahir batin...salam :-)

    BalasHapus
  25. persahabatan bisa menjadi saudara ya mb

    BalasHapus
  26. @Enny Mamito >> Iya mbak, sehangat persahabatan di dunia nyata :)

    @Eka Soepadmo >> Bener sekali Pak Eka.

    @Muhammad A Vip >> Iya nih, sedang asyik dg berbagai macam giveaway hehehe

    @BlogS Of Hariyanto >> Sama2 ya Pak, aku mohon maaf lahir batin juga.

    @MaYa KayLa >> sepakat...! Sahabat bisa seperti saudara sendiri :)

    BalasHapus
  27. Subhanallah.. ternyata mba Reni juga kenal dengan kuyus ya?
    Dhe kenal kuyus pertama x di dunia chatting room yahoo nusa 4 taun 2008 dgn id kuyus_cute, beranjak ke plurk.com sampe ke blog kami trs bersama. tp lama tak ada kabar lg dr dia.

    Alhamdulillah lewat tulisan ini akhirnya Dhe tau kabar kuyus saat ini :(
    makasih yah mba dah info ttg dia. blh tlng tanyain kmn dhe bs hubungi dia ya mba? kangen soalnya :D. sx lg thanks mb

    BalasHapus
  28. waaahhhh semoga juara ya mb untuk give awaynya!?!?! masih semangat nih mb reni buat ngeblog......saya udah jarang hehehehehe?!?!

    NB kalo mb kuyus kayaknya saya juga tahu ya lewat dunia maya wkwkwkwkww

    BalasHapus
  29. asalamualaikum
    jadi makin dekat ya mba,padahal perkenalan pertama hanya didunia maya
    semoga sukses dan menang give awaynya

    BalasHapus
  30. Halo Mβªќ reni ..
    Akhirnya bisa juga menyempatkan waktu buat posting disini. Ini juga sambil nyolong2 waktu sambil ngawasin pasukanku makan pagi, hehe ..

    Apa khabar Mβªќ?
    Wah, jadi malu nih .. Kisah perjalanan ݪήg komplit banget. ªƘΰ saja sudah lupa hampir semua tulisan2ku, komentar2ku, secara sudah lama ЪƘ membuka blog. Bahkan ªƘΰ lupa bagaimana aktivitas blogku ..

    senang rasanya masih ada ݪήg mengaitkan ku ke dunia blogger lewat mbakreni. Satu2 nya ݪήg ªƘΰ buka di dunia maya tinggal fb saja. Simple .. Bisa sebentar2 curi2 waktu, hehe .. Mudah2 an kalau anak anak sudah lebih mandiri, ªƘΰ bisa menulis lagi. Karena hasrat menulis itu sudah timbul lagi .. Cuman untuk duduk manis didepan komputer rasanya tak bisa untuk sementara waktu, haha. Banyak ݪήg colek colek utk minta gendong, ngajak main, bahkan komputerku pun di hijack oleh krucils. Haha, ibunya ngalah dulu deh .. Haha ..

    Doain Чα"̮ Mβªќ, ªƘΰ bisa aktif lagi. Bahkan untuk moto dan edit2 foto pun sudah ЪƘ masuk daftar aktivitasku skg, haha ..

    Ohya, salam kenal buat semua teman teman blogger disini .. Buat dhe, halooo say, lama tak bersua ... Buat mas jhon, halooo .. Apa khabar? Add fbku aja .. Чα"̮. Nt kita ngobrol2 lagi ..

    Bravo Mβªќ reni. Many thanks for being my friend .. Big hug

    BalasHapus
  31. Wow gambarnya banyak ya mbak. Bakal menang nih. Persahabatannya pun kental :)

    Btw, ttg alamat itu, harus saya cari dulu. Atau gimana ya, saya koordinasikan dulu dgn teman2 di IIDN Makassar, sepertinya mau ada tindakan lanjutan ke sana, Mungkin kalo jadi, dikirim ke alamat saya saja. NAnti saya kabari lagi mbak ..

    BalasHapus
  32. asyiknya ngeblog punya banyak teman

    BalasHapus
  33. @SunDhe >> Dhe kenal mbak Kuyus juga ya? Aku sudah colek2 Dhe di inbox tuh, kalau mau add aja akun mbak Kuyus disana. :)

    @Jhoni >> Iya aku tahu kalau Bli Jhoni kenal mbak Kuyus, soalnya aku dulu dpt link blog Bli Jhoni dari hasil BW ke blog mbak Kuyus kok :D

    @Anonim >> Mbak Kuyusss... kenapa pake anonim? kenapa gak pake emailnya aja hayooo... takut tambah terkenal ya? hehehe... Semoga Bli Jhoni dan SunDhe baca komen mbak Kuyus inin juga :D

    @Mugniar >> Aamiin... terimakasih banyak utk doanya Mak :)

    @Merdeka >> Itulah salah satu keasyikan dari ngeblog :D

    BalasHapus
  34. aaaww.. mamih kuyuuusss.. aku kangeeennnn...

    BalasHapus
  35. seneng yah mb, punya teman2 baru di blog dan bsia jadi sahabat..:)
    aku sejak thn 2006 sdh bikin blog, punya banyak teman, namun blm pernah 1 pun yg pernah ketemuan ato kopi darat, apalagi belakangan ini aku sering absen ngeblog.
    Klo temen dari komunitas emak2 sebuah merk susu sih, ada mb.. bahkan sempat ketemuan pas ada event dijakarta..
    Dengan mulainya aktif ngeblog lg, mudah2an aku bisa dapet sahabat2 baik kyk mb reni dan bs sampe kopi darat mb.. pasti bakalan seru tuh. .:)

    BalasHapus
  36. terkadang malah sahabat blogger yang berjauhan bisa terasa dekat banget yah Mbak..

    anak-anak Mbak Kuyus lucu-lucuu, Subhanallah bisa kembar 3 gitu. semoga Mbak Kuyus bisa ngeblog lagi suatu hari :D

    BalasHapus
  37. sungguh indah persahabatan
    kok temanya post blog aku ttg hasil/manfaat blog juga ya

    BalasHapus
  38. kapan ya bisa ketemu langsung dengan mba Reni juga :)

    BalasHapus
  39. Waah.. serrruuu banget ya...
    Kalo kuliat fotonya, mirip loh sama Mba Reni.. hiihihi..
    Anyway, semoga persabahatannya berlanjut terus.. Seneng deh baca postingannya.. Jadi kangen sama sahabatku waktu kuliah dulu... Dah lama juga gak ketemuan sama dia.. hiks..

    BalasHapus
  40. Melalui komen juga bisa menjadi teman/sahabat :)

    Salam kenal!!

    Silahkan kunjungi dan pilih2 buku berkualitas di : www.honbookstore.com
    Dapatkan diskon gede2an hingga 15%. :D

    Jangan lupa silahkan tinggalkan jejak alias komen di : Hon Book Store :)

    BalasHapus
  41. banyak manfaat yang kita bisa peroleh dari menjadi seorang blogger, dan semua itu terkadang tak terduga dan sangat berkesan...,selamat berlomba, semoga menjadi salah satu yang terbaik :-)

    BalasHapus

Komentarnya dimoderasi dulu ya? Terimakasih sudah mampir dan meninggalkan jejak. (^_^)