Pages

Minggu, Juni 19, 2011

Bersabarlah

"Dan bersabarlah, karena sesungguhnya Allah tiada menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat kebaikan" (QS Huud : 115)

Itulah bunyi SMS yang aku terima beberapa saat yang lalu. SMS itu memberiku dorongan dan semangat yang luar biasa untuk tetap berbuat kebaikan, bahkan di saat kebaikan itu tidak dihargai sama sekali. SMS itu sangat berharga bagiku karena mempunyai kisah istimewa dibaliknya. Dan, inilah kisah itu.....


Hidup memang tak selamanya mulus. Selalu saja ada hal yang 'tidak menyenangkan' yang terjadi. Ada saja aral atau rintangan yang menghambat langkah kaki kita. Ada saja hal-hal yang membuat kita merasa sedih dan kecewa. Semua itu sebenarnya adalah upaya Allah untuk memberikan pengalaman batin kepada kita. Agar kita dapat mengambil hikmah dari semua yang telah terjadi.

Namun, pada saat kita sedang berada dalam kondisi 'tidak menyenangkan' seperti itu, apakah saat itu juga hati kita bisa langsung ikhlas menerimanya? Sebagian mungkin bisa menjawab : bisa. Namun tak sedikit yang menjawab : tidak bisa. Dan, aku termasuk dalam kelompok yang menjawab : tidak bisa.

Beberapa saat yang lalu, aku mengalami suatu peristiwa yang sangat membuatku sedih dan kecewa. Seseorang yang selama ini kupercaya, kulindungi dan kubela ternyata adalah orang yang membenciku. Ironisnya, kebenciannya yang sedemikian besar padaku itu disebabkan oleh rasa iri. Terdorong oleh rasa irinya yang sedemikian besar, dia menyebarkan berita bohong tentangku kemana-mana. Berita itu pun sampai ke telingaku lewat orang-orang yang menyayangiku.

Ada perasaan tidak percaya bahwa dia tega menusukku dari belakang. Namun, sudah banyak orang yang bercerita padaku tentang apa yang dikatakannya di belakangku. Saat itu yang aku merasa sedih dan kecewa luar biasa. Sulit aku mengungkapkannya dengan kata-kata. Kondisi mentalku bisa dibilang 'drop' saat itu.

Saat-saat seperti itu, sahabat-sahabat dan keluarga menyemangati aku. Mereka memintaku untuk menyerahkan semuanya kepada Allah. Mereka memintaku untuk ikhlas menghadapi ujian ini. Memang pada awalnya sangat sulit, tapi berkat dorongan mereka semua aku mencobanya. Dalam doaku, aku meminta agar aku diberikan kesabaran dalam menghadapi ini semua. Dalam doaku aku memintakan maaf atas semua kesalahan yang telah diperbuatnya terhadapku.

Perlahan tapi pasti, aku mencoba berdamai dengan kenyataan bahwa dia bukan lagi orang yang dapat aku percaya. Apalagi ternyata dia tak menyambut usahaku untuk kembali memperbaiki hubungan kami yang memburuk. Dalam peristiwa ini, aku jadi tahu siapa-siapa yang dengan tulus berteman denganku, siapa-siapa yang benar-benar menyayangiku. Aku pun jadi makin paham betapa berbahanya rasa IRI, karena rasa iri benar-benar menggerogoti hati manusia.

Dalam situasi yang sangat tidak menyenangkan dan sulit itu, aku mendapatkan SMS dari nomor yang tidak aku kenal. Isi SMS-nya seperti yang aku tulis di atas. Aku tahu, SMS itu adalah jawaban Allah atas doa-doaku. Allah mengingatkan padaku bahwa Dia Maha Tahu. Allah telah menggerakkan seseorang untuk mengirimkan SMS itu padaku.

Dan... kini aku tak lagi memiliki rasa kecewa dan sedih atas apa yang telah dilakukannya kepadaku. Aku pun tak hendak 'meluruskan' fitnah yang tersebar itu, karena aku tahu orang-orang yang telah mengenalku dengan baik sudah tahu kebenarannya. Sedangkan bagi orang-orang yang belum mengenalku, suatu saat nanti mereka pasti akan tahu siapa diriku yang sebenarnya. Biarlah waktu yang menjawabnya dan biarlah Allah mengatur semuanya untukku.

Catatan : Postingan ini aku ikutsertakan dalam acara "Giveaway Angka 100" yang diselenggarakan Mbak Dey. Bagi yang ingin ikutan giveaway ini, segera saja menyusul ya? Karena giveaway-nya akan segera ditutup tanggal 20 Juni 2011. Ayo... berbagi "Kalimat Bijak" yang dapat berguna bagi orang lain serta pengalaman di balik kalimat bijak itu. Semoga ada manfaatnya bagi orang lain. Amin.

Info gak penting : Ini postinganku yang ke-300 lho..! Horeee... (^_^)

16 komentar:

  1. yuup, bersabar. Akan ada hal terindah yang menunggu bagi orang-orang yang bersabar.

    semoga menang ya mbak ^^

    BalasHapus
  2. hmmm, saya jg pernah memposting ttg kesabaran mbak.. huu, tapi saya malah jadi sedih :(

    semoga menang ya mbak

    BalasHapus
  3. benar mba sebagai manusia kita harus bersabar yakin semua pasti baik-baik saja pada akhirnya :D
    good luck ya mba give awaynya

    oh iya mba reni aku ada tag untuk mba reni disini http://riaadria.blogspot.com/2011/06/10-hal-about-me.html

    BalasHapus
  4. sabar dalam mendidik anak itu yang paling berat mbak :)

    BalasHapus
  5. Allah itu beserta orang yang sabar :)

    BalasHapus
  6. kalau hal itu menimpa diri inyong pasti juga kecewa mba

    BalasHapus
  7. wah, memang tak mudah untuk bersikap sabar Mba. dan kalau saya ditanya ikhlas atau tidak, mungkin juga sy termasuk menjawab tidak. tapi memang kita harus ikhlas dan sabar, walau itu sulit....

    BalasHapus
  8. selamat ya mbak postingan ke 300nye :)

    BalasHapus
  9. horeeeeee.........postingan ke 300 ya mbak? ntar kalo dah 350, bikin acara donk ,...giveaway ke kami2..para blogger yg setia padamu ceila,..:)
    (NGAREP.COM) xixixixixixi....

    BalasHapus
  10. saya juga sering mengalami hal yg sama di kantor , mbak.... namun akhirnya saya lebih berhati2, yang saya lakukan saat ini TIDAK MENDENGARKAN, TIDAK MELIHAT agar TAK TERUCAP kata yang tidak menyenangkan juga... walaupun kesannya saya saat ini jadi super cuek...

    BalasHapus
  11. mbak selamat ya, mbak... postingannya sdh mencapai 300 ... jadi pengen seperti mbak Reni deh ..

    BalasHapus
  12. Kata Mutiara mb Reni udah lama sekali gak muncul dan baru kali ini.
    Sabar emang obat dari penyakit mb..meskipun terkadang kita suka gak sabar tapi emang harus bener2 belajar sabar dari apapun itu.

    BalasHapus
  13. Postingan ke 300? Wew.. keren. Semoga saya juga bisa sabar dan terus menulis seperti Mbak Ren.. Selamat ya Mbak;

    BalasHapus
  14. selamat pagi, semangat pagi.

    pagi2 dapat siraman rohani nih.

    semua ada hikmahnya... semoga tetap kuat ya mbak.

    wowww... potingan ke 300? sambil buru2 cek postingan sendiri udeh brp ya**

    BalasHapus
  15. salamu'alaikum.. ^^
    huum,iya memang sabar itu sulit, tapi janji Allah utk orang yg bersabar itu pasti akan Allah wujudkan.

    salam kenal mba',moga menang yahh

    BalasHapus
  16. that's goood... good job sob... i like it... semangaatt :)

    BalasHapus

Komentarnya dimoderasi dulu ya? Terimakasih sudah mampir dan meninggalkan jejak. (^_^)