Pages

Selasa, April 28, 2009

Menembus perbedaan

Manusia hidup dalam perbedaan. Perbedaan yang berasal dari dalam diri dan dari luar dirinya. Perbedaan dari dalam diri adalah perbedaan yang berasal dari kepribadian atau karakter seseorang. Ada orang yang pemarah, ada yang pendiam, ada yang aktif, ada yang kreatif, dan masih banyak karakter lainnya.

Sudut pandang dan pola pikir tiap-tiap orang juga berbeda. Idealisme masing-masing orang juga tidak sama. Prinsip yang dipegang antara orang yang satu dengan yang lain juga tidak sama. Perbedaan itu biasanya berasal dari pengalaman hidup yang diperoleh. Karena pengalaman hidup yang diperoleh masing-masing orang berbeda, maka terbentuklah karakter dan pribadi yang berbeda-beda pula.

Sementara perbedaan dari luar disebabkan oleh hal-hal di luar kepribadian manusia, seperti misalnya daerah tempat tinggal, bahasa pergaulan, adat istiadat dan sebagainya. Orang Indonesia yang tinggal dan hidup Indonesia, akan hidup dalam budaya dan adat Indonesia, pun menggunakan bahasa Indonesia dalam pergaulan sehari-hari. Hal tersebut berlaku juga bagi bangsa lain.

Namun..., manusia sebagai makhluk sosial telah menembus perbedaan itu. Melalui pergaulan dan pertemanan, segala macam perbedaan sudah tidak berarti lagi. Apalagi dengan hadirnya internet, perbedaan itu makin tipis terasa. Internet bahkan mampu menembus perbedaan ruang dan waktu. Bahkan, pertemanan dengan orang yang belum pernah dikenal secara langsung pun bisa terjadi lewat internet.

Semenjak aku terjun di dunia blog, hal itu sangat aku rasakan. Tak terasa aku telah menjalin pertemanan dan persahabatan dengan orang-orang yang sama sekali belum pernah aku kenal dan aku temui secara langsung dalam dunia nyata. Bahkan, yang menakjubkan aku bisa punya teman dari negara lain yang bahkan bahasanya pun tidak bisa sepenuhnya aku pahami. Pertemanan yang terjalin hanya dari saling mengunjungi blog masing-masing.

Aku makin menyadari telah berhasil menembus perbedaan itu ketika menerima dua pesan singkat yang ditinggalkan dua orang teman dalam shoutmix-ku :
  • buwel siang mbak reni...ada award dirumahku...mampir ya... (2009-04-26 3:27 PM)
  • kirana Dipersilakan amik award 'hati berwarna-warni' dari blog Kirana, ok! Why? Becoz u have coloured my life!" (2009-04-28 9:00 AM)

Aku mendapatkan bingkisan dari 2 orang teman yang selama ini belum pernah aku temui secara langsung. Bingkisan dalam bentuk award. Siapa yang akan menolak menerimanya ? Buwel si orang Tegal ini pun belum pernah aku temui secara langsung. Namun pertemanan yang terjalin di antara kami bisa berjalan dengan indah. Bahkan, buwel pun mendukung Shasa.

Sementara pertemananku dengan Kirana selama ini lebih banyak lewat saling mengunjungi blog masing-masing. Meskipun, aku juga kurang bisa memahami bahasa yang dipakai oleh Kirana yang orang Kuching, Sarawak, Malaysia ini toh pertemanan kami terus berlanjut sampai sekarang.

Sementara waktu aku berkunjung ke tempat mas Yudie aku mendapatkan bingkisan pula. Bingkisan yang juga berupa award. Pertemananku dengan mas Yudie juga berawal dari blog. Sama seperti Buwel juga, mas Yudie juga mendukung Shasa . Mas Yudie yang kerja di Bogor ini ternyata juga orang Jawa, dan sama sepertiku, mas Yudie juga mempunyai hari istimewa (hari ulang tahun) pada bulan April.

Inilah award yang aku terima dari 3 orang teman yang sangat baik hati itu :

Award dari Buwel


Award dari Kirana


Award dari mas Yudie

Keempat award itu aku peruntukkan bagi pemilik blog :
Buah Pikiran Ihsan
Vespa Style Never Last
Kucing bunted
S. Bahri's Blog
Just Me, My Self and I
Rahasia Hati
Baca Buku Fanda
Rumah Islami
Hendra Sipayung
Jejak Langkahku

Setelah beberapa hari aku tidak sempat mengunjungi sobat-sobatku, semoga aja bingkisan ini dapat sebagai pengganti kehadiranku. Oya, bagi teman-2 yang sudah memiliki sebagian dari award di atas, silahkan mengambil award yang belum dimiliki ya ?? OK..., that's all.

Telah dipublikasikan pada 28 April 2009 (18:51)
21 komentar:

JengSri mengatakan...
wadoh award lagi nih mbak ranie, selamat ya!
2009 April 28 21:22

Tisti Rabbani mengatakan...
wow, mbk Reni..dpt lagi..
selamat ya mbak...
semangat..semangat..semangat!..
2009 April 28 22:31

buwel mengatakan...
selamat ya mbak....
mbak ternyata tahu aku orang tegal ya....
duuh jadi malu nih ketahuan ketegalannya....
hehehehe
2009 April 28 22:36

eri-communicator mengatakan...
indahnya perbedaan, seharusnya dengan perbedaan dapat menyatukan kita tanpa memandang SARA seperti blog semua bersatu dalam komunitas blogger. selamat ya mbak atas awardnya.
2009 April 28 22:48

JengSri mengatakan...
namanya juga pemuja mbak ranie. so mujanya kesiapa aja,hehehe
2009 April 28 23:38

reni mengatakan...
@jengsri : makasih mbak....
@tisti : oke... semangat nih !!
@buwel : halo orang Tegal...
@eri-communicator : hidup persaudaraan dan persatuan...
2009 April 29 00:22

Hengky mengatakan...
Makasih ya mba Awardnya
segera saya Pasang
terus berkarya
2009 April 29 00:57

Hendra Sipayung mengatakan...
makasih banyak ya mbak rani...
aku jg segera pasang deh award nya...
2009 April 29 01:12

anak nelayan mengatakan...
yang keempat bagus banget tuh
2009 April 29 01:13

J O N K mengatakan...
wahhh, dapat 4 nih, selamat mba :D ,,, ayo makin samangat dan makin keren ...
2009 April 29 05:09

IHSAN mengatakan...
wah dapat award
terima kasih ya
saya bungkus dan ambil ya
nanti setelah kesibuan terkurang, akan saya posting secepatnya
2009 April 29 05:34

reni mengatakan...
@hengky & hendra : oke segera dipasang ya awardnya ?
@anak nelayan : kalau mau boleh kok ambil juga.
@jonk : yoi makin semangat nih..
@ihsan : Ok, never mind...
2009 April 29 06:45

Ari mengatakan...
Wah indahnya Blogerhood. Tak pernah ketemuan tapi cinta tersebar tiada henti. Keep on Blogerhood. Walau bandwith ngos-ngosan....???
2009 April 29 07:45

rezKY p-RA-tama mengatakan...
selamat ya
2009 April 29 07:49

reni mengatakan...
@ari : persahabatan memang bisa terjalin dimana saja...
@rezky : makasih...
2009 April 29 08:13

Henny Y.Caprestya mengatakan...
henny dapet juga ya mbak?
asyikk..dapet bingkisan.
makasih banyak mbak rani :D
2009 April 29 08:17

Fanda mengatakan...
Setuju, mbak. Asyiknya di blogosphere ini kita bs bersahabat tanpa halangan status sosial, ekonomi, ataupun SARA. Asalkan punya niat baik utk menjalin persahabatan.
Thanks ya awardnya. Aku ambil yg beautiful girls award aja, coz yg lain udah dapet.
Semangat terus ngeblognya yah!
2009 April 29 08:39

reni mengatakan...
@henny : dapat jatah juga tuh... buruan diangkut ya ??
@fanda : oke, beautiful girl boleh tuh langsung dibawa..
2009 April 29 08:43

Yudie mengatakan...
Bener Bu, enaknya punya banyak sahabat...Makasih juga to be my friends..
Yang paling aku gak suka di blogosphere...kalo internetnya lelet..heheheeh
2009 April 29 15:07

reni mengatakan...
@yudie : internet yg lelet emang musuh tuh hehehe
2009 April 29 18:06

Kuyus is cute mengatakan...
alhamdulillah .. perbedaan membuat kita makin kaya ya mbak. Kaya sahabat, kaya hati da kaya kebersamaan. Wah mantap nich, dapet award lagi ..
Mbak memang tipe yang selalu menghargai orang lain, makanya selalu mendapat perhatian lebih dari teman teman ... selamat ya mbak ...
Semangat terus ... he he he
2009 April 30 16:11


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarnya dimoderasi dulu ya? Terimakasih sudah mampir dan meninggalkan jejak. (^_^)