Pages

Rabu, Maret 04, 2015

[Cerita Hijab Pertamaku] Ternyata tak sesulit yang kubayangkan

Sebenarnya, sudah sejak lama aku menyimpan keinginan untuk berhijab. Tapi selalu saja aku ragu-ragu untuk memulainya. Terlalu banyak alasan yang membuatku selalu menunda untuk mewujudkannya. Terus terang saja, kemantapan hati belum terlalu kuat saat itu sehingga aku selalu menunda dan menundanya.

Hingga akhirnya putri tercintaku, Shasa, mengatakan padaku bahwa ia ingin berhijab. Aku dan suami sih mengijinkan Shasa untuk menggunakan hijab, dengan pertimbangan Shasa sudah memikirkan masak-masak sebelum mengatakan keinginannya itu. Tak butuh waktu lama bagi Shasa untuk mewujudkannya, karena seragam sekolahnya sudah lengan panjang dan rok panjang. Tinggal menutupi kepalanya dengan jilbab. Sehingga, hanya selang beberapa hari kemudian, tepat pada Hari Raya Idhul Adha 1435H (5 Oktober 2014) Shasa mulai berhijab.

Melihat Shasa sudah mulai berhijab, menggelitikku kembali untuk juga berhijab. Untuk itu, aku harus mulai melakukan persiapan, khususnya mempersiapkan seragam kantorku. Untungnya, di akhir tahun kemarin ada pembagian kain seragam dari kantor. Jadi, kain seragam terbaru dari kantor itu aku jahitkan dengan model panjang (blus panjang dan celana panjang). Persiapan jilbabnya, untuk sementara aku memutuskan memakai yang ada saja. Kebetulan Shasa juga sudah kubelikan banyak jilbab paris polos.

Akhirnya, pada hari Senin tanggal 19 Januari 2015 aku sudah siap dengan "penampilan baru"ku. Namanya juga penampilan baru, pagi hari aku sudah grogi duluan saat mencoba memakai jilbabku. Jika biasanya (saat berlatih) aku memakai jilbab dengan mudah, tapi pagi itu aku memakai jilbabnya kok sepertinya salah-salah terus hehehe. Apalagi, bros yang aku coba pakai kok rasanya sulit banget terpasang. Bener-bener membuatku panik, sementara Senin adalah jadwal kami berangkat pagi karena aku harus ikut apel Senin di kantor dan Shasa ada upacara di sekolahnya.

Setelah berulang kali mencoba memakai jilbab dengan baik dan benar (halah, bahasaku... hehehe), aku berhasil juga. Shasa yang sedari tadi menunggui aku yang sibuk berdandan tersenyum senang melihat penampilanku. Sementara saat aku keluar kamar, suami langsung menyambutku dengan pujian "Aduuuhh..., cantiknya istrikuuu...." Pujian itu selain membuatku tersipu juga membuatku semangat menjalani hari baruku.

Reaksi dan komentar teman-teman atas penampilan baruku juga semakin membuatku nyaman dan PD. Beberapa teman mengatakan aku pantas memakai jilbab, ada yang mengatakan aku terlihat lebih muda dengan berjilbab, bahkan ada yang mengatakan aku tambah lebih langsing dengan berjilbab. Siapa yang tak senang dengan komentar-komentar positif seperti itu? #wink

Sejak memutuskan berhijab, aku memilih untuk menggunakan jilbab dengan model sesimpel mungkin. Hal ini kulakukan dengan maksud agar memudahkanku dalam berwudhu. Keputusan ini kuambil karena di kantorku tempat wudhu untuk laki-laki dan perempuan tidak dipisah, selain itu tempat wudhu itu terbuka. Itu sebabnya aku memakai jilbab yang memudahkanku berwudhu tanpa harus melepas jilbab yang aku pakai. Aku hanya perlu melepas lencana Korpri dan papan nama yang menempel di dadaku saat berwudhu.


Selfie di hari pertama berhijab


Aku dan Shasa memilih jilbab model simpel


Jilbab dengan sedikit gaya ini untuk kondangan

Yang melegakan, ternyata di hari pertama (dan hari-hari selanjutnya) aku berhijab itu aku tak merasakan kegerahan. Ternyata berhijab tak sesulit yang aku bayangkan. Jika dulu kubayangkan berhijab itu ribet dan panas, ternyata tidak. Alhamdulillah... hal ini kian memantapkanku untuk berhijab. Doakan aku istiqomah yaa... (^_^)


Artikel ini diikutsertakan dalam "Hijab Syar'i Story Giveaway"

66 komentar:

  1. Wuih selamat ya mbak...semoga istiqomah...

    BalasHapus
  2. semoga istiqomah ya mak.. :D

    BalasHapus
  3. Mudah2an istiqomah mbakyu. Tambah cantik kok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah... Aamiin... terimakasih utk doa dan pujiannya :)

      Hapus
  4. Kalau cuma ngeliat kayaknya memang gerah, keringatan,panas ya mbak, padahal ga seperti itu. Saya dulu sering dibilang gila sama orang HK, gara2 pakai jilbab saat musim panas hhehe.

    kayaknya lebih pantes yang model paling bawah jilbabnya mbak, keliahatan tirus wajahnya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak... aku baru tahu kalau ternyata jjilbab tuh gak gerah...

      BTW kalau aku pake model jilbab paling bawah, susah aku wudhu di kantor hehehe

      Hapus
  5. Subhanallaah, gk ada kata terlambat mbak. Semoga istiqomah yaaa :* happy for you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... terimakasih banyak utk dukungannya dan juga doanya :)

      Hapus
  6. Moga istiqomah ya, mba Ren. *hugs*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... terimakasih doanya :)

      Hapus
  7. Subhanallah, selamat Bunda Reni, semoga istiqomah dan selalu diberi kebekahan.
    Namanya mengingatkan saya pada guru TK yg terkenal di kota sy saat sy masih kecil dulu hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya...? Ada to yang namanya mirip aku hehehe
      Makasih doanya yaa

      Hapus
  8. pake jilbab memang tidak membuat gerah, mbak Reni, malah adem ...
    Mbak Reni terlihat lebih cantik dan anggun pake jilbab.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Teh... memang ternyata ga gerah.
      Alhamdulillah makasih pujiannya :)

      Hapus
  9. Subhanallah, hidayah datang dari putri tercinta ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada berbagai macam jalan untuk menuju kesana ya Mak hehehe

      Hapus
  10. Balasan
    1. Aamiin... terimakasih Mak :)

      Hapus
  11. Mba Reni tambah cantik pake hijab, bener tuh kata suamimu mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aihhh Mak Unik makin membuatku tersipu.... hehehe

      Hapus
  12. Alhamdulillah...sampai pangling aku lihat penampilan baru Mak Reny.. Barokallah ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Mak Rita... masak sih jadi pangling denganku :)

      Hapus
  13. Subhanallah ... makin cantik lho mbak beneran deh. Semoga istiqamah terus :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mak Muna membuatku jadi pengen malu hehehe...
      Makasih doanya ya Mak :)

      Hapus
  14. Selamat ya mak Ren :)
    Ikut seneng, semoga aku bisa cepet nyusul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... ayo Melly aku tunggu yaa... :)

      Hapus
  15. Subhanallah Reny cantiiiiiik, welcome to the club :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak Inaaa.... makasih sambutan hangatnya :*

      Hapus
  16. Aamiiiin...insya allaaaah istiqomah maak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... terimakasih Mama Bo et Obi :)

      Hapus
  17. aaamiiin. foto di hari pertama itu cakep, mak. hari pertama aja udah serapi ituuu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah masak sih itu sudah rapi Mak?
      Kok kayaknya aku belum pinter2 banget deh make nya hehehe

      Hapus
  18. bener2 tambah cantik mbak Reni...Subhanallah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Dwiiii.... jadi GR aku hehehe

      Hapus
  19. selamat ya mba Reni...semoga istiqomah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...terimakasih banyak doanya Mak :)

      Hapus
  20. Subhanallah mak. Hidayah bisa datang darimana saja, termasuk dari anak kita. Bersyukur punya anak solihah seperti mbak Shasa. Semoga Allah meneguhkan niat kita ya mak. Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mak Lusi... jalan dariNya memang tak terduga sama sekali.
      Aamiin... terimkasih banyak doanya ya Mak Lusi.

      Hapus
  21. Waahh alhamdulilah, selamat ya mbak... semoga istiqomah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... terimakasih banyak :)

      Hapus
  22. Alhamdulillah... semoga istiqomah ya Mak ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. terimakasih banyak ya mak utk doanya :)

      Hapus
  23. Rinai airmataku mbak. Alhamdulillah. Gak tau mau komen apa. Cuman pengen peluk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengen peluk mbak Winny juga... terus kita ngobrol2 lama... sepuasnya :)

      Hapus
  24. saat pertama berjilbab, rasanya salah, miring-miring, bentar2 dibuka....kuatir gak rapi...

    BalasHapus
  25. Selamat buuu.. Shasha makin cantik aja yaa :D

    BalasHapus
  26. alhamdulillah, dulu juga sy pikir berjilbab bakal bikin gerah...ternyata gak asal tau caranya....

    BalasHapus
  27. jadi pangling mba reni, tambah cantik dengan hijabnya, alhamdulillah.

    BalasHapus
  28. Perempuan kalau mengenakan hijab itu makin cantik Mbak, salam kenal :) Ijin follow blognya.

    BalasHapus
  29. jilbab simple lebih anggun... ^_^
    shasa dan mbak reni cantik sekali... ^_^
    semoga istiqomah dan berkah selalu.... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat berhijab hehehehe semoga menginspirasi yg lain :)

      data roaming
      game android

      Hapus
  30. Mba Reni sayang..suwe ora jamu, jebule jamune legi. suwe ra ketemu, saiki manglingi :D
    semoga selain sukses GAnya, jg sukses hijabnya..ga usah pake yg neko2 mba, mengko kangelan wudhu dadi ora barokah..

    BalasHapus
  31. Moga istiqomah yah mak Ren...

    BalasHapus
  32. Cantik mak. Semoga istiqomah.
    salam ..

    BalasHapus
  33. aiih... memang cantik mba, Shasha dan ibunya semakin kompak. Selamat ya utk mba Reni dan Shasha :)

    BalasHapus
  34. alhamdulillaaah.... sempat kaget waktu lihat profil picture di wa. tapi jelas ikutan seneng. tambah cantik bu reni dan shasa....

    BalasHapus
  35. bahagia banget mbak reni yang baik hati akhirnya memutuskan untuk memakai kerudung
    sering terlintas setiap mampir ke blog mbak reni untuk mengajak tapi khawatir tidak sopan

    semoga istiqomah ya mbak, semoga lebih baik ke depannya.

    awal saya berhijab karena mikir, mau apalagi ya kalau hidup kita ini besok sudah harus berakhir?
    sungguh tidak ada artinya jika kita tidak hidup dengan mendekatkan diri kepada Allah, dengan mengkaji lebih dalam untuk mengharap cintaNya

    BalasHapus
  36. saya datang berkunjung, selamat ya mbak

    BalasHapus
  37. Mbak Reni makin cantik dengan hijab barunya... semoga istiqomah ya...

    BalasHapus
  38. alhamdulillah, semoga istikomah ya mbak ^_^

    BalasHapus
  39. Alhamdulillah, Mbak Reni dan Shasa makin cantik looohh dengan hijabnya.. semoga kita semua istiqomah yaaa Mbak, Aamiin :)

    BalasHapus
  40. Alkhamdulilahh,..
    tetep semangat ya kak,..
    www.mukenadistro.com
    kami adalah PRODUSEN MUKENA KATUN JEPANG berkualitas
    terima kasih..

    BalasHapus

Komentarnya dimoderasi dulu ya? Terimakasih sudah mampir dan meninggalkan jejak. (^_^)