Pages

Minggu, Mei 16, 2010

Detik-detik menjelang deadline

Sabtu sore kemarin saat aku sedang blogwalking, aku menemukan sebuah informasi tentang pelaksanaan Lomba Curhat Jalan Raya. Tapi astaga..., deadline pengiriman artikel adalah hari itu juga, 15 Mei 2010 jam 24.00 WIB. Aku berpikir, apakah aku akan mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh Leutika Publisher itu. Apalagi salah satu syaratnya adalah menulis (curhat) yang terdiri dari 1000—1300 kata.

Satu sisi, aku ingin sekali ikut lomba itu. Aku memang sedang ingin mengasah kemampuan menulisku dan dengan 'bersaing' dalam sebuah lomba aku akan tahu tentang bagus tidaknya tulisanku. Bagaimananpun juga, untuk sebuah lomba aku tak akan menulis asal-asalan. Jadi, kesempatan bagiku untuk berlatih menulis dan mengasah kemampuanku.

Selain itu, kebetulan juga temanya menarik, yaitu : Curhat Jalan Raya. Mengingat aku punya banyak hal yang ingin aku curhat-kan, maka tak ada salahnya jika aku mengikuti lomba itu. Aku tinggal menggali semua pengalamanku dan menuliskannya. Jadi, soal ide tak ada masalah... tinggal bagaimana aku bisa menuangkannya dalam bahasa tulisan.

Karena waktu yang sangat terbatas, aku tak punya banyak waktu untuk menyiapkan naskahku. Akhirnya kemarin malam pada pukul 20:44 WIB naskahku berhasil aku kirimkan via email kepada Leutika Publisher. Selanjutnya aku tinggal menunggu konfirmasi diterimanya naskah-ku. Sebagaimana persyaratannya, jika konfirmasi sudah aku dapatkan maka aku harus memposting cover buku “Curhat Jalan Raya” di notes FB-ku berikut kalimat ajakan (yang dibuat oleh Leutika dan dikirim bersamaan dengan konfirmasi) bagi teman-teman yang lain untuk ikut.

Ya Allah, detik-detik menjelang deadline adalah waktu yang menegangkan bagiku. Penyebab pertama tentu saja karena konfirmasi (dan kalimat ajakan) dari Leutika belum juga aku terima. Sementara itu di Wall FB Leutika Publisher penuh terisi tulisan yang mengabarkan bahwa mereka sudah mengirim naskah dan menunggu konfirmasi. Aku sempat khawatir jika emailku tak terkirim, apalagi konfirmasi belum juga aku dapatkan.

Yang menambah perasaanku tak karu-karuan adalah koneksi internetku berulah lagi. Berulang kali koneksi terputus. Aku khawatir jika email konfirmasi sudah masuk, tapi aku tak bisa menindaklanjutinya dengan memasang cover buku Curhat Jalan Raya dan kalimat ajakan di Notes FB-ku gara-gara internetku mati...! Ya Allah, jangan sampai aku tak bisa ikut lomba itu hanya gara-gara internetku mati... Sungguh, kemarin malam kesabaranku benar-benar diuji. Otomatis, kemarin malam aku tak bisa blogging dan berulang kali ngecek internetku apakah sudah bisa dipakai lagi atau belum.

Selain itu, sebenarnya aku sudah sangat mengantuk, tapi aku tetap harus bertahan menunggu internetku nyala lagi dan ngecek email konfirmasi. Akhirnya, tanggal 16 Mei 2010 (hari ini) jam 00:18 dini hari email konfirmasi yang berisi cover buku dan kalimat ajakan yang harus aku pajang di Notes FBku aku terima juga. Alhamdulillah... leganya.

Mengetahui bahwa naskah-ku sudah diterima, memang melegakan hatiku. Tapi terus terang saja aku tidak berani berharap untuk menang. Sebab, saat aku mendaftarkan naskahku kemarin malam aku tahu pesertanya sudah mencapai 214 orang. Dan, hari ini daftar naskah yang masuk sebanyak 275 bukan saja dari seluruh Indonesia, namun juga  dari luar negeri seperti dari Hongkong, Malaysia, Singapura, dan Mesir.

Mengikuti lomba memang menambah pengalaman dan jam terbangku, soal hasil... aku serahkan sepenuhnya kepada-NYA. Aku sudah puas telah memanfaatkan kesempatan untuk mengasah kemampuan menulisku. Jika berhasil tentu saja aku senang sekali, jika gagal... itu berarti aku harus berlatih lebih keras lagi. Bukankah begitu, sobat...?

31 komentar:

  1. wah, semoga menang mbak....
    kapan2 naskahnya di posting dong mbak...

    BalasHapus
  2. moga berhasil ya, mbak. salut deh...masih rajin ikut lomba.

    BalasHapus
  3. selamat mengikuti lomba mba semoga berhasil.hehe...kali ini inyong bisa koment tanpa kendala,udah kembali seperti biasa mba pos komentnya

    BalasHapus
  4. Semoga sukses ya mbak, biasanya perjuangan yang menegangkan, akan meraih hasil yang mengejutkan.

    BalasHapus
  5. betul mbak..
    apa salahnya mencoba..
    semoga berhasil mbak..

    BalasHapus
  6. semoga berhasil ya mbak..
    aku ngga ikutan, habisan aku pikir deadlinenya masih lama
    eh ngga tahunya dah liwat..
    gpp lah mungkin lain kali ya..

    BalasHapus
  7. wah saya paling g bisa dengan yg namanya curhat mbak... bingung jadinya mw nulis apa jk curhat...

    semoga sukses mbak... semangat selalu ya..

    BalasHapus
  8. ikut mendoakan moga menang ikut lomba
    yg penting optimis n tetep semangat yah mba'...

    have a great monday ^^

    BalasHapus
  9. hmm, mepet bannget waktu buat nulisnya ya...
    mudah2an usahanya nggak sia2...

    BalasHapus
  10. wah, bela2in nggak tidur nunggu konfirmasi...
    sukses ya mba, meski saingannnya banyak yang penting sudah usaha yg maksimal..

    BalasHapus
  11. Memang kok bu reni nih..salut, hebat banget dg semangat berkaryanya, yuk kita berikan aplous yg meriah dulu, plok...plok...plok....

    BalasHapus
  12. semoga menang mb, yakin aja pada diri sendiri, meskipun nantinya gak menang paling tidak udah banyak berusaha.
    Kapan ya aku bisa ikutan lomba..heheh

    BalasHapus
  13. goodluck ya mbak buat lombanya... :)

    BalasHapus
  14. Gpp mbak aku malah tertarik dg pengalaman mbak semalaman itu yg "perjuangan banget", kebayang dr mulai menulisnya sndiri sampai nunggu intrnet nyala...fiuhh.... Kl bisa malah catatan yg ini yg diikutkan lomba hehehehe

    BalasHapus
  15. nietha baru tau juga infonya. wah, 275 pserta?alamak

    BalasHapus
  16. aku bener pengen ikut2 lomba cuma blm mampu heheh, moga sukses mbak..... tak tunggu hadiahe heheh

    BalasHapus
  17. semoga sukses deh kawan ...

    BalasHapus
  18. tetep semangat mbak
    semoga berhasil yah ^___^

    BalasHapus
  19. yang peting sudah usaha, sukses sll buat mb' reni

    BalasHapus
  20. hanya semangat dan kerja keraslah yang membuat kita kearah yang lebih baik...

    BalasHapus
  21. setuju, mbak Reni, yang terpenting adalah kita berusaha, kalah menang soal kemudian. Selamat mbak, sudah menang di tahap awal, berpacu dengan deadline. Semoga berhasil kontesnya, ya.

    BalasHapus
  22. semoga menang ya Mbak.Tapi menang gak menang salut untuk usaha mengukur kemampuan sendiri...aku kok gak kepikiran ya ikut lomba...gak pede aja^^

    BalasHapus
  23. semoga menang ya mbak :) jgn lupa traktirannya hehehe

    BalasHapus
  24. semoga menang ya mbak..salam kenal....

    BalasHapus
  25. semoga perjuangan mbak, sebanding dengan hasilnya. Amin...

    BalasHapus
  26. yahhh..sayang...udah telat niy..padahal banyak uneg2 jalan raya ingin kutumpahkan, apalgi ada yang mau dengerin..mudah2an ada kontes lain lagi temanya: omelin jalan raya..hehehe...

    BalasHapus
  27. Salut buat Mbak...
    Moga bisa menang lagi.

    BalasHapus
  28. kalah menang dan sukses
    itu dilihat dari proses

    moga berhasil ya mba

    BalasHapus
  29. Kalau saya sih yakin kalau mba Reni pasti bisa menang walau buatnya agak terburu-buru...

    Semoga sukses lagi kali ini
    Salam hangat & sukses selalu...

    BalasHapus
  30. kmaren mau ikut lomba yang dari freenpeace indonesia juga deadline 15 mei, akhirnya ndak jaid ikutan dehh ~.~

    BalasHapus

Komentarnya dimoderasi dulu ya? Terimakasih sudah mampir dan meninggalkan jejak. (^_^)